Stationers' Register

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stationers' Company Register
NegaraKerajaan Inggris
BahasaInggris
Genrebuku catatan
Diterbitkan1556–1924
PenerbitThe Stationers' Company

Stationers' Register adalah buku catatan yang dikelola oleh Stationers' Company of London. Ini adalah serikat dagang yang diberi piagam kerajaan pada tahun 1557 untuk mengatur berbagai profesi yang terkait dengan industri penerbitan Inggris, termasuk percetakan, penjilid buku, penjual buku, dan penerbit. Piagam perusahaan memberikan hak untuk menyita edisi terlarang dari karya yang diterbitkan dan melarang penerbitan buku yang tidak berlisensi, dan mengizinkan penerbit untuk mendokumentasikan hak mereka untuk menghasilkan karya cetak tertentu dalam daftar, yang dengan demikian merupakan bentuk awal undang-undang hak cipta.

Untuk studi sastra Inggris pada akhir abad ke-16 dan ke-17 (meliputi era Elizabethan, Jacobean, dan Caroline), dan khususnya untuk teater Renaisans Inggris, Stationers' Register adalah sumber daya yang penting dan esensial: menyediakan informasi faktual dan sulit. data yang tidak tersedia di tempat lain. Bersama dengan catatan Master of the Revels (yang berhubungan dengan pertunjukan dramatis dan bukan publikasi), Stationers' Register menyediakan banyak fakta tertentu yang dimiliki para sarjana mengenai karya William Shakespeare, Ben Jonson, dan semua pendahulu mereka, sezaman, dan penerusnya.[1] Ini juga merupakan sumber informasi yang sangat berharga tentang publikasi fana, seperti balada selebaran populer, yang tidak ada salinan cetaknya yang bertahan.[2]

Dengan membayar biaya empat hingga enam pence, seorang penjual buku dapat mendaftarkan haknya untuk menerbitkan suatu karya tertentu. Salah satu contoh: Stationers' Register mengungkapkan bahwa pada tanggal 26 November 1607, juru tulis John Busby dan Nathaniel Butter mengklaim hak untuk mencetak " A booke called Master William Shakespeare his historye of Kinge Lear, as yt was played before the Kinges maiestie at Whitehall vppon Sainct Stephens night at Christmas Last, by his maiesties servantes playinge vsually at the Globe on the Banksyde. " (Mereka membayar enam pence.[3])

Penegakan peraturan di era sejarah ini tidak pernah selengkap di dunia modern; buku terkadang diterbitkan tanpa registrasi, dan penyimpangan lainnya juga terjadi. Dalam beberapa kasus, kelompok aktor tampaknya telah mendaftarkan drama tersebut melalui koperasi, dengan tujuan untuk mencegah penerbitan sebuah drama jika publikasi tersebut bukan untuk kepentingan mereka.

Pada tahun 1710, Undang-Undang Hak Cipta atau Statuta Anne mulai berlaku, menggantikan ketentuan perusahaan yang berkaitan dengan Daftar. Perusahaan terus menawarkan beberapa bentuk pendaftaran karya hingga Februari 2000

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Elizabethan Stage Vol. 3, by E. K. Chambers—A Project Gutenberg eBook". www.gutenberg.org. Diakses tanggal 2024-03-17. 
  2. ^ Worshipful Company of Stationers and Newspaper Makers (London, England); Rollins, Hyder Edward (1967 [c1924]). An analytical index to the ballad-entries (1557-1709) in the registers of the Company of Stationers of London. Hatboro, Pa., Tradition Press. 
  3. ^ Halliday, F. E. (1912). A Shakespeare Companion 1564 -1964.