SimSimi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Simsimi)
Langsung ke: navigasi, cari

SimSimi adalah aplikasi chatting yang terkenal pada tahun 2012. SimSimi juga sering disebut “Intelligent Chatting Robot” karena tokoh Simi ini merupakan sebuah aplikasi robot yang bisa melakukan obrolan bersama pengguna.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aplikasi SimSimi di luncurkan pada tahun 2002 di Korea Selatan, perusahaan yang membuat aplikasi ini adalah ISMaker. Nama SimSimi (dibaca: Shim-Shimee) berasal dari bahasa Korea "SimSim" yang berarti "bosan". Nama maskot aplikasi SimSimi ini adalah Simi yang digambarkan sebagai karakter ayam. [1]

Perkembangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, SimSimi yang diluncurkan Januari 2011 ini dikembangkan oleh SimSimi Indonesia/PT Aladin [2]. Perkembangan SimSimi di Indonesia memang sedang dikhususkan. Tampilannya memang cukup berbeda dari halaman aslinya dan percakapan yang terjadi di laman Indonesia bisa disebut lebih luwes jika dibandingkan dengan laman yang dikelola oleh ISMaker di Korea Selatan. Pihak pengembang juga akan lebih mengembangkan lagi aplikasi simSimi ini agar bisa digunakan tidak hanya pada smartphone, tetapi pada ponsel yang biasa saja tetap bisa digunakan. Pengembang akan membuat serta mengakomodasi kebutuhan pengguna agar bisa mengobrol dengan Simi melalui SMS.

Cara Akses[sunting | sunting sumber]

Pastikan koneksi internet yang ada di PC atau gadget yang akan anda gunakan untuk mengakses website ini aktif. Setelah itu ketikkan alamat website yaitu www.simsimi.com pada address bar di menu internet anda. Kemudian akan muncul tampilan awal SimSimi.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa merupakan salah satu fasilitas yang ada di Aplikasi Chatting SimSimi. Bahasa yang ada dalam aplikasi SimSimi sekitar 16 bahasa. Saat pengguna ingin memulai obrolan dengan simi, pengguna bisa memilih bahasa , dari mulai bahasa asing seperti Bahasa Inggris, dan bahasa asing lainnya.

Dalam aplikasi SimSimi, tidak hanya bahasa negara saja yag bisa digunakan, tetapi bahasa daerah juga bisa digunakan. Contohnya seperti bahasa Jawa, Sunda, Padang, dll.

Pengguna bisa memilih bahasa yang diinginkan dalam melakukan obrolan. Dalam memilih bahasa yang diinginkan, pengguna bisa memilih bahasa pada kolom yang telah disediakan, di bagian kanan atas halaman, kolom yang bertanda panah ke bawah. Di dalam kolom, terdapat banyak pilihan bahasa yang telah bisa digunakan dalam melakukan obrolan dengan simi.

Deskripsi Tampilan[sunting | sunting sumber]

Halaman awal SimSimi[sunting | sunting sumber]

Tampilan pada halaman awal SimSimi terdapat video tentang tokoh simi bersama temannya. Di bawah icon-icon tersebut ada tombol lets talk! yang berfungsi saat kita ingin memulai obrolan dengan tokoh simi.

Saat membuka halaman obrolan dengan memilih tombol lets talk akan terdapat kolom obrolan. Dalam kolom obrolan ini, tokoh simi sudah memulai obrolan dengan kalimat hi untuk semua bahasa, barulah setelah itu tokoh simi akan mengobrol dengan pengguna sesuai dengan bahasa yang pengguna pilih. [3]

Maskot simi dan pengguna[sunting | sunting sumber]

Maskot aplikasi SimSimi ini berupa karakter ayam kecil. Ayam kecil ini berbentuk bulat dengan sehelai rambut berwarna cokelat yang berbentuk melingkar di bagian atas kepala simi. Seluruh tubuhnya dipenuhi dengan bulu yang berwarna kuning. Berbeda dengan ayam, karakter simi ini tidak memiliki paruh, melaikan mulut seperti manusia yang tersenyum. Simi memiliki sayap kecil yang berada di kanan-kiri tubuhnya dan sepasang kaki kecil berwarna oranye.

