Shah tua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


shah tua merupakan raja dari buku Shahnameh karangan Hakīm Abol-Qāsem Ferdowsī Tūsīpenyair dari persia yang hidup pada 935-1020 Masehi.

Kaiumers yang pertama kali duduk di singgasana persia yang sudah menguasai dunia. dia tinggal di pegunungan dan dia berpakaian kulit harimau dan dari dia melompat semua ramah memelihara dan seni pakaian, sampai kemudian tidak diketahui.Pria dan binatang dari seluruh penjuru bumi datang hormat kepada dia dan menerima hukum di tangannya,dan kemuliaan-Nya seperti matahari.Ahriman seorang penjahat,ketika ia melihat bagaimana kehormatan Shah meningkat,ia iri dan berusaha untuk merebut mahkota. dia memerintahkan anaknya deev seorang yang perkasa mengumpulkan tentara untuk pergi keluar melawan Kaiumers and his beloved son Saiamuk and destroy them utterly.

Sekarang Serosch, malaikat yang membela orang dari jerat dari Deevs, dan yang setiap malam flieth tujuh kali mengelilingi bumi bahwa ia mungkin mengawasi anak-anak Ormuzd, ketika ia mengetahui hal ini, muncul seumpama Peri dan memperingatkan Kaiumers . Jadi ketika Saiamuk ditetapkan di kepala prajurit untuk bertemu tentara Ahriman, ia tahu bahwa ia bersaing melawan Deev, dan ia mengulurkan semua kekuatannya . Tapi Deev adalah lebih kuat dari dia, dan mengalahkan dia, dan dia hancur di bawah tangannya .

Ketika Kaiumers mendengar berita duka, ia membungkuk ke tanah . Selama setahun menangis tanpa henti dengan pasukannya, bahkan binatang-binatang buas dan burung-burung di udara tergabung dalam ratapan . Dan duka memerintah di negeri itu, dan seluruh dunia digelapkan sampai Serosch mengucapkan Shah mengangkat kepalanya dan berpikir tentang balas dendam . Dan Kaiumers taat, dan memerintahkan Husheng, anak Saiamuk, " Ambil memimpin tentara, dan maju ke Deevs . " Dan Raja, dengan alasan usia yang besar, pergi di bagian belakang . Sekarang ada di host Peris, juga harimau, singa, serigala, dan makhluk sengit lainnya, dan ketika Deev hitam mendengar menderu mereka ia gemetar karena sangat takut . Ia tidak bisa menahan diri terhadap mereka, dan Husheng diarahkan dia benar-benar . Kemudian ketika Kaiumers melihat bahwa anaknya baik - tercinta membalas dendam ia membaringkannya untuk mati, dan dunia adalah kekosongan dari dia, dan Husheng menjadi raja menggantikan dia .

Sekarang Husheng adalah seorang yang bijaksana dan adil, dan langit berputar atas tahta empat puluh tahun itu . Keadilan dia tersebar di tanah, dan dunia lebih baik bagi pemerintahannya . Karena ia pertama kali memberi kepada manusia api, dan menunjukkan mereka cara menggambar itu dari luar batu, dan dia mengajari mereka bagaimana mereka bisa memimpin sungai, bahwa mereka harus air tanah dan membuatnya subur, dan ia memerintahkan mereka sampai dan menuai . Dan dia membagi binatang dan dipasangkan mereka dan memberi mereka nama . Dan ketika ia melewati kehidupan yang cerah ia meninggalkan dunia kosong dari tahta kekuasaan . Tapi Tahumers, anaknya, tidak layak Sire nya . Dia juga membuka mata pria, dan mereka belajar untuk berputar dan menenun, dan ia memerintah atas tanah yang lama dan mati-matian . Tapi dia juga adalah Deevs benar iri, dan berusaha untuk menghancurkannya . Namun Tahumers mengalahkan mereka dan melemparkannya ke atas bumi . Kemudian beberapa mendambakan rahmat di tangannya, dan bersumpah bagaimana mereka akan menunjukkan kepadanya sebuah seni jika ia akan mengampuni mereka, dan Tahumers mendengarkan suara mereka . Dan mereka mengajarinya seni menulis, dan dengan demikian dari Deevs jahat datang anugerah atas umat manusia .

