Shiritsu Ebisu Chugaku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shiritsu Ebisu Chugaku (私立恵比寿中学) adalah sebuah grup idola perempuan Jepang besutan Stardust Promotion yang dibentuk pada tahun 2009.[1] Slogan mereka adalah "King of Gakugeikai" (King of 学芸会, Raja Dari Pentas Sekolah). Disingkat dengan nama Ebichu. Mereka merupakan grup yang bersaudara dengan Momoiro Clover Z, Team Syachihoko, dan Tacoyaki Rainbow.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Nama "Ebisu" berasal dari lokasi kantor Stardust Promotion yang berada di Ebisu, Shibuya, Tokyo.

Bertemakan sebuah sekolah fiktif "SMP Swasta Ebisu kelas 1-B" dengan konsep "Pelajar SMP Abadi", anggota yang telah lulus SMP dan menjadi pelajar SMA akan disebut sebagai "Siswa tahun ke-4", "Siswa tahun ke-5". Akan tetapi, dengan peraturan yang ambigu seperti itu, grup ini tidak terlalu mematuhi peraturan tersebut, dan peraturan itu sendiri cenderung bersifat permisif.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

  • Pada awal terbentuknya, mereka mengusung slogan "Menari tanpa lelah dengan nyanyian yang tidak stabil". Mereka mengadakan konser gratis di toko elektronik dan pusat perbelanjaan.
  • Kenichi Maeyamada yang juga merupakan komposer lagu dari Momoiro Clover (sekarang Momoiro Clover Z), bertugas sebagai guru musik dan merupakan komposer utama. Mereka hadir membawakan lagu-lagu dengan aksi panggung seperti melempar tisu, menari dengan penampilan seperti Jiangshi atau seperti Lady Gaga, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya menarik perhatian penggemar idola, namun juga dapat diterima oleh penikmat sub-kultur, sehingga mereka dijuluki sebagai "Sub-dol yang dapat ditemui sekarang".
  • Pada 10 April 2011, mereka tampil pada konser grup saudaranya, Momoiro Clover (sekarang Momoiro Clover Z) yang bertajuk "4.10 Nakano Sun Plaza Taikai Momoclo Haru no Ichidaiji ~Mabushisa no Naka ni Kimi ga Ita~".
  • Pada 8 Oktober 2011, mereka mengadakan konser tunggal pertama mereka di Shibuya O-EAST . Mereka juga mengadakan konser tambahan setelah konser tanggal 10 Oktober, dengan tiket yang terjual habis untuk tiga konser tersebut .
  • Pada 2 Februari 2012, diumumkan bahwa mereka akan melakukan debut mayor di bawah label DefStar Records pada tanggal 5 Mei 2012 . Pada 4 Maret 2012, mereka melakukan upacara penandatanganan kontrak sementara di Lazoona Kawasaki . Selain itu mereka juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan tur bertajuk "Shiritsu Ebisu Chugaku Spring DefStar Tour 2012 ~Koryaa Haru Kara Ebi ga Ii!~".
  • Antara tanggal 11 Maret sampai dengan 20 Mei, mereka mengadakan dua konser tunggal di Akasaka BLITZ pada tanggal 1 April serta tur di 11 lokasi dengan 21 kali penampilan.
  • Setelahnya, bersamaan dengan pengumuman single, mereka mengadakan tur perilisan single terbaru.
  • Pada tanggal 8 Desember 2013, 1 tahun 7 bulan semenjak debut mayor, mereka mengadakan konser di Saitama Super Arena. Mereka memegang rekor sebagai artis yang paling cepat konser di sana, lebih cepat 5 bulan dari SID yang sebelumnya memegang rekor tersebut dengan jangka waktu 2 tahun semenjak debut mayor .
  • Pada bulan Desember 2015, Hinata Kashiwagi dinyatakan menderita penyakit Sensorineural hearing loss, dan tidak dapat mengikuti acara jabat tangan di Osaka pada tanggal 19 Desember. Perilisan album mereka yang berjudul "Anarchy" kemudian ditunda.
  • Pada tanggal 8 Februari 2017, Rina Matsuno meninggal secara mendadak karena penyakit lethal arrhythmia. Sehari sebelumnya ia batal untuk tampil pada konser disebabkan oleh kondisi kesehatan yang memburuk. Akan tetapi pada tanggal 8 pagi hari kondisinya menurun drastis. Ia sempat diangkut dengan ambulans, namun dinyatakan telah meninggal pada saat tiba di rumah sakit. Seiring dengan perisitiwa ini, acara-acara mereka kemudian dibatalkan. Acara fans club yang harusnya dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2017 di Pacifico Yokohama dibatalkan.[2] Di lokasi dan tanggal yang sama, acara perpisahan dengan Matsuno diselenggarakan. Acara tersebut didatangi kurang lebih oleh 20.000 orang.[3]
  • Pada tanggal 1 April 2017, bersamaan dengan tahun ajaran baru, profil Rina Matsuno dihapuskan (Akan tetapi, bagi anggota yang hidup, dikarenakan Matsuno tidak menarik diri dari grup, maka Matsuno tidak dianggap "pindah", melainkan "lulus"). Kemudian, mereka memulai aktivitas kembali sebagai grup yang beranggotakan 7 orang.
  • Pada tanggal 31 Agustus 2017, Aika Hirota mengumumkan untuk "pindah" (keluar) pada 3 Januari 2018 bersamaan dengan konser yang akan diadakan di Nippon Budokan.

