Skylab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Skylab Program Patch.png
40 Years Ago, Skylab Paved Way for International Space Station.jpg
Skylab innen.jpg

Skylab adalah stasiun luar angkasa yang diluncurkan dan dioperasikan oleh NASA dan stasiun ruang angkasa pertama Amerika Serikat. Skylab mengorbit Bumi pada tahun 1973-1979, dan berisi ruang kerja, observatorium surya, dan sistem lainnya. Stasiun ini diluncurkan dengan roket tak berawak Saturn V yang dimodifikasi, dengan massa 169.950 pon (77 ton).

Tiga misi berawak ke stasiun, yang dilakukan antara tahun 1973 dan 1974 menggunakan Apollo Command/Service Module (CSM) di atas lebih kecil Saturn IB, masing-masing menyampaikan kru tiga astronot. Pada dua misi berawak terakhir, tambahan Apollo / Saturn IB siap berdiri untuk menyelamatkan awak di orbit jika itu diperlukan.

Skylab mendapat kerusakan selama peluncurannya ketika perisai meteoroid mikro dipisahkan dari workshop, melepaskan salah satu panel suryanya dan memacetkan panel satunya sehingga menyebabkan panel tersebut tidak dapat direntangkan. Hal tersebut menyebabkan Skylab kekurangan tenaga listrik serta kehilangan perlindungan dari panas matahari sehingga mengancam kinerjanya. Awak pertama berhasil menyelamatkannya dengan perbaikan Skylab dengan merentangkan pelindung panas penggantinya dan membebaskan panel surya yang macet.

Telah dibuat perencanaan untuk memperbaiki dan menggunakan Skylab menggunakan pesawat ulang-alik untuk mendorong orbitnya serta memperbaikinya. Namun, pengembangan pesawat ulang-alik ditunda. Pada tahun 1979, Skylab memasuki atmosfer Bumi dan hancur. Puing-puingnya menghantam sebagian wilayah Australia bagian barat.

Biaya[sunting | sunting sumber]

Program Skylab menghabiskan biaya $2,2 miliar dari 1966 hingga 1974 atau setara $10 miliar pada inflasi tahun 2010. Operasional tiga orang kru selama 510 hari, setiap orang menghabiskan $19,6 juta (jika dihitung pada tahun 2010) dibandingkan operasional Stasiun Ruang Angkasa Internasional sebesar $7,5 juta.

Operasional[sunting | sunting sumber]

Operasional Orbital[sunting | sunting sumber]

Skylab mengorbit Bumi sebanyak 2.476 kali dalam 171 hari 13 jam selama masa misinya. Astronot melakukan sepuluh kali aktifitas jalan di ruang angkasa (total 42 jam 16 menit). Skylab mencatat 2.000 jam catatan percobaan ilmiah dan medis, 127.000 frame film tentang Matahari dan 46.000 frame film tentang Bumi. Berbagai percobaan penelitian adaptasi astronot untuk waktu yang lebih lama dalam lingkungan grafitasi mikro telah dilakukan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

NASA[sunting | sunting sumber]

3rd Party[sunting | sunting sumber]