Sinode Elvira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jika kota Romawi kuno Elvira terletak di distrik Albaicín, Granada, seperti yang diduga beberapa orang, sinode itu mungkin diselenggarakan di dalam Puerta de Elvira (abad ke-XI), yang terlihat pada gambar

Sinode Elvira (bahasa Latin: Concilium Eliberritanum, Spanyol: Concilio de Elvira) adalah sebuah sinode gerejawi yang diselenggarakan di Elvira di provinsi Romawi Hispania Baetica, sekarang Granada di selatan Spanyol.[1] Tanggalnya belum ditentukan secara pasti tetapi diyakini pada kuartal pertama abad ke-IV, sekitar 305–6. Sinode Elvira merupakan salah satu dari tiga konsili, bersama dengan Sinode Arles (314) dan Sinode Ancyra, yang pertama-tama mendekati sifat konsili umum dan mempersiapkan jalan bagi konsili oikumenis pertama. Sinode ini dihadiri oleh sembilan belas uskup dan dua puluh enam penatua, sebagian besar penduduk di Baetica. Diaken dan rohaniwan juga hadir.[2] Delapan puluh satu kanon dicatat, meskipun diyakini bahwa banyak yang ditambahkan di kemudian hari. Semua menyangkut ketertiban, disiplin dan perilaku di antara komunitas Kristen. Kanon 36, melarang penggunaan gambar di gereja-gereja, menjadi rebutan antara cendekiawan Katolik dan Protestan setelah Reformasi Protestan.

Ini adalah salah satu dari sejumlah konsili dan sinode gereja kuno pra-oikumenis. Ensiklopedia Katolik 1913 mengacu pada ini sebagai "konsili,", menyampaikan cakupan yang lebih luas daripada sinode.[3] Vatikan merujuknya menggunakan kedua istilah.[4]

Dokumentasi[sunting | sunting sumber]

Sinode Elvira pertama kali dikumpulkan oleh Ferdinand de Mendoza, De confirmando Concilio IIIiberitano ad Clementem VIII, 1593.

Kanon-kanon tersebut tersedia online dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa Latin (dengan tautan pencarian kamus)

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hennecke, Edgar, "Elvira, Synod of", Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge (edisi ke-3rd) .
  2. ^ Schaff, Philip, History of the Christian Church .
  3. ^ Catholic encyclopedia, New Advent, 1913 .
  4. ^ Congregation of the clergy, The Vatican: Roman curia .

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Giovanni Domenico Mansi, Sacrorum Conciliorum nova et amplissima collectio (Florence and Venice, 1758–98) vol.II.ii.1-406; reprint (Paris) 1906 Reprints the account of Ferdinand de Mendoza, pp. 57–397.
  • Jean Hardouin, Conciliorum collectio regia maxima i. pp. 247–258.
  • Karl Josef von Hefele, Conciliengeschichte I, pp. 148–192 (2nd ed. 1873) (English translation, i. pp. 131 sqq.)
  • Alfred W. Dale, The Synod of Elvira and Christian Life in the Fourth Century (London, 1882)
  • Edgar Hennecke, in Schaff-Herzog Encyclopedia of Religious Knowledge (3rd ed), sv. "Elvira", especially bibliography.
  • Samuel Laeuchli, Power and Sexuality: The Emergence of Canon Law at the Synod of Elvira (Philadelphia: Temple University Press) 1972. Power dynamics, sexual controls and the emergence of a clerical elite.
  • Conrad Rudolph, "Communal Identity and the Earliest Christian Legislation on Art: Canon 36 of the Synod of Elvira," Perspectives for an Architecture of Solitude, ed. Terryl Kinder (2004) 1-7
  • Philip Schaff History of the Christian Church, vol. II "Ante-Nicene Christianity AD 100–325" Section 55. "The Councils of Elvira, Arles, and Ancyra."
  • José F. Ubina. Le concile d'Elvire et l'esprit du paganisme // Dialogues d'histoire ancienne. V. 19. No. 19-1, 1993 pp. 309–318. Available online

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Elvira, Synod of". Encyclopædia Britannica. 9 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 301.