Demikianlah juga ketika Tahumers duduk di atas takhta emas untuk kurun waktu tiga puluh tahun ia meninggal, namun karya-karyanya bertahan, dan Jamshid, anak -Nya yang mulia, yang hatinya penuh dengan nasihat ayahnya, datang setelah dia . Sekarang Jamshid memerintah atas tanah tujuh ratus tahun diwarnai dengan kekuatan, dan Deevs, burung, dan Peris mematuhinya . Dan dunia itu bahagia demi Dia, dan dia juga senang, dan kematian tidak dikenal di antara manusia, mereka juga tidak wot sakit atau kesedihan . Dan ia pertama kali dibagi- orang ke dalam kelas, imam, prajurit, artificers, dan husbandmen dia nama mereka . Dan tahun ini juga ia dibagi menjadi periode . Dan dengan bantuan dari Deevs ia mengangkat mujizat, dan Persepolis ini dibangun oleh dia, yang sampai hari ini disebut Tukht - e - Jemsheed, yang ditafsirkan mulanya tahta Jamshid . Kemudian, ketika hal-hal ini dilakukan, orang-orang berbondong-bondong dari segala penjuru bumi sekitar tahta untuk melakukan dia beraliran dan tuangkan hadiah sebelum wajahnya . Dan Jamshid menyiapkan pesta, dan meminta mereka tetap, dan menyebutnya Neurouz, yang merupakan New Day, dan orang-orang dari Persia menyimpannya untuk saat ini. Dan kekuasaan Jamshid meningkat, dan dunia adalah damai, dan laki-laki beheld dalam dirinya sia-sia tetapi apa yang baik .

Kemudian muncul bahwa jantung Jamshid terangkat dalam kesombongan, dan ia lupa dari mana datang kesejahteraan dan sumber berkat-Nya . Ia melihat hanya dirinya sendiri di atas bumi, dan ia menyebut dirinya Tuhan, dan memancarkan gambar-Nya untuk disembah . Tetapi ketika ia berbicara demikian, Mubids, yang astrolog dan orang-orang bijak, tergantung kepala mereka dalam kesedihan, dan tidak ada seorangpun yang tahu bagaimana ia harus menjawab Shah . Dan Allah menarik tangannya dari Jamshid, dan raja-raja dan para bangsawan bangkit melawan dia, dan dihapus prajurit mereka dari istananya, dan Ahriman memiliki kekuasaan atas tanah .

Sekarang ada berdiam di padang pasir Arabia seorang raja bernama Mirtas, murah hati dan adil, dan ia memiliki seorang putra, Zohak, yang ia cintai . Dan terjadilah bahwa Ahriman mengunjungi istana menyamar sebagai mulia, dan tergoda Zohak bahwa ia harus berangkat dari jalur kebajikan . Dan dia berbicara kepada dia dan berkata -

" Jika engkau mendengarkan saya, dan masuk ke dalam perjanjian, saya akan mengangkat kepala -Mu di atas matahari . "

Sekarang pemuda itu jujur dan sederhana hati, dan ia bersumpah kepada Deev bahwa ia akan mematuhinya dalam segala hal . Kemudian Ahriman menyuruhnya membunuh ayahnya, " untuk orang tua ini, " katanya, " cumbereth tanah, dan sementara itu hidup engkau tetap tidak diketahui . " Ketika Zohak mendengar hal itu penuh dengan kesedihan, dan akan melanggar janji, tetapi Ahriman menderita dia tidak, tetapi membuatnya menetapkan perangkap bagi Mirtas . Dan Zohak dan Ahriman jahat mengadakan perdamaian mereka dan Mirtas jatuh ke perangkap dan terbunuh . Kemudian Zohak menempatkan mahkota Thasis atas kepalanya, dan Ahriman mengajarinya seni sihir, dan ia memerintah atas umat-Nya dalam kebaikan dan kejahatan, karena ia belum sepenuhnya menyerah untuk tipu muslihat .

