Ski gaya bebas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ski gaya bebas
Freestyle skiing jump2.jpg
Pelompat ski gaya bebas
Pertama dimainkan 1930-an
Data lengkap
Jumlah pemain 1-5
Kategori Ski
Dipertandingkan di Olimpiade 1994–2010

Ski gaya bebas (bahasa Inggris: freestyle skiing) adalah cabang olahraga musim dingin yang merupakan perpaduan ski dan akrobatik udara. Ski aerial, ski mogul, dan ski cross adalah nomor-nomor pertandingan ski gaya bebas, dan dipertandingkan di Olimpiade Musim Dingin. Ski newschool (populer dengan sebutan freeskiing) adalah perpaduan dari ski gaya bebas dan snowboarding (termasuk mempertandingkan nomor setengah pipa dan slopestyle). Ski newschool termasuk salah satu cabang olahraga ekstrem.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ski gaya bebas berawal pada tahun 1930-an. Ketika itu atlet-atlet Norwegia melakukan akrobat sewaktu latihan ski Alpen dan ski lintas alam. Selanjutnya pada tahun 1950-an, atlet ski profesional Amerika Serikat mulai melakukan akrobat ski yang selanjutnya disebut ski gaya bebas. Namun ski gaya bebas mulai dipandang sebagai olahraga serius sejak tahun 1960-an hingga awal 1970-an. Bob Burns dikenal sebagai perintis ski gaya bebas di Sun Valley, Idaho pada awal tahun 1965.[1] Pada waktu itu, olahraga ini dipandang terlalu berbahaya, hanya memiliki sedikit peraturan, dan mengundang cedera.

Federasi Ski Internasional (FIS) mengakui ski gaya bebas diakui pada tahun 1979, dan memperkenalkan peraturan-peraturan baru, termasuk sertifikasi atlet dan peraturan mengenai teknik melompat untuk mengurangi unsur bahaya dalam kompetisi. Seri Piala Dunia Ski Gaya Bebas dimulai pada tahun 1980, dan Kejuaraan Dunia Ski Gaya Bebas FIS yang pertama diadakan oleh Federasi Ski Internasional pada 1986 di Tignes, Perancis. Ski gaya bebas adalah salah satu cabang ekshibisi pada Olimpiade Musim Dingin 1988 di Calgary, Kanada. Ski mogul dijadikan salah satu cabang olahraga Olimpiade, dan mulai memperebutkan medali pada Olimpiade Musim Dingin 1992 di Albertville, Perancis. Ski aerial menyusul sebagai cabang resmi Olimpiade mulai Olimpiade Musim Dingin 1994 di Lillehammer.[2]

Nomor pertandingan[sunting | sunting sumber]

Atlet meluncur menuruni lereng bukit yang dipenuhi rintangan berupa tonjolan-tonjolan yang disebut mogul, ditambah dua kali lompatan wajib. Nomor ski mogul mempertandingkan keterampilan berski sambil berkelok-kelok, ditambah kemahiran berakrobat di udara.
Atlet ski aerial meluncur dari jalur yang melandai, dan melayang di udara setinggi lebih dari 15 meter. Sewaktu berada di udara, atlet melakukan salto dan berputar-putar sebelum mendarat di lereng yang landai. Penilaian juri ditentukan berdasarkan keterampilan teknik lepas landas (20%), lompatan (50%), dan pendaratan (30%).
  • Acroski atau balet ski
Balet ski tidak lagi merupakan nomor pertandingan ski gaya bebas, namun pernah dijadikan nomor ekshibisi di Olimpiade Musim Dingin 1988 dan Olimpiade Musim Dingin 1992
Nomor pertandingan ini merupakan perpaduan dari ski Alpen dan motocross, dan dijadikan salah satu nomor pertandingan Olimpiade sejak Olimpiade Musim Dingin 2010[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barrymore, Dick (1997). Breaking Even. Pictorial Histories Publishing Company. ISBN 1-5751-0037-1.  Text " url http://www.dickbarrymore.com/book4.asp" ignored (help)
  2. ^ a b "About Freestyle". United States Ski and Snowboard Association. Diakses 2010-02-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]