Pergantian Anggota[sunting | sunting sumber]

Bergabung dengan grup disebut sebagai "masuk", keluar dari grup disebut sebagai "pindah sekolah" (dengan beberapa pengecualian).

  • Dibentuk pada tanggal 4 Agustus 2009. Pada saat terbentuknya, grup ini beranggotakan Kanon, Mizuki, Narumi Uno, Reina Miyazaki, dan Rika Mayama. (5 orang)
  • Pada bulan Oktober 2009, Natsu Anno dan Ayaka Yasumoto masuk. (5+2=7 orang)
  • Pada tanggal 14 Februari 2010 di acara "Star☆Fes vol. 8", diumumkan kepindahan Kanon serta masuknya Hinaki Yano. (7-1+1=7 orang)
  • Pada tanggal 10 April 2010, Aika Hirota masuk. (7+1=8 orang)
  • Pada tanggal 22 Mei 2010, saat "Star☆Fes vol. 10", Mirei Hoshina, Rio Koike, Hirono Suzuki, dan Rina Matsuno masuk. (8+4=12 orang)
  • Pada tanggal 23 November 2010 di acara "Ebi☆Fes". diumumkan bahwa acara "3B Junior no ZERO kara START Mattero Sun Plaza" akan menjadi panggung terakhir Narumi Uno yang akan pindah, dan masuknya Hinata Kashiwagi. (12-1+1=12 orang)
  • Pada tanggal 21 Februari 2011 di blog resmi "Ebichu Koukan Nikki, diumumkan bahwa Hinaki Yano akan pindah dan "Ebi☆Fes" yang akan diadakan pada tanggal 20 Maret akan menjadi panggung terakhirnya. Akan tetapi, disebabkan oleh gempa Tohoku dan peristiwa melelehnya PLTN Fukushima, acara tersebut dibatalkan dan Yano pindah pada tanggal 17 April 2011, di acara "Star☆Fes Vol. 20". (12-1=11 orang)
  • Pada tanggal 7 Juni 2011 di blog resmi "Ebichu Koukan Nikki" diumumkan bahwa Rio Koike pindah sekolah untuk memprioritaskan pendidikannya. (11-1=10 orang)
  • Pada tanggal 19 Juni 2011, pada saat acara di Tokyo, "Tower Records Sensei! 2ki Jishuu desu ka?" diumumkan bahwa Reina Miyazaki ditunjuk sebagai leader generasi pertama.
  • Pada tanggal 4 Desember 2011 di Tokyo, saat acara "Ebichu, Tokyo Gaisen Kouhaku Rakusen!!" diumumkan bahwa Reina Miyazaki akan menjadikan acara pada tanggal 26 Desember 2011 sebagai panggung terakhirnya sebelum pindah sekolah, dan keluar dari dunia hiburan. (10-1=9 orang)

Dengan ini, tidak ada lagi anggota yang ditampuk sebagai leader.

