A Fistful of Dollars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A Fistful of Dollars
(Per un pugno di dollari)
Fistful Macaroni.jpg
Sutradara Sergio Leone
Produser Arrigo Colombo
Giorgio Papi
Penulis Cerita:
A. Bonzzoni
Víctor Andrés Catena
Sergio Leone
Skenario:
Victor Andrés Catena
Jamie Comas Gil
Sergio Leone
Pemeran Clint Eastwood
Marianne Koch
Gian Maria Volonté
José Calvo
Joseph Egger
Antonio Prieto
Mario Brega
Wolfgang Lukschy
Sieghardt Rupp
Benny Reeves
Musik Ennio Morricone
Distributor United Artists
Unidis
Tanggal rilis Bendera Italia 16 Oktober 1964
Bendera Amerika Serikat 18 Januari 1967
Durasi 100 menit
Negara Bendera Italia Italia
Bendera Spanyol Spanyol
Bahasa Italia
Anggaran $200.000
Diikuti oleh For a Few Dollars More

A Fistful of Dollars (bahasa Italia: Per un pugno di dollari) adalah sebuah film Koboi Itali tahun 1964 yang berdasarkan cerita karya A. Bonzzoni, Víctor Andrés Catena, dan Sergio Leone. Film ini disutradarai oleh Sergio Leone dengan skenario tulisan Victor Andrés Catena, Jamie Comas Gil, dan Sergio Leone. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Amerika dan Eropa: Clint Eastwood, Gian Maria Volonté, Marianne Koch, Wolfgang Lukschy, Sieghardt Rupp, José Calvo, Antonio Prieto, Joseph Egger, dan masih banyak lagi.[1] Dirilis di Italia pada tahun 1964, kemudian di Amerika Serikat pada tahun 1967, film itu dimulai popularitas jenis film Spaghetti Western. Hal ini diikuti oleh For a Few Dollars More (1965) dan The Good, the Bad and the Ugly (1966), juga dibintangi oleh Eastwood. Secara keseluruhan, film-film yang umumnya dikenal sebagai "Trilogi Dolar" atau "Trilogi The Man With No Name". Film ini adalah remake tidak resmi film Akira Kurosawa Yojimbo (1961), yang sendiri mendapat inspirasi dari Western sebelumnya. Di Amerika Serikat, kampanye publisitas United Artists disebut karakter Eastwood dalam semua tiga film sebagai "Man with No Name".

Sebagai salah satu Spaghetti Western pertama yang dirilis di Amerika Serikat, banyak dari pemain dan kru Eropa mengambil nama panggung berbunyi Amerika. Ini termasuk dirinya Leone ("Bob Robertson"), Gian Maria Volonté ("Johnny Wels"), dan komposer Ennio Morricone ("Dan Savio").

A Fistful of Dollars dibuat di Spanyol, kebanyakan dekat Hoyo de Manzanares[2] dekat dengan Madrid, tetapi juga (seperti dua sekuel) dalam Taman Alam Cabo de Gata-Níjar di Provinsi Almería.

Plot[sunting | sunting sumber]

Orang asing (Clint Eastwood), tiba di kota kecil perbatasan Meksiko di San Miguel. Sang pemilik penginapan, Silvanito (José Calvo), bercerita kepada Orang asing tentang musuh bebuyutan antara dua keluarga untuk berebut kekuasaan di kota: di sisi satu, Rojo bersaudara, yang terdiri dari Don Miguel (Antonio Prieto) (tertua dan paling bertanggung jawab), Esteban (Sieghardt Rupp) (paling keras kepala), dan Ramón (paling mampu dan cerdas, dimainkan oleh Gian Maria Volonté); di sisi lain, keluarga sheriff kota, John Baxter (Wolfgang Lukschy).

Orang asing, mencium kesempatan untuk menghasilkan uang dari situasi itu, dan memutuskan untuk bermain di tengah-tengah kedua keluarga tersebut. Kesempatannya datang ketika satu detasemen tentara Meksiko mengawal pengiriman emas melewati kota. Emas seolah-olah sedang dikirim ke pasukan tentara Amerika dengan imbalan senjata, tapi setelah pasukan Meksiko berada luar kota, Orang asing menyaksikan mereka dibantai oleh anggota geng Rojo, menyamar sebagai pasukan Amerika dengan berpakaian seragam Amerika dan dipimpin oleh Ramon Rojo. Rojo dan anggotanya mengambil emas.

Orang asing mengambil dua mayat tentara Meksiko dan membawa ke pemakaman terdekat kemudian menjual informasi kepada kedua fihak bahwa seolah-olah dua prajurit Meksiko tersebut selamat dari serangan. Kedua keluarga bergegas ke pemakaman, Baxter menginginkan "korban" untuk bersaksi terhadap Rojo, Rojo datang untuk membungkam mereka. Anggota kedua fihak terlibat dalam tembak-menembak yang sengit, Ramon berusaha untuk "membunuh korban" sedangkan Esteban berhasil menangkap anak John Baxter, Antonio. Sementara Rojo dan Baxter saling bertempur, si Orang asing sibuk mencari emas di hacienda keluarga Rojo tapi tanpa sengaja Marisol (Marianne Koch) tahanan dan simpanan Ramon yang cantik memergokinya dan mengejutkan Orang Asing yang lantas melumpuhkan si wanita. Si Orang Asing membawa Marisol ke Baxter, yang menjadikan Marisol sebagai sandera dan alat pertukaran untuk Antonio yang tertangkap Rojo.

