Sonja Škorić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sonja Škorić
Sonja-01.jpg
Latar belakang
Nama lahir Sonja Škorić
Asal Pančevo, Serbia
Genre Pop, Klasik, Rock, semuanya
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2001 - sekarang

Sonja Škorić (lahir di Pančevo, Serbia, 26 Februari 1996; umur 18 tahun) adalah seorang penyanyi berkebangsaan Serbia yang merupakan partisipan Kontes Lagu Eurovision Junior tahun 2010. Ia memenangkan babak final Seleksi Nasional hingga akhirnya melaju ke babak inti kontes tersebut.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Sekarang, Sonja telah berpendidikan dasar (sesuai standar pendidikan di Serbia) dan juga lulus ujian piano. Sekarang, ia mengambil kelas untuk bernyanyi di sekolah musik (solo), dan ia menuai sukses dalam kariernya bernyanyi solo tersebut. Di samping semuanya itu, Sonja merupakan penggemar berat pelajaran Matematika, melukis, dan mengikuti pelajaran seni budaya di sekolahnya. Sonja sangat menyukai musik, dan semua jenis musik adalah favoritnya, dari klasik ke Pop. Ia sering mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Jelena Tomašević, Marija Šerifović, Željko Joksimović, serta Toše Proeski. Untuk penyanyi internasional, ia sangat mengidolakan Celine Dion, Elton John, dan ABBA. Untuk urusan mengarang lagu, Sonja mendapatkan inspirasi dari alam sekitar atau mungkin dari alam imajinasinya sendiri - makanya foto-foto peri memotivasinya untuk mengarang lagu.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bakat menyanyi Sonja ternyata sudah terlihat pada usia 5 tahun. Buktinya, ia menyanyi di depan umum untuk pertama kalinya di usia yang sangat muda tersebut. Ternyata, Sonja merupakan penggemar musik sejak kecil, karena sejak saat itulah ia mulai tertarik dengan musik dan mulai mengarang lagu. Pada tahun 2002, ia mulai populer setelah ia mengikuti berbagai kontes lagu, baik nasional maupun internasional. Kontes pertama yang diikutinya adalah „Raspeno Proleċe“ (Musim panas menyanyi). Setelah memenangi kontes paling bergengsi di Serbia itu, ia mulai mengikuti festival musik di seluruh Eropa, sampai pada akhirnya ia memenangi "San Remo Junior Festival" tahun ini.

Kontes Lagu Eurovision Junior[sunting | sunting sumber]

Ternyata, Sonja sudah lama berkecimpung di Kontes Lagu Eurovision Junior. Pertama kalinya ia mengikuti kontes tersebut pada tahun 2008. Sayangnya, ia hanya mendapatkan posisi kelima sehingga tidak dapat lolos ke babak utama kontes. Dua tahun berselang, akhirnya Sonja mendapatkan tempat di babak utama kontes. Ia mendapatkan tempat di babak utama setelah menang ajang seleksi nasional. Lagu yang dikirimkannya adalah "Carobna noċ" (Malam yang Ajaib). Sonja mendapatkan urutan tampil keempat setelah wakil Belanda, Anna & Senna dan sebelum wakil Ukraina, Yulia Gurska. Pada akhirnya, Sonja mendapat juara ketiga dengan raihan 113 poin, selisih 6 dengan juara kedua Rusia dan berselisih 7 poin dengan Armenia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Ništa Lično
dengan "Onaj Pravi"
Serbia di Kontes Lagu Eurovision Junior
2010
Diteruskan oleh:
Masih belum ditentukan