Kemudian Ahriman membayangkan perangkat dalam hati hitamnya . Dia mengambil pada dirinya sendiri berupa pemuda, dan mendambakan bahwa ia mungkin melayani Raja sebagai juru masak . Dan Zohak, yang mengenalnya tidak, diterima dengan baik dan mengabulkan permintaannya, dan kunci dari dapur yang diberikan kepadanya . Laki-laki sekarang sampai sekarang telah dipelihara dengan bumbu, tetapi Ahriman menyiapkan daging untuk Zohak . Masakan baru ia menempatkan di hadapannya, dan mendukung kerajaan itu diberikan kepada daging gurih nya . Dan daging memberi Raja keberanian dan kekuatan seperti itu singa, dan ia memerintahkan bahwa juru masak harus dibawa ke hadapannya dan meminta anugerah di tangannya . Dan juru masak mengatakan -

" Jika Raja mengambil kesenangan dalam hamba-Nya, mengakui bahwa ia mungkin mencium bahunya . "

Sekarang Zohak, yang takut tidak ada kejahatan, mengabulkan permintaan, dan Ahriman mencium bahunya . Dan ketika dia melakukannya, tanah terbuka di bawah kakinya dan menutupi juru masak, sehingga semua orang yang hadir kagum pd waktu itu . Tapi dari ciumannya melompat mendesis ular, berbisa dan hitam, dan Raja takut, dan diinginkan bahwa mereka harus dipotong dari akar . Tapi sesering ular ditebang apakah mereka tumbuh lagi, dan sia-sia orang-orang bijak dan dokter dilemparkan sekitar untuk obat . Kemudian Ahriman datang sekali lagi menyamar sebagai seorang terpelajar, dan dipimpin sebelum Zohak, dan ia berbicara, mengatakan -

" Ini sakit tidak bisa disembuhkan, tidak bisa ular tumbang . Siapkan makanan untuk mereka, karena itu, bahwa mereka dapat diberi makan, dan memberi kepada mereka untuk makanan otak laki-laki, untuk barangkali hal ini dapat menghancurkan mereka . "

Tapi dalam hati rahasianya Ahriman diinginkan bahwa dunia mungkin demikian dapat dibuat sunyi sepi, dan sehari-hari yang ular makan, dan takut Raja besar di negeri itu . Dunia layu budak nya, kebiasaan orang baik terlupakan, dan keinginan orang fasik telah dicapai .

Sekarang sudah terkenal di Iran yang di tanah Thasis ada memerintah seorang pria yang perkasa dan mengerikan untuk musuhnya . Kemudian raja dan bangsawan yang telah ditarik dari Jamshid karena ia telah memberontak melawan Allah, berpaling kepada Zohak dan meminta dia bahwa dia akan menjadi pemimpin mereka, dan mereka memproklamirkan dirinya Shah . Dan tentara Arab dan Persia berbaris melawan Jamshid, dan dia melarikan diri sebelum wajah mereka . Untuk ruang dua kali lima puluh tahun tidak ada seorangpun yang tahu ke mana ia pergi, karena ia menyembunyikan dari murka Ular -King . Namun dalam kegenapan waktu ia tidak bisa lagi melarikan diri dari kemarahan Zohak, yang pelayan ditemukan saat dia berjalan di laut - pantai Cathay, dan mereka menggergaji dia di twain, dan mengirim kabar tersebut kepada junjungan mereka . Dan dengan demikian tewas tahta dan kekuatan Jamshid seperti kepada rumput yang melayukan, karena ia tumbuh bangga, dan akan mengangkat dirinya di atas Penciptanya .

