Sistem liga sepak bola di Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sistem liga sepak bola di Italia
Negara
 Italy
Peta Italia
Daerah
 Abruzzo
 Aosta Valley
 Apulia
 Basilicata
 Calabria
 Campania
 Emilia-Romagna
 Friuli-Venezia Giulia
 Lazio
 Liguria
 Lombardy
 Marche
 Molise
 Piedmont
 Sardinia
 Sicily
 Tuscany
 Trentino-Alto Adige/Südtirol
 Umbria
 Veneto
Juara bertahan (2012–13)
Juventus

Sistem liga sepak bola di Italia juga dikenal sebagai piramida sepak bola di Italia, mengacu pada sistem hirarki liga yang saling berhubungan untuk olahraga sepak bola di Italia, yang terdiri dari 594 divisi dan 3332 tim (termasuk Seconda Categoria dan Terza Categoria) dengan semua divisi terikat satu sama lain dengan prinsip promosi dan degradasi, dengan satu tim dari San Marino juga ikut bersaing. Sistem ini memiliki format hirarki dengan promosi dan degradasi antara liga pada tingkat yang berbeda, sehingga klub yang berada di divisi terbawah secara teoritis pada akhirnya dapat naik ke bagian paling atas dari sistem.

Sejumlah klub dengan posisi teratas tertentu dari setiap liga dapat naik ke liga yang lebih tinggi, sementara mereka yang mengakhir liga di bagian paling bawah harus terdegradasi. Selain kinerja olahraga, promosi biasanya bergantung pada pemenuhan kriteria yang ditetapkan oleh liga yang lebih tinggi, terutama menyangkut fasilitas dan keuangan yang sesuai.

Secara teori adalah mungkin untuk klub lokal amatir rendah untuk naik ke puncak liga di Italia dan memenangkan scudetto. Meskipun hal ini mungkin tidak mungkin dalam praktek (setidaknya, dalam jangka pendek), pasti ada pergerakan berarti dalam piramida.

Dua tingkat teratas dalam sistem liga di Italia ini masing-masing hanya berisi satu divisi. Di bawah ini, setiap tingkat memiliki divisi yang paralel, yang masing-masing mencakup wilayah geografis yang semakin kecil.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Tingkat teratas dari sepak bola Italia adalah Serie A, yang diatur oleh Lega Nazionale Professionisti Serie A dan terdiri dari 20 tim. Di tingkat kedua selanjutnya adalah Serie B dengan 22 tim, yang diselenggarakan oleh Lega Nazionale Professionisti Serie B. Kedua liga ini mencakup seluruh Italia.

Di tingkat ketiga dan keempat dijalan oleh Lega Calcio Italiana Professionistico yang terdiri dari dua grup yang berjalan paralel, dan masing-masing grup terdapat dua divisi.

Pada tingkat kelima diselenggarakan oleh Dipartimento Interregionale dari Lega Nazionale Dilettanti. Di bawah ini adalah lima tingkat lebih lanjut, empat dari mereka, Eccellenza, Promozione, Prima Kategori dan Seconda Kategori, yang diselenggarakan oleh komite regional Lega Nazionale Dilettanti, dan yang terakhir, Terza Kategori, oleh komite provinsi.

Semua Serie A, Serie B dan Lega Pro klub profesional. Sejak 2011-12, tingkat keempat berkurang dari 3 divisi untuk 2 karena krisis ekonomi internasional.[1]

Sistem saat ini[sunting | sunting sumber]

Tingkat Liga/Divisi
1 Lega Serie A
Serie A

20 klub
2 Lega Serie B
Serie B

22 klub
3 Lega Pro
Prima Divisione Grup A

17 klub
Lega Pro
Prima Divisione Grup B

16 klub
4 Lega Pro
Seconda Divisione Grup A

18 klub
Lega Pro
Seconda Divisione Grup B

18 klub
5 LND
Serie D
Grup A

18 klub
LND
Serie D
Grup B

20 klub
LND
Serie D
Grup C

20 klub
LND
Serie D
Grup D

18 klub
LND
Serie D
Grup E

18 klub
LND
Serie D
Grup F

18 klub
LND
Serie D
Grup G

18 klub
LND
Serie D
Grup H

18 klub
LND
Serie D
Grup I

18 klub
6 Eccellenza
(28 divisi regional, 476 klub)
7 Promozione
(54 divisi regional, 893 klub)
8 Prima Categoria
(106 divisi regional, 1.668 klub)
9 Seconda Categoria
(182 divisi regional)
10 Terza Categoria
(209 divisi berdasarkan provinsi)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Report Calcio 2012" (pdf). FIGC.it. Federazione Italiana Giuoco Calcio. Diakses 8 Juli 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]