Shrek (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shrek
Shrek.jpg
Official poster
Sutradara Andrew Adamson
Vicky Jenson
Produser Jeffrey Katzenberg
Aron Warner
John H. Williams
Penulis Skenario:
Ted Elliott
Terry Rossio
Joe Stillman
Roger S. H. Schulman
Buku:
William Steig
Pemeran Mike Myers
Eddie Murphy
Cameron Diaz
John Lithgow
Conrad Vernon
Musik Harry Gregson-Williams
John Powell
Penyunting Sim Evan-Jones
Studio Pacific Data Images
DreamWorks Animation
Distributor DreamWorks Pictures
Tanggal rilis Amerika Serikat
18 Mei 2001
Australia
21 Juni 2001
Selandia Baru
28 Juni 2001
Inggris
29 Juni 2001
Durasi 91 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $60 juta
Pendapatan kotor Seluruh Dunia
$484,409,218[1]
Diikuti oleh Shrek 2

Shrek merupakan sebuah film animasi buatan Amerika Serikat yang disutradarai oleh Andrew Adamson dan Vicky Jenson, dan pengisi suaranya adalah Mike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz, dan John Lithgow. Film ini diadaptasi dari sebuah buku dongeng bergambar yang berjudul Shrek! karya William Steig pada tahun 1990. Film ini diproduksi oleh DreamWorks Animation. Shrek adalah film pertama yang memenangkan Academy Award untuk fitur film animasi terbaik, sebuah kategori yang pertama kali dianugerahkan pada tahun 2001. Shrek telah dirilis dalam bentuk DVD dan VHS pada 4 September 2001.

Babuschka die Le Bo Kjosmoen e'n i die tarde le und korre. He dort lo Homo unt el le retarded. LolLolLol, Ef qert Bo undle Rabbit Junior, (le boss) il Kebabve nun butt butt. Stang le in el anal.

Plot[sunting | sunting sumber]

Shrek (Mike Myers), ogre yang selalu sendiri di rawanya, sangat kesal ketika seluruh makhluk-makhluk dari dongeng, termasuk Pinocchio, Three Little Pigs, dan Donkey (Eddie Murphy), dipaksa mengungsi ke rawa milik Shrek oleh Lord Farquaad (John Lithgow).

Shrek pergi bersama Donkey untuk meminta Lord Farquaad untuk mengembalikan rawanya. Sementara itu, Farquaad memaksa Gingy untuk memeberitahu di mana Magic Mirror. Mirror mengatakan kepadanya bahwa Farquaad dapat menjadi raja yang sesungguhnya dengan menikahi seorang putri. Mirror memberinya pilihan: Cinderella, Snow White, dan Putri Fiona (Cameron Diaz). Farquaad pun memilih Fiona.

Shrek dan Donkey tiba di istana Farquaad di Duloc, di mana mereka di tengah-tengah sebuah turnamen. Yang menang dapat mencoba untuk menyelamatkan Fiona dari sebuah istana dikelilingi oleh lava dan dilindungi oleh seekor naga. Shrek (dengan bantuan dari Donkey) dengan mudah mengalahkan ksatria lainnya dalam turnamen itu dan Farquaad setuju untuk memindahkan makhluk dongeng dari rawa jika Shrek berhasil menyelamatkan Fiona.

Shrek dan Donkey pun sampai ke istana dan berpencar untuk menemukan Fiona. Donkey menemui Dragon sebelum menemukan bahwa Dragon adalah betina. Naga menyukai Donkey dan membawa dia ke tempatnya. Shrek pun menemukan Fiona dan berhasil menyelamatkan Donkey. Akhirnya Shrek, Fiona dan, Donkey keluar dari istana tersebut. Pada awalnya, Fiona senang diselamatkan tapi menjadi kecewa dan tidak percaya ketika Shrek membuka helmnya dan Fiona menyadari bahwa ia adalah ogre. Fiona memaksa untuk tidur sedangkan Shrek mengatakan jika beristirahat pada malam hari terlalu lama untuk mencapai Istana Farquaad. Namun, Fiona menolak untuk tidur dengan mereka, berlindung di sebuah gua dekat sampai pagi. Shrek dan Donkey tetap terjaga dan memandang bintang-bintang. Shrek memberitahu bahwa ia berencana untuk membangun dinding di sekitar nya rawa saat ia kembali.Ketika pagi hari, Fiona bangun dan memasak telur burung sebagai permintaan maaf.