  • Pada tanggal 26 Desember 2013, diumumkan di saluran resmi Ustream mereka bahwa Mizuki, Natsu Anno, dan Hirono Suzuki akan pindah sekolah pada konser tanggal 15 April 2014 di Nippon Budokan.

Dengan pindahnya Mizuki, warna anggota "merah" tidak lagi digunakan, sehingga simbol yang menandakan leader hilang seutuhnya. Maka dari itu, spekulasi kandidat leader didasari dari kekuatan mereka seperti, "Mayama, anggota tertua", "Penanggung jawab untuk sapaan pada saat konser, Hoshina", "Anggota senior penanggung jawab protokol, Yasumoto", dan lain-lain.

  • Pada tanggal 4 Januari 2014 di acara "3Bjunior Live Final "Ore no Fujii" 2014" yang diadakan di Green Dome Maebashi, diumumkan bahwa Kaho Kobayashi dan Riko Nakayama masuk. (9+2=11 orang -3=8 orang)
  • Pada tahun 2016, seluruh anggota sudah menjadi siswi SMA tahun pertama ke atas. Pada tanggal 16 Desember 2016, Mayama berumur 20 tahun dan menjadi siswi SMP berumur 20 tahun yang pertama. Ia menyebut dirinya "Siswi SMP yang boleh minum alkohol". (Tayang pada acara "R no Housoku" tanggal 31 Mei 2017)
  • Pada tanggal 8 Februari 2017, Rina Matsuno meninggal dunia dikarenakan oleh penyakit aritmia. Setelahnya, ia tetap terdaftar sebagai anggota sampai dengan akhir Maret 2017. Bersamaan dengan dimulainya tahun ajaran baru, namanya sebagai anggota menghilang dari situs resmi mereka (lulus/keluar). (8-1=7 orang)

Linimasa[sunting | sunting sumber]

Sampai dengan 1 Mei 2017
  • Diagram dibawah ini berdasarkan dari tingkatan sekolah dan tahun sekolah sesungguhnya (apabila masih pelajar).
S: Sekolah Dasar, C: Sekolah Menengah Pertama, K: Sekolah Menengah Atas, D: Universitas (Contoh: C2= SMP tahun kedua

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Pada saat anggota baru masuk, mereka akan mendapatkan "nomor absen", dan pada saat memperkenalkan diri mereka akan menyebut "Nomor absen 〇, ×× (Nama)". Nomor absen ini beberapa kali diubah, akan tetapi semenjak pindahnya Reina Miyazaki, nomor absen anggota yang pindah menjadi kosong. Selain itu, setiap anggota juga memiliki warna angkatan dan warna anggota. Karena mereka memiliki konsep sekolah, maka warna angkatan lebih dikedepankan. Warna anggota lebih digunakan untuk pernak-pernik, akan tetapi sejak single ke 9 mereka, "Superhero", dengan kostum yang berupa mantel berdasarkan warna anggota, warna anggota mulai digunakan secara resmi.

No. Absensi Nama Penulisan Tanggal Lahir (Umur) Warna Angkatan Warna Asal Catatan
1 (Kosong) Kosong setelah kepindahan Mizuki
2 (Kosong) Kosong setelah kepindahan Reina Miyazaki
3 Rika Mayama 真山りか

(まやま りか)

16 Desember 1996 (umur 27) Biru Ungu Tokyo Anggota sejak awal berdiri, anggota tertua
4 (Kosong) Kosong setelah kepindahan Natsu Anno
5 Ayaka Yasumoto 安本彩花

(やすもと あやか)