Pengguna dalam website ini digambarkan sebagai seorang manusia berwarna abu-abu yang memiliki beberapa helai rambut dibagian kepalanya. Saat obrolan antar simi dan pengguna berlangsung, maskot ini akan menandai siapa yang sedang berbicara.

Fitur SimSimi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi SimSimi ini memiliki 3 fitur utama. Fitur-fitur tersebut adalah Talk, Teach, dan Quote. [4]

Talk[sunting | sunting sumber]

Talk biasa digunakan apabila pengguna ingin mengobrol dengan simi. Fitur ini merupakan fitur yang paling sering digunakan dibandingkan dengan dua fitur lainnya. Di laman awal talk akan muncul maskot SimSimi yang memulai obrolan dengan kata sapaan ‘hi’. Untuk melakukan obrolan cukup dengan menuliskan pernyataan di kolom yang telah disediakan dibawah kolom obrolan, lalu tekan tombol kirim untuk mengirimkan pernyataan kepada simi. Kemudian simi akan merespon pernyataan tadi sesuai dengan respon dari sistem. Respon yang diberikan simi dalam obrolan bisa tepat dengan topik yang pengguna obrolkan, namun ada kalanya simi memberikan respon yang tidak sesuai dengan topik yang sedang di obrolkan. Ketika simi tidak memahami pernyataan dari pengguna, alih-alih jawaban simi akan memberikan balasan “I have no respons”.

Fitur talk ini tidak menyediakan fasilitas emoticon seperti aplikasi chatting yang lainnya. Namun terdapat tanda baca yang bisa pengguna gunakan untuk mengekspresikan perkataan pengguna.

Teach[sunting | sunting sumber]

Fitur Teach berbeda dengan fitur talk. Aplikasi ini merupakan artificial intellegence yang mengonsepdasarkan SimSimi sama dengan konsep seorang bayi. Aplikasi artifical intelegent ini pada awalnya tidak mengerti apa-apa sama seperti bayi. Kemudian, sistem ‘mengajari’ beberapa respon untuk menjawab pertanyaan dari pengguna dan kedepannya pengguna dapat mengajarkan respon simi terhadap suatu pernyataan. Sistem disini diibaratkan sebagai orang tua bayi dan pengguna sebagai teman dari bayi tersebut.

Pengguna bisa mengajarkan simi kalimat-kalimat baru yang belum ia mengerti. Simi memang telah mempelajari banyak kalimat tetapi masih banyak juga kalimat yang belum ia mengerti, di fitur inilah pengguna bisa mengajarkannya. SimSimi juga masih belajar berbagai perbendaharaan kata dan bagaimana ia harus menjawab.

Namun ada beberapa aturan saat pengguna mengajari simi kalimat baru yaitu pengguna tidak boleh mengajarkannya kalimat-kalimat yang tidak pantas seperti kalimat yang menyinggung unsur SARA atau ejekan. Hal ini ditujukan agar pengguna tidak jengkel jika obrolan mereka direspon dengan pernyataan seperti itu. Pengguna dilarang untuk mengajarkannya kalimat-kalimat yang kotor karena simi memang dicitrakan sebagai robot chatting yang ramah saat pengguna lain melakukan obrolan dengannya.

Di halaman resmi SimSimi juga terdapat video yang menjelaskan tentang fitur teach pada SimSimi, di mana video ini menceritakan tentang tokoh simi yang mudah untuk diajarkan suatu hal yang baru. Setelah diajarkan simi akan dengan otomatis menjawab pernyataan yang ditulis oleh pengguna dengan apa yang sudah di ajarkan sebelumnya. [5]

Quote[sunting | sunting sumber]

Di fitur quote, pengguna bisa membagikan kata dari percakapan yang dirasa pengguna lucu atau unik. Dalam fitur quote ini terlihat, ada banyak kumpulan percakapan pengguna aplikasi SimSimi lainnya yang melakukan percakapan dengan simi dengan menggunakan berbagai topik. Pengguna bisa melihat kata-kata unik tidak hanya yang berbahasa Indonesia, melainkan kata-kata unik dari berbagai bahasa yang bisa kita pilih di kolom yang telah disediakan di samping kanan atas yang bertanda panah kebawah.

