Sri pagi Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sri pagi Jepang
Ipomoea nil
Tumbuhan
Warna bungabiru dan kuning
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoSolanales
FamiliConvolvulaceae
TribusIpomoeeae
GenusIpomoea
SpesiesIpomoea nil
Roth, 1797
Tata nama
BasionimConvolvulus nil

Ipomoea nil merupakan salah satu spesies Ipomoea atau sejenis tanaman berbunga yang dikenal dengan nama umum, sri pagi Jepang (walaupun bukan tanaman asli Jepang). [1] Tanaman ini berasal dari Amerika tropis, dan telah diperkenalkan secara luas di seluruh dunia. [1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, tumbuhan ini merupakan tanaman pemanjat dengan batang melilit sepanjang 5 m dan lebat hingga tersebar dengan trikoma berbulu panjang. Daun hijau zamrud berbulu halus berbentuk bulat telur hingga hampir melingkar, panjang 5 hingga 14 cm. Pangkalnya berbentuk hati, tepinya utuh atau berlobus tiga sampai lima kali, lobus daunnya runcing atau meruncing.

Bunga berwarna-warni berbentuk corong (biru hingga ungu kemerahan, dengan tabung keputihan) cukup mencolok dan secara individual berjumlah hingga lima dalam kelompok simos yang padat, di mana bunga yang sudah berkembang sempurna dan tunas yang sedang berkembang berdiri bersama. Bentuk liar lebih kecil dari bentuk budidaya, dan hampir selalu berwarna biru; bentuk budidaya hadir dalam berbagai macam warna. [1] Mereka buka di pagi hari dan tutup di sore hari. Sepal berbulu panjang berduri memiliki panjang 15 sampai 25 mm, panjang, lanset, dan ujung lanset linier. Mahkotanya berwarna biru, ungu, atau hampir merah tua. Tenggorokannya sering berwarna putih. Tabung mahkota memiliki panjang 3 sampai 5 cm, ujung mahkota memiliki lebar 4 sampai 5 cm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Ipomoea nil (L.) Roth | Plants of the World Online | Kew Science". Plants of the World Online (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-09-03.