Eadweard Muybridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eadweard Muybridge
Nama asli Edward James Muggeridge
Tanggal lahir 9 April 1830
Kingston upon Thames, Inggris
Tanggal wafat 8 Mei 1904 (umur 74)
Kingston upon Thames, Inggris
Kebangsaan Inggris
Bidang Fotografi
Mempengaruhi Filmmaking
Kuda berderap mengatur gerak menggunakan foto oleh Eadweard Muybridge.

Eadweard J. Muybridge (play /ˌɛdwərd ˈmbrɪ/; 9 April 1830 – 8 Mei 1904) adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Dia dikenal karena karya rintisannya pada gerak hewan yang digunakan beberapa kamera untuk menangkap gerak, dan zoopraksiskop, sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar gerak melalui strip film fleksibel berlubang.[1]

Awal kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Muybridge lahir di Kingston upon Thames, Inggris pada tanggal 9 April 1830. Ia beremigrasi ke Amerika Serikat, tiba di San Francisco pada tahun 1855, di mana ia memulai karier sebagai agen penerbit dan penjual buku. Dia meninggalkan San Francisco pada akhir 1860-an, dan setelah kecelakaan kereta pos di mana ia menerima cedera kepala berat, kembali ke Inggris selama beberapa tahun.

Sementara memulihkan diri kembali di Inggris, ia mengambil fotografi serius terkadang antara 1861 dan 1866, di mana ia belajar proses Collodion.[2][3]

Dia muncul kembali di San Francisco pada 1866 dan dengan cepat menjadi sukses dalam fotografi, dengan fokus terutama pada mata pelajaran arsitektur lansekap dan, meskipun kartu namanya juga diiklankan jasanya untuk potret.[4] Foto-fotonya yang dijual oleh pengusaha fotografi berbagai Montgomery Street (terutama perusahaan dari Bradley & Rulofson), jalan utama komersial San Fransisco, pada tahun-tahun.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Eadweard Muybridge kembali ke tanah kelahirannya di Inggris untuk selamanya pada tahun 1894, menerbitkan dua lanjut, buku-buku populer karyanya, dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904 di Kingston upon Thames ketika tinggal di rumah sepupunya Catherine Smith, Park View, 2 Liverpool Road. Rumah itu memiliki plakat peringatan di dinding luar British Film Institute yang diresmikan pada tahun 2004.[5] Muybridge dikremasi dan abunya dimakamkan di Woking di Surrey.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Sebuah cakram fenakistoskop oleh Muybridge (1893).
fenakistoskop – Pasangan Menari

Banyak urutan fotografi Muybridge telah diterbitkan sejak tahun 1950 sebagai buku referensi seniman.[rujukan?] Animator kartun sering kali menggunakan foto Muybridge sebagai referensi ketika menggambar karakter mereka. Sejak tahun 1991, Mainan perusahaan Optical telah menerbitkan urutan Muybridge dalam bentuk film Flipbook.

Pembuat film Thom Andersen membuat sebuah film dokumenter berjudul 1974 Eadweard Muybridge, Zoopraxographer, menggambarkan kehidupan dan pekerjaan.

Opera komposer Philip Glass tahun 1982 The Photographer didasarkan pada percobaan pembunuhan Muybridge, dengan sebuah libretto termasuk teks dari transkrip pengadilan. Sebuah video musik promosi menampilkan kutipan dari opera mendramatisir pembunuhan dan percobaan, dan termasuk sejumlah besar gambar Muybridge.

Sebuah drama Studies in Motion: The hauntings of Eadweard Muybridge memulai debut pada 2006, co-produksi antara Teater Electric Company Vancouver dan University of British Columbia Theatre. Sementara pencampuran fiksi dengan fakta, itu bercerita tentang obsesi Muybridge dengan katalogisasi gerak hewan. Produksi mulai tur pada tahun 2010.

Pada tahun 2007, penyair Kanada Rob Winger menulis Muybridge's Horse: a poem in three phases, sebuah puisi panjang dinominasikan untuk Penghargaan Gubernur Jenderal untuk Sastra, Trillium Book Award untuk Puisi, dan Ottawa Book Award. Ini didokumentasikan hidupnya dan obsesi dengan gaya 'puitis-fotografi'. Ini memenangkan Penghargaan Sastra CBC untuk Puisi.

Pada tahun 1985, video musik untuk single Larry Gowan "(You're A) Strange Animal" jelas menampilkan animasi Rotoscope d dari pekerjaan Muybridge itu. Pada tahun 1986, urutan kuda berderap digunakan dalam latar belakang John Farnham musik video untuk lagu "Pressure Down". Pada tahun 1993, band rock U2 membuat video dari lagu mereka "Lemon" ke dalam penghargaan untuk teknik Muybridge itu. Pada tahun 2004, kelompok musik elektronik The Crystal Method membuat video musik untuk lagu mereka "Born Too Slow" yang didasarkan pada pekerjaan Muybridge, termasuk seorang lelaki berjalan di depan sebuah background grid.

Kingston University di London, Inggris memiliki sebuah bangunan bernama sebagai pengakuan atas karya Muybridge sebagai salah satu fotografer Inggris yang paling berpengaruh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Eadweard Muybridge (British photographer)". Britannica. Diakses 2009-07-17. "English photographer important for his pioneering work in photographic studies of motion and in motion-picture projection." 
  2. ^ Eadweard Muybridge. Muybridge's Complete Human and Animal Locomotion: All 781 Plates from the 1887 Animal Locomotion Courier Dover Publications, 1979
  3. ^ Lance Day, Ian McNeil. Biographical Dictionary of the History of Technology p.884. Routledge, 2003
  4. ^ (April 10, 2010 – July 18, 2010) "Helios: Eadweard Muybridge in a Time of Change". {{{booktitle}}}. 
  5. ^ Stephen Herbert, Marta Braun, Paul Hill, Anne McCormack Eadweard Muybridge: the Kingston Museum bequest The Projection Box, 2004

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Robert Bartlett Haas. Muybridge, Man in Motion, 1976.
  • Gordon Hendricks. Eadweard Muybridge, Father of the Motion Picture, 1975.
  • Stephen Herbert (Ed.) Eadweard Muybridge: The Kingston Museum Bequest, 2004 1-903000-07-6.
  • Anita Ventura Mozley (Ed.) Eadweard Muybridge. The Stanford Years 1872–82, 1972.
  • Arthur P. Shimamura. Muybridge in Motion: Travels in Art, Psychology, and Neurology, 2002, History of Photography, Volume 26, Number 4, 341–350.
  • Rebecca Solnit. River of Shadows: Eadweard Muybridge and the Technological Wild West, 2003 ISBN 0-670-03176-3.
  • Philip Brookman. Helios: Eadweard Muybridge in a Time of Change, 2010 ISBN 978-3-86521-926-8 (Steidl).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]