Pada saat pertukaran, Orang asing mengetahui masa lalu Marisol dari Silvanito: "... sebuah keluarga kecil bahagia sampai masalah datang. Dan kesulitan bernama Ramon, menuduh sang suami curang pada permainan kartu, yang ternyata tuduhannya tidak benar. Dia mengambil si istri untuk tinggal bersamanya sebagai sandera." Malam itu, pada saat Rojos merayakan kemenangan, Orang asing keluar dan membebaskan Marisol, menembak penjaga dan merusak rumah tempat Marisol ditahan untuk membuatnya tampak seolah-olah diserang oleh Baxter. Orang asing memerintahkan Marisol, suaminya, dan putra mereka untuk meninggalkan kota, dan memberikan mereka sejumlah uang untuk bekal perjalanan. Marisol bertanya pada sang Orang asing, "Mengapa anda lakukan ini untuk kami?", dan untuk kali pertama dan hanya Orang asing memberikan wawasan ke dalam tindakan-nya: "Mengapa? Karena aku tahu seseorang seperti anda dulu. Tidak ada seorang pun di sana untuk membantu. Sekarang cepatlah pergi".

Mengetahui bahwa Marisol dibebaskan sang Orang Asing, Rojo menangkap dan mengalahkan Orang asing, tapi dia berhasil lolos, dan membunuh Chico (Mario Brega) dalam pertempuran. Percaya Orang asing berlindung pada keluarga Baxter, Rojo membakar ke rumah Baxter dan membantai semua keluarga Baxter sementara semua penduduk terpaksa melarikan diri. Di antara yang tewas adalah John Baxter, istrinya, Consuelo (Margarita Lozano), dan Antonio. Sekarang geng yang tersisa di San Miguel, Rojo menangkap Silvanito, yang mereka anggap menyembunyikan Orang asing.

Orang asing kembali ke kota, di mana dia menghadapi Rojo dalam pertarungan yang dramatis. Dengan pelat dada baja yang tersembunyi di bawah pakaiannya, dia mengejek Ramon untuk "menembak jantung" sebagai tembakan tercepat mematikan sesuai ucapan Ramon kepadanya. Sang Orang Asing berhasil membuat senapan Ramon terpental. Menghabisi semua yang ada disana kecuali Ramon, Orang asing menantang Ramon untuk mengisi peluru senapan lebih cepat dari dia, Orang asing, dapat mengisi peluru pistolnya lebih cepat. Dia kemudian menembak dan membunuh Ramon. Esteban Rojo, tak terlihat oleh Orang asing berusaha menembak dari tempat tersembunyi dari sebuah gedung di dekatnya, namun berhasil ditembak mati oleh Silvanito. Si Pria Tanpa mengucapkan selamat tinggal untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan dan meninggalkan kota San Miguel.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik film ini ditulis oleh Ennio Morricone, dikreditkan sebagai Dan Savio. Morricone ingat Leone meminta dia untuk menulis "musik Dimitri Tiomkin" untuk film ini. Tema terompet mirip dengan tema El Degüello karya Tiomkin dari Rio Bravo (1959) (yang disebut Un dollaro d'onore di Italia) sedangkan judul membuka bersiul musik ingat menggunakan Tiomkin di bersiul dalam film Gunfight at the O.K. Corral (1957). "Beberapa musik ditulis sebelum film, yang tidak biasa. Film Leone dibuat seperti itu karena dia ingin musik menjadi bagian penting dari itu, dan dia sering menyimpan adegan lagi hanya karena dia tidak ingin musik berakhir. Itulah mengapa film sangat lambat - karena di musik." [3] Meskipun tidak digunakan dalam film selesai, Peter Tevis dicatat lirik ke tema Morricone untuk film. Sebagai sebuah film pertalian untuk rilis Amerika, United Artists Records merilis set berbeda di lirik untuk tema Morricone disebut Lonesome One oleh Little Anthony and the Imperials. "Metalica" menjadi bagian dari film ini, dalam lagunya yang berjudul "anforgiven" menampilkan beberapa adegan film.

Judul[sunting | sunting sumber]

Desain judul film ini dilakukan oleh Iginio Lardani.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Variety film review; 18 November 1964, halaman 22.
  2. ^ Los primeros decorados del Oeste en España, en Hoyo de Manzanares
  3. ^ Ennio Morricone q&a Observer Music Monthly Maret 2007
  4. ^ http://www.watchthetitles.com/articles/0018-A_Fistful_of_Dollars

Pranala luar[sunting | sunting sumber]