Sindikasi web

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo umum umpan web.

Sindikasi web adalah suatu bentuk sindikasi yang menyediakan bagian dari suatu situs web untuk digunakan oleh situs lainnya. Ini dapat dilakukan secara sederhana dengan melisensikan isinya untuk dapat digunakan orang lain. Umumnya, sindikasi web merujuk pada penyediaan umpan web dari suatu situs kepada orang lain untuk memberikan ringkasan isi yang baru ditambahkan pada situs tersebut, misalnya berita atau kiriman forum terbaru.

Sindikasi isi web dalam skala besar diawali pada tahun 2001 sewaktu Miniclip secara bebas mensindikasikan permainan interaktif terhubung berbasis penjelajah web kepada umum. Kini berbagai tipe isi telah disindikasikan di Internet. Jutaan penerbit terhubung termasuk surat kabar, situs web komersial, dan blog mempublikasikan tajuk berita terbaru mereka, tawaran produk, atau tulisan blog dalam format standar umpan web.

Sindikasi menguntungkan baik bagi situs yang menyediakan informasi maupun situs yang menayangkannya. Untuk situs penerima, sindikasi isi adalah suatu cara efektif untuk menambah kedalaman dan kemutahiran informasi pada halaman-halaman mereka dan membuatnya menjadi lebih menarik untuk pengunjung. Untuk situs pengirim, sindikasi memberikan pemaparan di berbagai platform terhubung. Ini akan menghasilkan lalu lintas baru bagi situs pengirim dan membuat sindikasi menjadi suatu cara pemasaran yang mudah dan gratis.

Semakin diterimanya sindikasi web juga menjadi perhatian bagi pemasar terhubung. Peselancar web menjadi lebih hati-hati dalam memberikan informasi personal untuk bahan pemasaran (seperti mendaftar pada suatu nawala) dan sebaliknya lebih memilih untuk berlangganan pada suatu umpan.

Walaupun format sindikasi dapat berupa apa pun yang dapat dikirim melalui HTTP, seperti HTML atau JavaScript, umumnya sindikasi dikirim dalam format XML. Dua keluarga utama format sindikasi web adalah RSS dan Atom.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]