Jadi kekasih Ahriman, Zohak Serpent, duduk di atas takhta Iran, kerajaan of Light . Dan dia terus menumpuk jahat atas kejahatan sampai ukuran daripadanya penuh sesak, dan seluruh tanah berteriak melawan dia . Tapi Zohak dan penasihatnya, yang Deevs, menutup telinga sampai menangis ini, dan Shah memerintah sehingga untuk kurun waktu seribu tahun, dan wakil menguntit di siang hari, tetapi kebajikan tersembunyi . Dan putus asa diisi segenap hati, untuk itu seolah-olah umat manusia harus binasa masih selera mereka ular muncul dari Evil, untuk sehari-hari dua orang disembelih untuk memenuhi keinginan mereka . Tidak memiliki Zohak kasihanilah siapa pun . Dan kegelapan itu tersebar di tanah karena kejahatannya .

Tapi Ormuzd melihatnya dan tergerak oleh belas kasihan bagi umat-Nya, dan dia menyatakan mereka seharusnya tidak lagi menderita karena dosa Jamshid . Dan ia menyebabkan cucu yang akan lahir Jamshid, dan orangtuanya memanggilnya Feridoun .

Sekarang menimpa bahwa ketika ia lahir, Zohak bermimpi ia melihat seorang pemuda ramping seperti untuk cemara, dan dia datang ke arahnya bantalan gada sapi berkepala, dan dengan itu ia memukul Zohak ke tanah . Kemudian sang tiran terbangun dan gemetar, dan menyerukan Mubids nya, bahwa mereka harus menafsirkan kepadanya mimpi ini . Dan mereka terganggu, karena mereka meramalkan bahaya, dan dia mengancam mereka jika mereka meramalkan dia jahat . Dan mereka diam karena takut tiga hari, tetapi pada yang keempat yang memiliki keberanian berbicara dan berkata -

" Akan muncul satu bernama Feridoun, yang akan mewarisi takhta -Mu dan membalikkan nasib -Mu, dan menyerang engkau turun dengan gada sapi berkepala . "

Ketika Zohak mendengar kata-kata ini ia pingsan, dan Mubids melarikan diri sebelum murka-Nya . Tapi ketika ia telah pulih ia mengucapkan dunia akan digosok untuk Feridoun . Dan selanjutnya Zohak dikonsumsi untuk kepahitan semangat, dan ia tahu tidak istirahat atau sukacita .

Sekarang muncul bahwa ibu Feridoun takut kalau-kalau Shah harus menghancurkan anak jika ia mengetahui bahwa ia muncul dari ras Jamshid itu . Jadi dia menyembunyikannya di hutan lebat di mana berdiam sapi menakjubkan Purmaieh, yang rambut itu seperti kepada bulu dari burung merak untuk kecantikan . Dan dia berdoa wali dari Purmaieh memiliki perawatan anaknya, dan selama tiga tahun ia dibesarkan di hutan, dan Purmaieh adalah perawatnya . Tapi ketika waktu itu dilakukan sang ibu tahu bahwa berita Purmaieh telah sampai ke telinga Zohak, dan dia takut dia akan menemukan anaknya . Oleh karena itu ia membawanya jauh ke Ind, untuk seorang pertapa saleh yang tinggal di Bukit Alberz . Dan dia berdoa pertapa untuk menjaga anaknya, yang ditakdirkan untuk perbuatan perkasa . Dan pertapa diberikan permintaannya . Dan itu menimpa bahwa sementara ia singgah bersamanya Zohak telah menemukan cantik Purmaieh dan belajar dari Feridoun, dan ketika ia mendengar bahwa anak itu melarikan diri ia seperti kepada gajah gila dalam kemarahannya . Dia membunuh sapi yang menakjubkan dan semua makhluk hidup di sekitarnya, dan membuat hutan gurun . Lalu ia melanjutkan pencariannya, tetapi tidak kabar atau sight bisa ia dapatkan dari Feridoun, dan hatinya dipenuhi dengan penderitaan .

