Sigmund Jähn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sigmund Jähn
Intercosmos Cosmonaut
Kewarganegaraan German
Lahir 13 Februari 1937 (umur 77)
Saxony, Germany
Profesi lain Pilot
Peringkat Major General, East German Air Force
Waktu di angkasa 7d 20h 49m
Seleksi 1976 Intercosmos Group
Misi Soyuz 31/Soyuz 29
Lambang misi Soyuz 31 mission patch.png
Sigmund Jähn

Sigmund Werner Paul Jähn (lahir di Morgenröthe-Rautenkranz, Sachsen, 13 Februari 1937; umur 77 tahun) adalah kosmonaut pertama Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Morgenröthe-Rautenkranz, Vogtland, Sachsen, Jerman. Dari 1943 sampai 1951 ia bersekolah di kampung halamannya, dan setelah sekolahnya selesai dididik sebagai pencetak.

Karier awal di penerbangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1955 ia bergabung dengan Angkatan Udara (AU) Jerman Timur, di mana ia lalu menjadi pilot dan ilmuwan militer. Dari 1966-1970 ia kuliah di Akademi AU Monino di Uni Soviet, dan lalu bekerja sebagai karyawan administrasi AU Jerman Timur. Kala itu ia bertanggung jawab atas pendidikan pilot dan keamanan penerbangan.

Karier sebagai kosmonaut[sunting | sunting sumber]

Pada 1976 ia terpilih sebagai kosmonaut dengan Eberhard Köllner sebagai penggantinya untuk dilatih sebagai kosmonaut dalam program Intercosmos. Ia kemudian dilatih di Kota Bintang dekat Moskwa dalam waktu dua tahun dan akhirnya ikut dalam penerbangan Soyuz 31 menuju stasiun luar angkasa Soviet Salyut 6, dan kembali dengan Soyuz 29. Untuk penerbangan ini ia diberi penghargaan sebagai kosmonaut Jerman pertama. Hal ini sungguh istimewa sebab kala itu di Jerman Timur dan Jerman Barat, mereka biasanya menekankan prestasi para warganya sebagai prestasi negaranya masing-masing. Ia tinggal selama 7 hari, 20 jam, dan 49 menit di luar angkasa.

Pada tahun 1983 ia dipromosikan dan mendapat gelar doktor ilmu fisika di "Zentralinstitut für Physik der Erde" di Potsdam, dengan spesialisasi remote sensing (?) bumi.

Mulai tahun 1990, (setelah Persatuan Kembali Jerman) ia bekerja pada agensi luar angkasa Jerman (DLR), dan dari 1993 bekerja untuk ESA dan menyiapkan misi-misi Euromir. Pada tahun 2002 ia pensiun.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Sigmund Jähn menikah dan dianugerahi dua anak.

Referensi eksternal[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]