Stardust (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stardust20110323-full.jpg

Stardust adalah sebuah wahana angkasa antarplanet Amerika Serikat yang diluncurkan pada 7 Februari 1999 oleh NASA. Tujuannya adalah untuk menyelidiki bahan pembentuk komet Wild 2 dan komanya.

Stardust mendekati Wild 2 pada 21 Januari 2004. Pada penerbangan tersebut dia mengumpulkan contoh debu komet dari koma komet tersebut dan mengambil foto dari nukleusnya yang tertutup es. Stardust kembali ke bumi pada 15 Januari 2006 untuk mengantarkan contoh dari komet tersebut dalam sebuah kapsul. Pada saat kembali ke bumi, wahana ini bergerak dengan kecepatan 12,9 km/detik (28.860 mil per jam) yang membuatnya benda buatan manusia tercepat saat memasuki atmosfer bumi. Kapsul Stardust yang berisi sampel pertama dari komet yang berhasil kembali ke bumi sekarang disimpan di hanggar Michael Army Air Field. Selama misinya, Stardust telah menempuh lebih dari 4 miliar mil dan mengorbit matahari sebanyak tiga kali.

Pesawat ini juga pernah mendekati asteroid 5535 Annefrank dalam jarak 3.300 km pada 2 November 2002 dan mengambil beberapa foto.

Donald Brownlee, dari Universitas Washington, adalah penyelidik utama untuk misi Stardust.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]