Sistem parkir pintar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Demonstrasi syspem parkir pintar Toyota Prius masuk keruang parkir paralel.

Sistem parkir pintar adalah perangkat untuk memarkirkan kendaraan secara otomatis khususnya parkir paralel, tegak lurus ataupun serong tanpa perlu dikemudikan oleh pengemudi kendaraan, bahkan bisa dilakukan dari luar kendaraan. Sistem ini mulai dikembangkan pada Toyota Prius, kemudian Lexus[1] dan berbagai kendaraan lainnya. Sistem yang digunakan pada Lexus menggunakan nama Advanced Parking Guidance System. Perangkat ini kemudian dikembangkan oleh Ford[2] dengan nama Active Park Assist, BMW [3] dan berbagai kendaraan mewah lainnya.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sistem berkendara pintar terus dikembangkan seperti awalnya dimulai dengan sistem parkir pintar sebagaimana dikembangkan oleh Toyota Prius pada tahun 2006 yang kemudian dikembangkan lebih lanjut menjadi sistem kemudi kendaraan robotik yang tidak membutuhkan pengemudi dalam menjalankan kendaraan bermotor yang prototypenya sudah dikembangkan dibeberapa negara maju dan diperkirakan akan dipasarkan dalam waktu yang tidak terlalu lama[4].

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Cara kerja parkir pintar

Sistem parkir pintar bekerja dengan menggunakan prosesor komputer yang mendapatkan masukan mengenai ruang parkir yang kosong[5], serta masukan jarak yang diperoleh dari beberapa buah sensor parkir yang biasanya menggunakan gelombang ultrasonic yang diletakkan dibumper belakang, samping dan bumper depan yang kemudian oleh prosesor data tersebut diproses untuk kemudian menggerakkan kendaraan, dan kendaraan bermanuver kendaraan masuk kedalam ruang parkir tanpa perlu input dari pengemudi.

Referensi[sunting | sunting sumber]