27 Juni 1998 (umur 25) Hijau Hijau Tokyo Protokoler generasi kedua
6 Aika Hirota 廣田あいか

(ひろた あいか)

31 Januari 1999 (umur 25) Hijau Hijau Kuning Saitama Pindah pada tanggal 3 Januari 2018
7 Mirei Hoshina 星名美怜

(ほしな みれい)

2 November 1997 (umur 26) Merah Jambu Merah Jambu Kanagawa
8 (Kosong) Kosong setelah kepindahan Hirono Suzuki
9 (Kosong) Kosong setelah kelulusan Rina Matsuno
10 Hinata Kashiwagi 柏木ひなた

(かしわぎ ひなた)

29 Maret 1999 (umur 25) Hijau Jingga Chiba Ketua klub tari generasi kedua
11 Kaho Kobayashi 小林歌穂

(こばやし かほ)

12 Juni 2000 (umur 23) Merah Jambu Kuning Saitama
12 Riko Nakayama 中山莉子

(なかやま りこ)

28 Oktober 2000 (umur 23) Merah Jambu Biru Muda Tokyo
Rata-rata umur: 25 tahun, 125 hari (sampai dengan 18 Oktober 2017)

Mantan Anggota[sunting | sunting sumber]

Nomor absensi tertera merupakan nomor absensi saat pindah/lulus (keluar).

No.

Absensi

Nama Penulisan Tanggal Lahir (Umur) Warna Angkatan Warna Asal Catatan
1 Kanon 奏音

(かのん)

7 Februari 1997

(umur 20)

Tokyo
2 Narumi Uno 宇野愛海

(うの なるみ)

19 Maret 1998

(umur 19)

Tochigi
7 Hinaki Yano 矢野妃菜喜

(やの ひなき)

5 Maret 1997

(umur 20)

Hyogo
10 Rio Koike 小池梨緒

(こいけ りお)

18 Januari 1998

(umur 19)

Tokyo
2 Reina Miyazaki 宮崎れいな

(みやざき れいな)

24 Agustus 1997

(umur 20)

Saitama Leader generasi pertama
1 Mizuki 瑞季

(みずき)

27 Februari 1997

(umur 20)

Biru Merah Kanagawa Ketua klub tari generasi pertama
4 Natsu Anno 杏野なつ

(あんの なつ)

12 Juli 1997

(umur 20)

Merah Jambu Kuning Chiba Protokoler generasi pertama
8 Hirono Suzuki 鈴木裕乃

(すずき ひろの)

24 Maret 1998

(umur 19)

Merah Jambu Biru Muda Tokyo
9 Rina Matsuno 松野莉奈

(まつの りな)

16 Juli 1998 - 8 Februari 2017

(umur 18)

Hijau Biru Tokyo Terdaftar sebagai anggota sampai dengan akhir Maret 2017.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

# Judul Tanggal Rilis Peringkat
Indies (STARDUST DIGITAL)
- Asa no Chime ga Narimashita!

朝のチャイムがなりました!

14 Februari 2010 -
1 Ebizori Diamond!!

えびぞりダイアモンド!!

7 Agustus 2010 -
2 Chime!/Doshaburi Regret

チャイム!/どしゃぶりリグレット

10 Januari 2011 -
3 The Tissue ~Tomaranai Seishun~

ザ・ティッシュ〜とまらない青春〜

27 April 2011 73
4 Oh My Ghost? ~Watashi ga Akuryou ni Nattemo~

オーマイゴースト?〜わたしが悪霊になっても〜

27 Juli 2011 59
5 Motto Hashire!!

もっと走れっ!!

5 Oktober 2011 46
Mayor (DefSTAR Records)
1 Karikeiyaku no Cinderella

仮契約のシンデレラ

5 Mei 2012 7
2 Go! Go! Here We Go! Rock Lee/Otona wa Wakattekurenai

Go! Go! Here We Go! ロック・リー/大人はわかってくれない

29 Agustus 2012 7
3 Ume

16 Januari 2013 3
4 Te o Tsunagou/Kindan no Karma

手をつなごう/禁断のカルマ

5 Juni 2013 5
5 Mikakunin Chuugakusei X

未確認中学生X

20 November 2013 4
6 Butterfly Effect

バタフライエフェクト

4 Juni 2014 3
7 Haitateki!

ハイタテキ!

