Sol LeWitt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sol LeWitt
Kewarganegaraan Amerika Serikat
Pendidikan Universitas Syracuse, School of Visual Arts
Dikenal karena seni lukis, gambar, dan patung
Gerakan politik seni konseptual, minimalisme

Sol LeWitt (9 September 1928 - 8 April 2007) adalah seorang seniman yang dikaitkan dengan berbagai gerakan termasuk seni konseptual dan minimalisme. Mediumnya terutama adalah lukisan, gambar, dan struktur (istilah yang lebih ia sukai dibandingkan dengan patung).

Ia pernah menyelenggarakan ratusan pameran tunggal di museum dan galeria di seluruh dunai sejak 1965. Karya-karyanya yang kaya yang berdimensi dua dan tiga merentang dari Wall Drawings, lebih dari 1200 daripadanya yang telah diselenggarakan, hingga foto-foto dan ratusan karya di atas kertas dan meluas hingga struktur-struktur dalam bentuk menara, piramida, bentuk-bentuk geometris, dan progresi. Semua karyanya ini merentang dalam ukurannya dari maket hingga bentuk-bentuk monumental di luar ruangan.

Sol LeWitt banyak menggunakan struktur-struktur modular terbuka yang berasal dari kubus, suatu bentuk yang memengaruhi pemikiran sang seniman sejak masanya ia menjadi seniman. Struktur-struktur Sol LeWitt mencakup Wall Structures awal dan tiga Serial Projects dari tahun 1960-an; empat Incomplete Open Cubes dari 1970-an; berbagai potongan kayu berwarna putih yang dicat dari 1980-an: Hexagon, Form Derived from a Cube, Structure with Three Towers, antaranya hingga Maket untuk Concrete Block Structures dari akhir 1990-an.

Ia dilahirkan di Hartford, Connecticut dalam sebuah keluarga imigran Yahudi dari Rusia. Setelah memperoleh gelar BFA dari Universitas Syracuse pada 1949, LeWitt pergi ke Eropa dan di sana ia bereknalan dengan lukisan Old Master. Tak lama sesudah itu, ia berdinas dalam Perang Korea, mula-mula di California, dan kemudian Jepang, dan akhirnya Korea. LeWitt pindah ke New York City pada 1950-an dan belajar di School of Visual Arts sementara juga mengembangkan minatnya dalam desain pada majalah Seventeen; di sini ia melakukan tempelan, pekerjaan mekanis dan fotokopi. Belakangan, selama setahun ia menjadi perancang grafis di kantor arsitek I.M. Pei. Sekitar waktu itu, LeWitt juga menemukan karya fotografer akhir abad ke-19 Eadweard Muybridge, yang studinya tentang sekuens dan gerak memberikan pengaruh awal padanya. Pengalaman-pengalaman ini, digabungkan dengan pekerjaan tingkat awal yang diambilnya pada 1960 di Museum Seni Modern, kelak memengaruhi karya-karya LeWitt di kemudian hari.


Buku-buku[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]