Singa Waterloo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 50°40′42″LU 4°24′17″BT / 50,67833°LU 4,40472°BT / 50.67833; 4.40472

Monumen tugu singa di atas bukit buatan di bekas lapangan pertempuran Waterloo
Monumen Singa Waterloo dilihat dari dekat.
Patung singa di puncak monumen.

Singa Waterloo (bahasa Belanda: Leeuw van Waterloo; disebut pula Butte du Lion dalam bahasa Prancis, artinya "Bukit Singa") adalah monumen militer berupa patung singa di atas sebuah bukit buatan yang dibuat di medan Pertempuran Waterloo untuk mengenang lokasi tertembaknya bahu Pangeran Willem II dari Belanda hingga ia terjatuh dari kudanya akibat tembakan yang terjadi saat pertempuran berlangsung. Pembangunan monumen tersebut dititahkan oleh ayahnya, Raja Willem I dari Belanda pada tahun 1820, dan selesai pada tahun 1826.

Rancangan[sunting | sunting sumber]

Monumen tersebut dirancang oleh arsitek kerajaan, Charles Van der Straeten, atas perintah Willem I. Inspirasinya disumbangkan oleh seorang insinyur bernama Jean-Baptiste Vifquain, yang membayangkan suatu monumen sebagai lambang kemenangan persekutuan, daripada monumen atas nama perorangan. Bentuknya terilhami dari tumulus bangsa Belge, yang menurut Julius Caesar merupakan bangsa Galia paling perkasa.

Bukit[sunting | sunting sumber]

Bukit buatan dibangun dari tanah yang diambil di beberapa bagian di tempat tersebut, termasuk beberapa tanah ladang di La Haye Sainte. Tingginya 43 m (141 kaki) dan kelilingnya sekitar 520 m (1706 kaki), sehingga memiliki volume sekitar 390.000 m³ (514.000 yd³).

Victor Hugo menyebutkan dalam novelnya Les Miserables bahwa ketika mengunjungi situs tersebut dua tahun setelah bukit itu diselesaikan, konon Arthur Wellesley dari Wellington berkata, "Mereka telah mengubah tempat pertempuranku!"[1]

Patung[sunting | sunting sumber]

Di puncak bukit buatan dibangun suatu patung singa yang beralaskan balok batu. Patung singa tersebut dibuat oleh Jean-François Van Geel (1756-1830). Singa merupakan hewan yang menjadi lambang kerajaan Belanda, dan juga melambangkan keberanian; cakar kanannya bertumpu di atas bola, melambangkan kemenangan global. Berat patungnya 31 tons, dengan tinggi 4,45 m (14,6 kaki) dan panjangnya 4,5 m (14,8 kaki). Patung itu dicetak di tempat penuangan logam milik William Cockerill di Liège, kemudian diangkut lewat kanal dari Liège ke Brussels.

Ada legenda urban bahwa patung singa tersebut dibuat dari lelehan meriam dan senjata yang ditinggalkan pasukan Prancis di medan pertempuran. Kenyataannya, patung tersebut terdiri dari sembilan potongan yang disusun di lokasi monumen tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Victor Hugo. Les Miserables Chapter VII. Napoleon in a Good Humor