Pada tahun ini Zohak menyebabkan pasukannya diperkuat, dan ia menuntut umat-Nya bahwa mereka harus menyatakan bahwa ia pernah ke mereka seorang raja yang adil dan mulia . Dan mereka mematuhi untuk sangat takut . Tetapi sementara mereka bersumpah ada muncul tanpa pintu Shah teriakan orang yang menuntut keadilan . Dan Zohak memerintahkan bahwa dia harus dibawa, dan pria itu berdiri di hadapan majelis para bangsawan .

Kemudian Zohak membuka mulutnya dan berkata, " saya jawab engkau memberi nama kepadanya siapakah yang dilakukan kamu salah. "

Dan manusia, ketika ia melihat itu adalah Shah yang menanyai dia, memukul kepalanya dengan tangannya . Tapi dia menjawab dan berkata -

" Saya Kaweh, seorang pandai besi dan seorang pria tidak bersalah, dan saya menuntut keadilan, dan itu adalah melawan engkau, O Raja, bahwa aku berteriak . Seventeen anak fair Kupanggil tambang, namun hanya satu yang masih sisa bagi saya, untuk itu ia saudara-saudara yang dibunuh masih kelaparan ular -Mu, dan sekarang mereka telah diambil dari saya anak terakhir ini juga . kiranya aku menghindarkannya kepadaku, atau tumpukan kekejaman Mu atas bantalan masa lalu tanah . "

Dan Shah takut murka Kaweh itu, amati bahwa itu besar, dan ia diberikan kepadanya kehidupan anaknya dan berusaha untuk memenangkan dia dengan kata-kata lembut . Kemudian dia berdoa kepadanya bahwa ia juga akan menandatangani kesaksian bahwa Zohak adalah raja yang adil dan mulia .

Tapi Kaweh menangis, " Tidak begitu, engkau jahat dan tercela pria, sekutu Deevs, saya tidak akan mengulurkan tangan saya kepada kebohongan ini, " dan ia merebut deklarasi dan merobeknya menjadi fragmen dan tersebar mereka ke udara . Dan ketika dia melakukannya dia melangkah keluar dari istana, dan semua para bangsawan dan orang-orang takjub, sehingga tidak ada yang berani mengangkat jari untuk menahannya . Kemudian Kaweh pergi ke tempat-pasar dan berhubungan dengan orang-orang yang yang telah dilihatnya, dan ingat kepada mereka perbuatan jahat Zohak dan kesalahan mereka telah menderita di tangannya . Dan dia memprovokasi mereka untuk menyingkirkan kuk Ahriman . Dan melepas apron dr kulit yangtelah pandai besi menutupi lutut mereka ketika mereka menyerang dengan palu, ia mengangkat tinggi-tinggi pada titik tombak dan menangis -

" Jadilah ini banner kami untuk berbaris maju dan mencari Feridoun dan membujuknya bahwa ia membebaskan kita dari luar tangan Ular - Raja . "

Kemudian orang-orang mendirikan suara sorak-sorai dan mengumpulkan mereka bulat Kaweh, dan ia memimpin mereka keluar dari kota bantalan tinggi-tinggi standarnya . Dan mereka berbaris dengan demikian selama beberapa hari kepada istana Feridoun .

Sekarang hal-hal ini muncul di tanah Iran setelah dua kali delapan tahun yang melewati kepala Feridoun . Dan ketika saat itu tercapai, ia turun dari Gunung Alberz dan mencari ibunya, mempertanyakan nya garis keturunannya . Dan dia mengatakan kepadanya bagaimana ia muncul dari ras Jamshid, dan juga Zohak dan kejahatannya .

Maka kata Feridoun, " Aku akan mencabut rakasa ini dari bumi, dan istananya akan saya meratakan ke debu. "

Tapi berbicara ibunya, dan berkata, " Tidak begitu, anakku, membiarkan kemarahan muda tidak mengkhianati Mu Engkau, ? Bagaimana engkau berani melawan seluruh dunia "

Namun tidak lama dia menderita tugas yang sulit untuk menghalangi dia, untuk segera kerumunan perkasa datang ke arah istana yang dipimpin oleh orang yang telanjang celemek terangkat setelah tombak . Kemudian Feridoun tahu bahwa pertolongan itu datang kepada-Nya . Dan ketika ia mendengarkan Kaweh, ia datang ke hadirat ibunya dengan helm raja-raja di atas kepalanya, dan ia berkata kepadanya -