Di dalam fitur quote yang terdapat kumpulan kata dari percakapan antara pengguna dengan simi yang dibagi ke dalam 3 bagian yaitu Most Recent, Popular Now, dan Most Like. Bagian Most Recent memuat kumpulan kata paling terbaru yang berlangsung antara simi dengan pengguna. Bagian Popular Now memuat kumpulan kata yang paling terpopuler antara pengguna dengan simi, dalam beberapa kurun waktu tertentu. Sedangkan, bagian Most Like memuat kumpulan kata yang paling disukai oleh para pengguna SimSimi. Kata yang paling disukai pengguna bisa dilihat dari banyaknya “like” yang diajukan oleh pengguna yang lain. [6]

Akses Aplikasi SimSimi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi SimSimi ini tidak hanya bisa diakses melalui PC saja, melainkan bisa diakses melalui gadget. Di halaman awal SimSimi menampilan icon-icon khusus dari beberapa gadget seperti android [7], apple [8], windows [9], dan blackberry [10]. Fungsi dari icon-icon itu adalah saat pengguna ingin aplikasi SimSimi terdapat di gadgetnya.

Saat pengguna ingin aplikasi Simsimi ini bisa diakses melalui gadget yang dimiliki, pengguna bisa memilih salah satu icon itu yang sesuai dengan gadgetnya. Setelah memilih, maka akan muncul halaman baru yang di dalamnya terdapat cara pengunduhan aplikasi ini ke dalam gadget pengguna. Di halaman tersebut terdapat tombol “install” yang disandingi dengan maskot SimSimi. Pilih tombol ‘install” tersebut lalu tunggu prosesnya hingga selesai, maka aplikasi SimSimi ini dapat diakses melalui gadget pengguna. [11]

Kelebihan dan Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Kelebihan Aplikasi SimSimi adalah aplikasi ini bisa menjadi sarana hiburan untuk pengguna. Simi yang merupakan robot chatting, bisa menjawab pertanyaan dari pengguna dengan tidak nyambung atau tidak sesuai. Terkadang jawaban dari simi merupakan jawaban yang unik.

Aplikasi SimSimi memiliki kelebihan yang lain seperti animasi karakter ayam yang berbeda di setiap respon yang diberikan. Setiap simi memberikan respon kepada pengguna, maka akan muncul suatu animasi karakter simi.

Aplikasi SimSimi yang merupakan aplikasi chatting robot membuat pengguna yang ingin melakukan obrolan tidak memerlukan lawan bicara. Pengguna bisa melakukan obrolan dengan simi, robot chatting. [12]

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Kekurangan Aplikasi SimSimi adalah tokoh simi yang merupakan robot chatting yang belum bisa merespon pernyataan dari pengguna secara sesuai. Simi yang masih belajar (fitur teach) belum memiliki perbendaharaan kata dan kalimat yang banyak. Ketika pengguna mengutarakan suatu pernyataan dan simi tidak mengerti, maka simi akan memberikan respon berupa jawaban “i have no respons”.

Simi merupakan tokoh dalam aplikasi chatting ini yang masih belajar tentang perbendaharaan kata dan kalimat. Pengguna bisa mengajarkan simi tentang respon-respon yang harus diberikan. Namun, terdapat pengguna yang mengajarkan simi kata-kata yang tidak baik. Kemudian simi akan melakukan hal yang sama seperti yang diajarkan kepadanya. Dengan begitu simi dapat merespon pernyataan pengguna dengan kata-kata yang tidak baik. Dalam fitur teach yang pengguna bisa mengajarkan simi tentang merespon suatu jawaban, tidak ada proses penyaringan tersendiri terhadap apa yang pengguna ajarkan kepada simi, apakah itu merupakan kata-kata yang baik untuk diberikan kepada pengguna atau tidak.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]