Stadion Jawaharlal Nehru, Delhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stadion Jawaharlal Nehru
Jawaharlal Nehru Stadium CWG opening ceremony.jpg
Stadion Jawaharlal Nehru pada upacara pembukaan Pesta Olahraga Persemakmuran 2010
Lokasi
Lokasi New Delhi, India
Konstruksi
Dibuat 1982
Direnovasi 2010
Data teknik
Kapasitas 60.000
Pemakai
Pesta Olahraga Persemakmuran 2010
Tim nasional sepak bola India (2011-sekarang)

Stadion Jawaharlal Nehru (Hindi: जवाहरलाल नेहरू स्टेडियम, Punjabi: ਜਵਾਹਰਲਾਲ ਨੇਹਰੁ ਸਟੇਡਿਯਮ, Urdu: جواہر لعل نہرو اسٹیڈیم) adalah sebuah stadion multiguna yang terletak di New Delhi, India. Stadion ini digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola dan acara olahraga lainnya serta acara hiburan berskala besar. Stadion ini dinamai sesuai nama Perdana Menteri India yang pertama, Jawaharlal Nehru. Stadion ini memiliki kapasitas 60.000 penonton yang semuanya merupakan tempat duduk.[1] Kapasitas ini dapat bertambah hingga 100.000 apabila sedang berlangsung konser. Dalam hal kapasitas, Stadion Jawaharlal Nehru adalah stadion multiguna terbesar ke-3 di India dan ke-51 di dunia. Stadion ini merupakan markas Asosiasi Olimpiade India.

Stadion Jawaharlal Nehru dibangun oleh Pemerintah India untuk menyelenggarakan Asian Games 1982, yang dilanjutkan oleh Kejuaraan Atletik Asia 1989 dan Pesta Olahraga Persemakmuran 2010. Dalam menyambut Pesta Olahraga Persemakmuran 2010, kapasitas stadion dikurangi dari 78.000 penonton menjadi 60.000 penonton.

Pertandingan Olahraga dan Acara Lainnya[sunting | sunting sumber]

Konser[sunting | sunting sumber]

Stadion ini pernah menjadi tempat penyelenggaraan Benefit Consert Human Rights Now! yang diselenggarakan oleh Amnesty International pada 30 September 1988. Acara ini dipandu oleh Sting dan Peter Gabriel serta menampilkan Bruce Springsteen, E Street Band, Tracy Chapman, Youssou N'Dour, dan Ravi Shankar.

Kriket[sunting | sunting sumber]

Stadion ini juga pernah menyelenggarakan 2 pertandingan One Day International antara India melawan Australia pada tahun 1984 dan India melawan Afrika Selatan pada tahun 1991. Kepler Wessels bermain pada kedua pertandingan tersebut, namun dengan membela tim yang berbeda. Pada 1984, ia mencetak 107 angka bagi Australia dan pada 1991, ia mencetak 90 angka bagi Afrika Selatan.

Sepak Bola[sunting | sunting sumber]

Beberapa pertandingan National Football League (telah dibubarkan) pun pernah dihelat di stadion ini.

Pesta Olahraga Persemakmuran 2010[sunting | sunting sumber]

Stadion Jawaharlal Nehru adalah stadion penyelenggara utama Pesta Olahraga Persemakmuran 2010. Stadion ini menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan serta menjadi tempat penyelenggara cabang atletik Delhi Games. Stadion ini mengalami rekonstruksi besar demi menyiapkannya untuk menyambut acara multicabang terbesar yang pernah diselenggarakan India. Stadion ini kembali dibuka untuk masyarakat umum pada 27 Juli 2010.

Pada 29-30 Juli 2010, untuk pertama kalinya Kejuaraan Atletik Seluruh Asia diselenggarakan. Lebih dari 1500 siswa sekolah ikut menyaksikan acara tersebut.

Upacara pembukaan Pesta Olahraga Persemakmuran telah diselenggarakan dengan baik. Untuk mengamankan upacara tersebut, pihak penyelenggaran mengerahkan NSG, CRPF, dan personel kepolisian Delhi. Tiket masuk pun diperiksa menggunakan pemeriksa tiket elektronik, sama dengan yang digunakan di Delhi Metro. Ada lebih dari 350 CCTV yang dipasang di tempat tersebut. Semua toko, mal, kantor, dan call-center pun ditutup sebelum dan selama upacara pembukaan berlangsung.

Renovasi[sunting | sunting sumber]

Stadion ini mendapatkan atap baru, tempat duduk yang lebih baik, dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk memenuhi standar menyelenggarakan upacara pembukaan dan penutupan Pesta Olahraga Persemakmuran 2010.

  • Atap berlapis teflon seluas 53.800 m², yang dirancang oleh Schlaich Bergermann & Partner, dibangun dengan biaya Rs. 308 crore.[2]
  • Taiyo Membrane Corporation menyediakan dan memasang atap stadion yang berbahan kaca PTFE dan fiber. 8.500 ton baja digunakan pada konstruksi atap dan struktur pendukung.
  • Sebuah trek sintetik baru, trek pemanasan sintetik, dan lapangan berumput sintetik ditambahkan.
  • Dua venue baru dibangun di samping stadion, yaitu empat lapangan berumput sintetis untuk pertandingan lawn bowls dan gimnasium berkapasitas 2.500 kursi untuk pertandingan angkat besi. Sebuah trek pemanasan sepanjang 400 meter juga dibangun.
  • Hampir 4.000 buruh dipekerjakan dengan sistem shift ganda untuk menyelesaikan stadion tepat waktu.
  • Sebuah terowongan sepanjang 150 meter dibangun untuk upacara pembukaan dan penutupan.[3]
  • Struktur pendukung atap baru ini mirip dengan yang digunakan di Stadion Olimpiade London, yang saat ini masih dalam pengerjaan.
  • Desain stadion ini mirip dengan Stadion Century Lotus di Tiongkok. Kedua stadion ini dibangun oleh desainer yang sama.
  • 24 mesin penjual kondom dipasang oleh Departemen Kesehatan India.
  • Dalam keadaan darurat, konstruksi memungkinkan seluruh penonton dievakuasi dalam waktu 6 menit.

Markas Tim Nasional Sepak Bola India[sunting | sunting sumber]

Tim Nasional India akan bermain pertandingan kandang di Stadion Nehru setelah stadion ini diserahkan oleh Departemen Olahraga India ke AIFF.[4]

Pertandingan pertama India di stadion ini adalah saat bermain melawan UEA pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 - Babak Kedua Zona AFC pada 28 Juli 2011.[5] Namun, pertandingan ini akhirnya dipindahkan ke Stadion Ambedkar karena kondisi Stadion Nehru yang tidak dapat digunakan.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 28°34′58″LU 77°14′04″BT / 28,582873°LU 77,23438°BT / 28.582873; 77.23438