Seven (album)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Seven
Album studio karya Tipe-X
Dirilis3 Juli 2012
GenreSka
LabelOff the Records
ProduserBenjamin Renhat
Kronologi Tipe-X
Festival Perasaan (2009)String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found Seven
(2012)

Seven atau Tujuh merupakan album ketujuh dari Tipe-X. Dipilihnya kata SEVEN menjadi nama album karena memiliki makna angka keberuntungan. Selain itu format video klip band Tipe-X kali ini direkayasa dan dibuat dengan tampilan ala boyband.[1] Album ini merupakan combine dari beberapa aliran musik seperti dangdut, rock dan reggae.[2]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Album Seven adalah album kebangkitan dari vakumnya Tipe-X di dunia hiburan. Tipe-X hadir kembali di bawah manajemen dan label baru Offbeat Music Records milik Benjamin Renhat (kini dikenal dengan nama Bahaya Records). Lagu andalan di album ini adalah Boyband dan membuat Tipe-X kala itu mengalami metamorfosis penampilan.

Mereka tidak lagi selalu berpakaian hitam atau gelap. Mereka tampil dengan baju seragam dengan warna pink, hijau hingga warna biru. Tipe-X juga masih tampil dengan mengenakan baju pantai. Perubahan gaya dan penampilan juga terjadi pada para personil Tipe-X. Yoss (gitar) tampil dengan topi fedora, Anto (trombone) dengan rambut mohawk dan Micky (bass) dengan rambut jabrik, lancip dan berduri yang mirip buah Durian.

Di album ini, Arie Hardjo masuk sebagai drummer baru Tipe-X. Arie sudah bergabung dengan Tipe-X sejak tahun 2008, meski posisinya masih menjadi additional drummer. Arie menggantikan drummer sebelumnya yaitu Aditya Pratama alias Adi (sekarang drummer ADA Band) yang sudah hengkang dari Tipe-X sejak tahun 2008. Selain itu, Andi Toha (saksofon) memilih mengundurkan diri pada album ini. Andi mundur pada tahun 2011. Launching album ini dipersembahkan khusus untuk X-Friends dengan menggelar X-Friends Day.

Lagu-lagu dalam album ini banyak mengusung tema kekinian. Selain sindiran untuk "boyband" yang saat itu tengah happening, juga ada lagu Jantungku, Aku Cukup Senang yang merupakan lagu ciptaan Tresno Riadi (vokal) untuk Dian Kemala Rizki (Istrinya Tresno), Reuni, Pesta, Indonesia Juara, Cinta Jauh, Happy Birthday, Jangan Omong Sembarang dan Gak Terang Terang, sebuah lagu yang diciptakan Tresno karena terinspirasi dari curhatan Bucek, anak basecamp, crew dan asisten di markas Tipe-X. Pada tahun 2023, grup vokal SM*SH bersama dengan M.E. Voices mendaur ulang lagu "Boyband" dengan nuansa musik electronic.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

# Judul Lagu Durasi
01 Jantungku 02:46
02 Boyband 03:50
03 Pesta 04:18
04 Aku Cukup Senang 03:02
05 Gak Terang-terang 03:04
06 Indonesia Juara 03:11
07 Cinta Jauh 03:42
08 Jangan Omong Sembarangan 03:36
09 Happy Birthday 03:12
10 Reuni 04:29

Anggota[sunting | sunting sumber]

Musisi Tambahan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Album baru ala Boyband
  2. ^ album Seven

Pranala luar[sunting | sunting sumber]