" Ibu, aku pergi ke perang, dan itu terserahlah engkau berdoa Tuhan untuk keselamatan saya . "

Lalu ia menyebabkan klub besar untuk dibuat untuknya, dan ia menelusuri pola daripadanya di tanah, dan dari padanya atas adalah kepala sapi, untuk mengenang Purmaieh, perawatnya . Lalu ia cased standar Kaweh dalam brokat kaya Roum, dan menggantung perhiasan atasnya . Dan ketika semua dibuat siap, mereka ditetapkan terhadap Barat untuk mencari Zohak, untuk, mereka tidak tahu bahwa ia pergi ke ind mencari Feridoun . Sekarang ketika mereka datang ke Bagdad, yang pada tepi Tigris, mereka berhenti, dan Feridoun memerintahkan penjaga banjir menyampaikan mereka ke seberang . Tapi ini menolak, mengatakan, Raja memerintahkan bahwa tidak ada harus lulus menyimpan hanya mereka yang menanggung stempel kerajaan . Ketika Feridoun mendengar kata-kata ini dia marah, dan ia menganggap bukan sungai yang deras maupun bahaya tersembunyi di dalam banjir tersebut . Dia disandang pinggang dan jatuh dengan kudanya ke dalam air, dan semua tentara mengikutinya . Sekarang mereka berjuang sakit dengan deras, dan tampaknya seolah-olah gelombang akan menanggung mereka. Tapi kuda berani mereka mengatasi semua bahaya, dan mereka melangkah dengan aman pada pantai . Kemudian mereka berbalik wajah mereka menuju kota yang sekarang disebut Yerusalem, karena di sini berdiri rumah mulia yang telah dibangun Zohak . Dan ketika mereka telah memasuki kota semua orang berunjuk rasa bulat Feridoun, karena mereka membenci Zohak dan tampak Feridoun untuk membebaskan mereka . Dan dia telah membunuh manusia Deevs yang diselenggarakan istana, dan dilemparkan ke bawah jimat jahat yang terukir pada dinding . Kemudian dia naik takhta penyembah berhala dan ditempatkan mahkota Iran atas kepalanya, dan semua orang membungkuk di hadapannya dan memanggilnya Shah .

Sekarang ketika Zohak kembali dari pencariannya setelah Feridoun dan mengetahui bahwa ia duduk di atas takhta-Nya, ia mencakup kota dengan tuan rumahnya . Tetapi tentara Feridoun berbaris melawan dia, dan keinginan orang-orang pergi dengan mereka . Dan semua itu hari batu bata jatuh dari dinding dan batu-batu dari teras, dan hujan panah dan tombak seperti untuk salam jatuh dari awan gelap, sampai Feridoun telah mengatasi kekuatan dari Zohak . Kemudian Feridoun mengangkat nya gada sapi berkepala membunuh Ular -King . Tapi diberkati Serosch menukik turun, dan menangis -

" Tidak begitu, tidak menyerang, selama satu jam Zohak itu belum tiba . " Kemudian Serosch mengucapkan Shah mengikat perampas dan membawanya jauh dari menghantui pria, dan ada kencangkan dia untuk batu . Dan Feridoun melakukan seperti yang diperintahkan, dan sebagainya menyebabkan Zohak ke Gunung Demawend . Dan dia terikat untuk batu dengan rantai perkasa dan paku didorong ke tangannya, dan membiarkannya binasa dalam penderitaan . Dan panas matahari bersinar ke atas tebing tandus, dan ada tidak pohon atau semak untuk melindungi dia, dan rantai masuk ke dalam dagingnya, dan lidahnya dikonsumsi dengan haus . Jadi setelah beberapa saat bumi disampaikan dari Zohak si jahat, dan Feridoun menjadi raja menggantikan dia

referensi[sunting | sunting sumber]

shah of old