Sifat Shalat Nabi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Shifat Shalat Nabi)


Karakteristik Salat Nabi ﷺ
Berkas:SifatSalatNabi.jpg
Sampul depan buku terjemahan.
PengarangMuhammad Nashiruddin al-Albani
NegaraYordania
BahasaBahasa Arab, dll
SubjekSalat, Fikih
Didahului olehAsl Shifat Shalat Nabi 
Diikuti olehTalkish Shifat Shalat Nabi 

Sifat Shalat Nabi (Arab: صفة صلاة النبي من التكبير إلى التسليم كأنك تراها) adalah buku panduan salat yang disusun oleh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Buku ini menjelaskan tentang tatacara salat yang dilakukan Nabi ﷺ dari mulai takbir hingga salam, dengan menyinggung beberapa perkara yang menjadi perbedaan pendapat di dalam mazhab fikih. Disebutkan juga bacaan, wirid dan zikir-zikir di dalam dan setelah salat, mencakup salat-salat wajib maupun salat-salat sunnah. Penyusunan buku ini didasarkan pada hadits nabi: ”Salatlah sebagaimana kalian melihat aku (rasulullah ﷺ) melakukan salat”.

Versi[sunting | sunting sumber]

Buku ini terdapat dalam tiga versi yaitu:

  • Asl Shifat Shalat Nabi; yakni kitab induk dari Sifat Salat Nabi yang terdiri dari tiga jilid tebal yang memuat pembahasan hadits yang lebih mendalam.
  • Shifat Shalat Nabi; versi kitab yang paling populer, banyak tersedia, dan diterjemahkan di dunia. Berupa satu jilid ukuran menengah.
  • Talkish Shifat Shalat Nabi; yakni ringkasan dan intisari dari buku Shifat Shalat Nabi, bersifat aplikatif dan ringkas, umumnya dicetak dalam bentuk buku saku.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]