Shrek dan Fiona menyadari mereka memiliki banyak kesamaan satu sama lain dai sepanjang jalan, dan jatuh cinta. Malam berikutnya, Fiona tidur di sebuah kincir angin di dekatnya. Ketika Donkey mendengar suara-suara aneh yang datang dari kincir angin, ia menemukan Fiona telah berubah menjadi ogre. Fiona menjelaskan ia dikutuk menjadi ogre ketika matahari terbenam dan menjadi manusia kembali jika matahari terbit, dan itulah sebabnya dia dikurung di istana, dan hanya ciuman dari cinta sejatinya akan membuat Fiona menjadi lepas dari kutukannya. Shrek, ketika akan mengakui perasaannya untuk Fiona dengan sebuah bunga matahari, mendengar bagian dari percakapan mereka. Shrek sangat kesal dan marah hingga membuang bunga tersebut. Donkey berjanji pada Fiona untuk tidak membocorkan Shrek tentang kutukannya. Tapi ketika pagi berikutnya datang, Shrek telah membawa Farquaad pada Fiona.

Shrek, meskipun sudah dalam kesendirian, sangat merindukan Fiona. Donkey datang ke rawa, marah pada Shrek, dan Shrek mengungkapkan bahwa ia mendengar pembicaraan mereka. Donkey mengatakan kepada Shrek mengatakan bahwa ia berbicara tentang orang lain. Dia kemudian mengatakan kepadanya bahwa Fiona akan segera menikah , mendesak Shrek ke dalam tindakan untuk mendapatkan cinta sejati Fiona. Mereka dapat melakukan perjalanan ke Duloc cepat, berkat Naga. Mereka datang ke pernikahan sebelum Farquaad mencium Fiona, tapi tidak sebelum matahari terbenam, yang menyebabkan Fiona untuk berubah menjadi ogre di depan semua orang. Sementara perubahan Fiona membuat Shrek memahami apa yang ia dengar di kincir angin, Farquaad, tidak percaya atas perubahan Fiona, memerintahkan untuk membunuh Shrek dan Fiona, tetapi Shrek bersiul memanggil Dragon, yang menerobos masuk dan memakan Farquaad. Shrek dan Fiona mengakui cinta mereka satu sama lain dan berbagi ciuman, Fiona yang mengeluarkan cahaya yang sangat terang dan ktukannya hilang, tetapi terkejut karena dia masih tetap ogre. Shrek menenangkan dirinya dengan meyakinkan bahwa dia masih cantik.Mereka berdua menikah di rawa dan akhirnya mereka pergi berbulan madu dan Donkey serta seluruh makhluk dongeng menyanyikan lagu "I'm a Believer".

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Karya asli yang diadaptasi oleh film:

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Beberapa permainan video yang dirilis untuk berbagai permainan konsol.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Shrek". Box Office Mojo. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Shrek

Didahului oleh:
The Mummy Returns
Box office number-one films of 2001 (USA)
May 20
Diteruskan oleh:
Pearl Harbor
Didahului oleh:
Evolution
Box office number-one films of 2001 (UK)
July 1 – July 15
Diteruskan oleh:
Lara Croft: Tomb Raider
Didahului oleh:
Lara Croft: Tomb Raider
Diteruskan oleh:
Jurassic Park III
Box office number-one films of 2001 (AUS)
July 1 – July 22
Diteruskan oleh:
Bridget Jones's Diary