Siklus Epik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Siklus Epik (bahasa Yunani: Επικός Κύκλος) adalah kumpulan wiracarita Yunani kuno yang ceritanya berkenaan dengan Perang Troya dalam mitologi Yunani. Yang termasuk Siklus Epik antara lain puisi Kipria, Aithiopis, Iliupersis, Nostoi, dan Telegonia. Sejarawaan kadang memasukkan juga dua karya Homeros (Iliad dan Odisseia) sebagai Siklus Epik, meski istilah Siklus Epik lebih sering merujuk pada puisi non-Homeros.

Terlepas dari Odisseia dan Iliad, wiracarita yang terdapat dalam Siklus Epik kini hanya bertahan dalam potongan-potongan, tidak utuh. Bagian terpentingnya, yang merupakan ringkasan rinci, ditulis oleh seseorang bernama Proklos. Siklus Epik disusun dalam sajak heksameter daktilik.

Siklus Epik diambil dari tradisi lisan di Yunani yang berkembang pada Zaman Kegelapan Yunani, yang didasarkan pada pemujaan pahlawan di daerah-daerah tertentu. Cerita dalam Siklus Epik berlatar pada Zaman Perunggu Mikenai dengan adanya adaptasi lewat sudut pandang Zaman Besi dan masa-masa berikutnya.

Siklus Epik yang lebih panjang disebutkan pada abad kesembilan oleh seorang sejarawan sekaligus pendeta bernama Fotios dalam Bibliotheca, yang juga meliputi wiracarita Titanomakhia dan Siklus Thebes, yang pada gilirannya meliputi juga Oidipodeia, Thebaid, Epigoni dan Alkmeonis. Akan tetapi, sudah dipastkan bahwa tidak satupun dari siklus epik (kecuali buatan Homeros) yang bertahan pada zaman Fotios, dan kemungkinan bahwa Proklos maupun Fotion tidak merujuk pada tulisan aslinya. Sejarawan modern pada umumnya tidak memasukkan Siklus Thebes ke dalam Siklus Epik.

Berikuta adalah naskah kuno yang termasuk dalam Siklus Epik:

Judul Jumlah buku Penulis Isi
Kipria 11 Stasinos Peristiwa-peristiwa yang memicu Perang Troya (khsusunya Keputusan Paris), serta sembilan tahun pertama konfik tersebut.
Iliad 24 Homeros Kemarahan Akhilles terhadap Agamemnon, kematian Patroklos, serta pertarungan Akhilles melawan Hektor.
Aithiopis 5 Arktinos Kedatangan dan kematian sekutu-sekutu Troya (Penthesileia dan Memnon), kematian Akhilles.
Iliad Kecil 4 Leskhes Peristiwa setelah kematian Akhilles, termasuk pembuatan Kuda Troya.
Iliou persis ("Penghancuran Troya") 2 Arktinos Penghancuran kota Troya oleh pasukan Yunani.
Nostoi ("kembali") 5 Agias atau Eumelos dari Korintus Perjalanan pulang pasukan Yunani serta peristiwa-peristiwan yang menimpa para pemimpin Yunani.
Odisseia 24 Homeros Akhir perjalanan pulang Odisseus ke Ithaka.
Telegonia 2 Eugammon Perjalanan Odisseus ke Thesprotia lalu kembali Ithaka, serta kematiannya di tangan Telegonos

Referensi[sunting | sunting sumber]