Shakila

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shakila
Informasi latar belakang
Lahir1 Mei 1971 (umur 52)
Ternate, Indonesia
AsalTernate, Indonesia
Genrepop, R&B, jazz
PekerjaanPenyanyi

Meiske Shakila Serhalawan (lahir 1 Mei 1971) adalah penyanyi Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Penyanyi kelahiran Ternate, 1 Mei 1971 ini bernama Meiske. Shakila Serhalawan atau lebih dikenal dengan Shakila. Dunia nyanyi ia tekuni sejak umur enam tahun, saat menjadi tim inti paduan suara di gereja. Bersama enam saudaranya yang lain, Shakila dididik secara keras oleh sang ayah. Pagi dan sore adalah kegiatan wajibnya untuk menyanyi. Kalau salah menyanyi, Shakila pasti kena marah dan pernah digampar oleh ayahnya. Dibantu juga oleh didikan ketat dari penyanyi senior Bob Tutupoly tatanan vokal maupun performance Shakila menjadi terasah dengan baik. Sebelum menjadi penyanyi, Shakila sebenarnya ingin menjadi pendeta. Cita - cita ini timbul karena ia sering mendengarkan ceramah dan senang sekolah minggu.

Karena beban hidup semakin berat, ia pun menerima tawaran menyanyi di restoran di kawasan Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. Teman dan juga keluarganya menyarankan agar ia mengikuti kompetisi menyanyi di Asia Bagus. Tahun 1994 ia mencoba untuk mengikutinya dan ternyata menang dan mendapat juara mingguan dan bulanan, sampai babak final di Jepang. Kemudian pada tahun 1997 ia dihubungi oleh Chris Pattikawa yang memintanya untuk menyanyi di festival Rumania dan Turki. Shakila berhasil menjadi The Best Champion, Grand Prize The Golden Stag (1997) di Rumania dan Grand Prize Cesme International Song Festival (1997) di Turki. Tahun 1998 ia meraih kesuksesan dengan merebut penghargaan bergengsi Special Award untuk Asian Song Festival di Filipina. Namanya kembali mencuat di dunia tarik suara setelah menyanyikan lagu Lukisan Pagi di album solo Tohpati, lagu ini berhasil menduduki tangga pertama. Shakila juga pernah menjadi bintang tamu pada konser David Benoit (pianis jazz asal Amerika) yang diselenggarakan di enam kota sekaligus.

Pada bulan September 1999, Shakila merintis karier sebagai penyanyi profesional melalui debut albumnya yang berjudul namanya sendiri Shakila. Dengan didukung oleh sederet musisi, antara lain: Aminoto Kosin selaku aranjer, Anang, Melly Goeslaw, Pongky dan banyak lagi.

Saat ini Shakila berdomisili di Istanbul, Turki. Pada tahun 2012 ia meluncurkan album internasional perdananya, bertajuk I Still Choose You.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Sebagai artis utama[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Album
1999 "Katakan" Shakila
"Takkan Hilang"
2011 "Asmara" I Still Choose You
"I Still Choose You"

Sebagai artis utama[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Album
1993 "Lukisan Pagi" (Tohpati bersama Shakila) Lukisan Pagi

Video musik[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Sutradara
1993 "Lukisan Pagi" -
1999 "Takkan Hilang" -

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • The Best Champion, Grand Prize The Golden Stag (1997) di Rumania
  • Grand Prize Cesme International Song Festival (1997) di Turki
  • Special Award Asian Song Festival di Filipina (1998)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]