Simtoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Simtoma, gejala , simptom atau simtom (dalam penyakit) ialah pengindikasian keberadaan sesuatu penyakit atau gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, berbentuk tanda-tanda atau ciri-ciri penyakit dan dapat dirasakan, seperti misalnya perasaan mual atau pusing. Akan tetapi, ada hal yang tidak tercakup dalam pengertian istilah ini seperti halusinasi atau delusi, karena cara melakukan pengindikasian ini bertumpuk pada diri pelaku sering tanpa sadar, dan bukan hasil dari pengamatan yang dilakukan berdasarkan pemeriksaan kedokteran.

Pada intinya, suatu 'gejala' atau 'simtoma' adalah subyektif,[1] diamati oleh seorang pasien,[2] dan tidak bisa ditimbang atau diukur.[3]

Selain itu, suatu simtoma atau gejala belum tentu terkait dengan penyakit, misalnya gejala-gejala kehamilan. Namun bisa diperdebatkan bahwa ini merupakan contoh penyalahgunaan istilah ini yang cukup sering terjadi sebab kebanyakan 'simtoma' atau 'gejala' serta sejarah istilah-istilah ini memang berhubungan dengan penyakit. Pemakaian istilah lain seperti 'indikasi', 'pratanda/tanda' ataupun 'anjuran' mungkin lebih tepat dalam situasi seperti kehamilan, dsb.

Penggunaan lain istilah 'simtoma' atau 'gejala' terdapat dalam dunia politik pula di mana artinya dianggap sebagai akar dari suatu permasalahan. [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pathology - Glossary
  2. ^ eMedicine/Stedman Medical Dictionary Lookup!
  3. ^ Devroede G (1992). "Constipation--a sign of a disease to be treated surgically, or a symptom to be deciphered as nonverbal communication?". J. Clin. Gastroenterol. 15 (3): 189–91. doi:10.1097/00004836-199210000-00003. PMID 1479160. 
  4. ^ Simtom Politik 1965: PKI Dalam Perspektif Pembalasan dan Pengampunan
  • Joseph A. Regezi, M.S.,, James J. Sciubba, Ph.D., Richard C. K. Jordan

Lihat pula[sunting | sunting sumber]