5 November 2014 3
8 Natsu Daze Johnny
夏だぜジョニー
17 Juni 2015 2
Mayor (SME Records)
9 Superhero

スーパーヒーロー

21 Oktober 2015 3
10 Massugu

まっすぐ

21 September 2016 7

Extended Play[sunting | sunting sumber]

  1. FAMIEN'15 e.p. (5 Agustus 2015)
  2. FAMIEN'16 e.p. (10 Agustus 2016)
  3. FAMIEN'17 e.p. (26 Agustus 2017)

Album[sunting | sunting sumber]

# Judul Tanggal Rilis Peringkat
- Ebichu no Zeppan Best ~Owaranai Seishun~

エビ中の絶盤ベスト〜おわらない青春〜

21 November 2012 19
1 Chunin

中人

24 Juli 2013 7
2 Kinpachi

金八

28 Januari 2015 2
3 Anarchy

穴空

20 April 2016 2
- "Chusotsu" ~Ebichu no Ikeike Best~

「中卒」〜エビ中のイケイケベスト〜

16 November 2016

(2 album rilis bersamaan)

11
"Chukara" ~Ebichu no Wakuwaku Best~

「中辛」〜エビ中のワクワクベスト〜

12
"Chusotsu" "Chukara" ~Ebichu no Complete Best~

「中卒」「中辛」〜エビ中のコンプリートベスト〜

4 Ebicracy

エビクラシー

31 Mei 2017 1
Unit Album
Judul Tanggal Rilis
"Ebichu no Unit Album Seinenkan-ban" 31 Maret 2013
"Ebichu no Unit Album Sun Plaza-ban"
"Ebichu no Unit Album Saitama Super Arena-ban" 8 Desember 2013
"Ebichu no Unit Album Saitama Super Arena 2015-ban" 12 Desember 2015

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

  • "MemorieS ~Bitter Sweer Pineapple~" (24 Agustus 2011)
    • Natsu no Tobira (夏の扉) / Reina Miyazaki, Rika Mayama, Mirei Hoshina, Hinata Kashiwagi from Shiritsu Ebisu Chugaku

Rekaman Video[sunting | sunting sumber]

Konser dan Dokumenter
# Judul Tanggal Rilis
Indies (STARDUST DIGITAL)
1 Shiritsu Ebisu Chugaku 1st One-man LIVE

