Spinifex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumput lari
Spinifex
Spinifex sericeus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spinifex

Species

S. sericeus
S. littoreus syn. S. squarrosus

Spinifex adalah anggota suku rumput-rumputan (Poaceae) tahunan yang tumbuh di kawasan pantai bergumuk, terutama di Indonesia dan Australia. Tumbuhan ini dicirikan oleh organ generatifnya yang berbentuk seperti landak tetapi ringan, sehingga apabila terlepas dari tumbuhan induk akan berkeliaran tertiup angin pantai. Alibatnya, nama lokalnya adalah rumput lari atau rumput angin. Orang Jawa menyebutnya jantran, ketranan atau tikusan. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai jukut jongkrang dan orang Madura mengenalnya sebagai rebba angin. Selain di kedua tempat tadi, Spinifex juga dapat dijumpai hingga ke Asia Timur subtropika dan Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Jenis yang asli Asia adalah S. littoreus, sedangkan tiga jenis lainnya tumbuh alami di Australia dan Selandia Baru.[1]

Struktur generatif Spinifex, menunggu ditiup angin.

Rumput lari berperan penting dalam ekosistem gumuk pasir pantai, karena rumpunnya menjaga pasir agar tetap stabil (tidak mudah berpindah). Bentuk bunganya yang aneh membantu dalam penyebaran biji di habitatnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mark, Alan F. (1 March 2009). "Grasslands - Spinifex". Te Ara - the Encyclopedia of New Zealand. Ministry for Culture and Heritage. Diakses tanggal 31 January 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Spinifex the Beach Roller Grass. Artikel di blog tentang rumput lari.
  • Stretch, John (1996) Fire management of spinifex pastures in the coastal and west Pilbara South Perth, W.A. Agriculture Western Australia. Miscellaneous publication, 1326-4168 ; 23/96
  • Williams. A.R. and Tauss, R (editors) (1990) The Utilization of spinifex for pastoral purposes: proceedings of a workshop held at Yeelirrie Station on November 14, 1989 Sandstone, W.A. Sandstone Land Conservation District.