Wilayah-wilayah Ceko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bohemia, Moravia, Austria Silesia pada tahun 1892 (kemudian bagian Austria-Hongaria)

Wilayah-wilayah Ceko (bahasa Ceko: České země) merupakan istilah tambahan yang terutama digunakan untuk menggambarkan kombinasi Bohemia, Moravia dan Silesia Ceko. Sekarang, tiga provinsi bersejarah itu menyusun Republik Ceko. Wilayah-wilayah Ceko itu ditinggali oleh bangsa Celtic (Boii), kemudian oleh suku-suku Germanik (Marcomanni, Quadi, Langobard...) sampai awal abad ke-7 dan kemudian oleh bangsa Slavik. Kolonial Jerman tinggal di area itu atas basis undangan raja-raja Bohemia selama bagian kedua abad ke-13 (mereka telah tinggal di Praha sejak awal abad ke-12) dan tinggal bersama dengan suku Slav.

Istilah wilayah-wilayah Ceko digunakan untuk menggambarkan beberapa perbedaan suku. Beberapa sumber menggunakan istilah untuk mengartikan wilayah dibawah pemerintahan Kerajaan Bohemia, Wilayah-wilayah Mahkota Bohemia. Wilayah ini termasuk Lusatia (sekarang di Jerman) dan keseimbangan Silesia, semua yang memerintah dari Praha pada satu waktu (1292/1327–1635/1742).

Kebanyakan teks-teks sejarah Ceko menggunakan istilah dengan cara ini ketika membeicarakan Abad Pertengahan. Sumber-sumber lainnya menggunakan istilah tersebut hanya untuk menyebutkan jantung wilayah Ceko Bohemia, Moravia dan bekas Austria Silesia. Untuk banyak topik, perbedaan antara kedua definisi tidak perlu, karena tanah Ceko telah kurang lebih dengan yang sekarang Republik Ceko sejak abad ke-18.

Nama-nama alternatif[sunting | sunting sumber]

Istilah tidak baku (seperti yang dipakai secara resmi di dalam daftar-daftar terminologi geografi Ceko) bagian Ceko adalah wilayah-wilayah Ceko (seperti Bohemia, Moravia, Silesia Ceko) adalah Česko. Yang sekarang juga dipakai secara resmi bentuk singkat untuk Republik Ceko. Istilah Česko didokumentasikan setidaknya pada tahun 1777. Česka dan setaraf dengan luar negeri (bahasa Jerman: Tschechien) juga merupakan istilah yang secara resmi disebut oleh Menteri Ceko urusan luar negeri sejak tahun 1993.[1] Akan tetapi, istilah Czechia belum tertangkap oleh orang berbahasa Inggris. Istilah Česko juga telah berlawanan sementara dari orang yang berbicara bahasa Ceska namun baru-baru ini tertangkap oleh banyak pribuminya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Pánek, Jaroslav; Tůma Oldřich et al. (2009). A History of the Czech lands. Prague: Karolinum. ISBN 978-80-246-1645-2.