私立恵比寿中学1stワンマンLIVE

15 Februari 2012
Mayor (DefSTAR Records)
1 DefStar Wars EBISODE1 ~Gakugeikai no Gyakushu~

デフスターウォーズ EBISODE1 〜学芸会の逆襲〜

27 Juni 2012
2 Shiritsu Ebisu Chugaku First Concert "Jyaa Best Ten"

私立恵比寿中学 ファーストコンサート「じゃあ・ベストテン」

21 Nocember 2012
3 Shiritsu Ebisu Chugaku Toshiwasure Daigakugeikai "Ebichu no Jungle Daibouken"

私立恵比寿中学年忘れ大学芸会「エビ中のジャングル大冒険」

13 Maret 2013
4 Shiritsu Ebisu Chugaku "Kuruizaki Ebiroad ~Owarinaki Shinkyuu~"

私立恵比寿中学「狂い咲きエビィーロード 〜終わりなき進級〜」

24 Juli 2013
5 Shiritsu Ebisu Chugaku Spring DefStar Tonden Tour 2013 Document Movie "EVERYTHING POINT"

私立恵比寿中学 スプリングデフスターとんでんツアー2013 ドキュメントムービー「EVERYTHING POINT」

27 September 2013
6 Shiritsu Ebisu Chugaku "Ebichu Natsu no Family Ensoku Ryakushite Famien in Kawaguchiko 2013"

私立恵比寿中学「エビ中 夏のファミリー遠足 略してファミえん in 河口湖2013」

4 Desember 2013
7 Shiritsu Ebisu Chugaku Toshiwasure Daigakugeikai 2013 "Ebichu no Star Conductor"

私立恵比寿中学 年忘れ大学芸会2013「エビ中のスター・コンダクター」

5 Maret 2014
8 Shiritsu Ebisu Chugaku Goudou Shuppatsu Shiki ~Ima, Kimi ga Koko ni Iru~

私立恵比寿中学合同出発式〜今、君がここにいる〜

27 Agustus 2014
9 Shiritsu Ebisu Chugaku Spring Sony Music Label Rookie Tour 2014 Document Movie "EVERYTHING POINT2"

私立恵比寿中学 スプリングソニー・ミュージックレーベルズルーキーツアー2014 ドキュメントムービー「EVERYTHING POINT2」

24 September 2014
10 Shiritsu Ebisu Chugaku "Ebichu Natsu no Family Ensoku Ryakushite Famien in Yamanakako 2014"

私立恵比寿中学「エビ中 夏のファミリー遠足 略してファミえん in 山中湖 2014」

17 Desember 2014
11 Shiritsu Ebisu Chugaku Touzai Daigakugeikai 2014 "Ebichu no Omocha Big Garage"

私立恵比寿中学 東西大学芸会2014「エビ中のおもちゃビッグガレージ」

8 April 2015
Mayor (SME Records)
12 Shiritsu Ebisu Chugaku "Ebichu Natsu no Family Ensoku Ryakushite Famien in Nagaoka 2015"

私立恵比寿中学 「エビ中 夏のファミリー遠足 略してファミえん in 長岡2015」

9 Desember 2015
13 Shiritsu Ebisu Chugaku Tobidase Zenjuu Hall Tour 2015 Document Movie "EVERYTHING POINT3"

私立恵比寿中学 飛び出せ全十ホールツアー2015 ドキュメントムービー「EVERYTHING POINT3」

9 Desember 2015
14 Shiritsu Ebisu Chugaku Toshiwasure Daigakugeikai 2015 "Ebichu no All Attrac Star"

私立恵比寿中学 年忘れ大学芸会2015「エビ中のオールアトラクスター」

20 April 2016
15 Shiritsu Ebisu Chugaku "Ebichu Natsu no Family Ensoku Ryakushite Famien in Fujikyu 2016"

私立恵比寿中学 エビ中夏のファミリー遠足略してファミえんin 富士急2016

21 Desember 2016
16 Shiritsu Ebisu Chugaku "EVERYTHING POINT4"

私立恵比寿中学 「EVERYTHING POINT4」

21 Desember 2016
17 Shiritsu Ebisu Chugaku Christmas Daigakugeikai 2016 "Ebichu no Ocean's Guide"

私立恵比寿中学 クリスマス大学芸会2016「エビ中のオーシャンズガイド」

19 April 2017
Kompilasi
# Judul Tanggal Rilis
1 Best Hit EBC

ベストヒットEBC

17 Juni 2015

Single Digital "5572320"[sunting | sunting sumber]

  1. Hanseiki Yuutousei (半世紀優等生) (25 Maret 2015, Defstar Records)
  2. Ponpara Pekoruna Papiyotta (ポンパラ ペコルナ パピヨッタ)(5 Oktober 2015, SME Records)

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "私立恵比寿中学オフィシャルサイト|生徒名簿". shiritsuebichu.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2017-10-25. 
  2. ^ "エビ中、松野さん急死受けファンクラブ公演中止 2・25「送る会」実施へ". ORICON NEWS (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2017-10-25. 
  3. ^ INC., SANKEI DIGITAL (2017-02-26). "【18歳アイドル急死】エビ中・松野莉奈さんを送る会に2万人 メンバー涙こらえ気丈に振る舞う". 産経ニュース (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2017-10-25.