Silesia Ceko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bendera Silesia (bagian Ceko)

Silesia Ceko, adalah satu dari tiga daerah yang membentuk Tanah Ceko, daerah ini adalah bagian Ceko dari Silesia. Wilayah ini terletak di sebelah timur laut Republik Ceko. Pada masa lampau daerah ini juga dikenal sebagai Silesia Moravia atau antara tahun 1918 dan 1945, Silesia Sudeten. Sebelum tahun 1918 sebagian wilayah daerah ini termasuk daerah Silesia Austria. Silesia Ceko termasuk yang paling sempit atau kecil dari 3 tanah/wilayah yang menyusun sebuah konsep geografis bernama Tanah Ceko.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Silesia dan hubungannya dengan daerah-daerah (kraj) Republik Ceko dewasa ini
Lambang Silesia Ceko

Daerah ini terletak di sebelah timur dan barat kota Ostrava dan mencakup Daerah Moravia-Silesia dewasa ini dan di bagian ujung barat juga Daerah Olomouc di sekitar kota Jeseník. Setelah Ostrava, kota-kota terpentingnya adalah Opava dan Český Těšín, yang merupakan bagian dari kota perbatasan Tesin yang terletak di Republik Ceko.

Daerah ini terletak di Pegunungan Sudeten yang menjadi Pegunungan Karpatia di sebelah timur. Sungai-sungai utamanya adalah Sungai Oder, Opava, Sungai Auxer serta sebuah sungai lagi yang bernama Olše (yang menjadi bagian dari garis lintas perbatasan alami antara Ceko dengan negara Polandia).