Mereka Tak Pernah Mengerti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mereka Tak Pernah Mengerti
Album studio karya Tipe-X
Dirilis15 Mei 2001
DirekamFebruari-April 2001
GenreSka, Rock & Dangdut
LabelAquarius Musikindo
ProduserTipe-X & M.S. Aji
Kronologi Tipe-X
SKA Phobia (1999)String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found Mereka Tak Pernah Mengerti
(2001)
Super Surprise (2003)String Module Error: Match not foundString Module Error: Match not found

Mereka Tak Pernah Mengerti adalah album kedua dari Tipe-X, dirilis pada tahun 2001 dan diterbitkan oleh Aquarius Musikindo.

Album kedua ini adalah hasil kerja dalam pengasingan selama 3 bulan. Lagu Salam Rindu, Sakit Hati dan Selamat Jalan menjadi lagu hits dalam album kedua ini. Lagu Salam Rindu menjadi single pertama dan meledak, dibuat dengan perdebatan sengit antara kakak-adik, Tresno Riadi (vokal) dan Billy (gitar).

Sakit Hati menjadi single kedua Tipe-X dalam album ini. Dirilis setelah lagu Salam Rindu meraih sukses yang sangat bagus. Lagu ini memiliki unsur musik yaitu Ska, Rock dan juga Dangdut. Suara Tabla yang muncul dalam lagu pembuka album kedua milik Tipe-X ini membuat unsur dangdut dalam lagu ini semakin terasa kental. Lagu ini juga menjadi lagu terbaik Tipe-X sampai saat ini, sama seperti lagu Salam Rindu.

Kesuksesan album ini membuat Tipe-X meraih Triple Platinum lantaran album ini terjual lebih dari 500.000 kopi (3 Platinum).

Album ini menyajikan lagu-lagu baru yang kaya akan suasana hati.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

No. Judul Durasi No. Judul Durasi
01 Sakit Hati 03:45 06 Harus Pisah 03:59
02 Salam Rindu 03:40 07 Keracunan 03:50
03 Lagi-Lagi Sendiri 04:58 08 Sadar Dong!! 03:15
04 Sst ..! 03:55 09 Biar Ngga Penasaran 04:16
05 Indonesia Sayang 04:03 10 Selamat Jalan 04:29

Anggota[sunting | sunting sumber]

Musisi Tambahan
  • Eka - trumpet (pada lagu Salam Rindu dan Sadar Dong)
  • Rizal - tabla (pada lagu Sakit Hati)
  • Iwan - keyboard (pada lagu Salam Rindu)
  • Lucky - tenor saksofon (pada lagu Harus Pisah)

Informasi Mengenai Album Ini[sunting | sunting sumber]

  • Album ini digarap selama 3 bulan (Februari-April) pada tahun 2001 di Jati Waringin, markas yang juga menjadi basecamp dan studio Tipe-X serta saat itu adalah rumahnya Tresno.
  • Selepas album pertama muncul, serangan para haters dapat direspon dengan sangat apik oleh Tresno dalam lagu Sst..! (Sikat Sikat Terus) dan Sadar Dong. Lagu-lagu dalam album kedua ditujukan untuk para pembenci Tipe-X. Album kedua merupakan sindiran untuk para haters yang membenci Tipe-X. Album ini merupakan ekspresi perlawanan Tipe-X kepada para pembenci dan menjadi album terbaik Tipe-X sampai saat ini.
  • Selama proses penggarapan lagu "Salam Rindu", kakak-adik yaitu Tresno (vokal) dan Billy (gitar) sempat berseteru mengenai aransemen lagu ini. Tresno menyukai lagu-lagu cepat. Tresno menginginkan lagu ini dengan beat lebih cepat agar dapat memudahkan ketika sedang bernyanyi di atas panggung dan lebih gampang menghidupkan suasana, sementara Billy lebih menyukai musik yang lebih lambat. Billy sempat kesal dan pernah berniat hengkang dari Tipe-X namun akhirnya tak dilakukan oleh Billy. Setelah berulang kali aransemen, maka versi Billy yang terpilih dan lagu "Salam Rindu" menjadi lagu paling ngetop sepanjang sejarah Tipe-X sampai saat ini. Tresno, sang vokalis sekaligus pencipta lagu sampai sekarang tak pernah tahu pergulatan hati Billy yang sempat ingin keluar, gara-gara mengaransemen lagu "Salam Rindu" yang menjadi lagu paling ngetop sepanjang sejarah Tipe-X.
  • Tresno awalnya ragu dan tidak yakin soal lagu "Salam Rindu" yang dianggap cemen. Namun, setelah para personel Tipe-X memberi respon positif dan 3 personel Tipe-X (Micky, Anto dan Hendro) menyukai lagu "Salam Rindu", maka lagu "Salam Rindu" dimunculkan dalam album kedua dan menjadi lagu yang membawa Tipe-X ke puncak kesuksesan.
  • Single pertama "Salam Rindu" video klipnya dibuat oleh Dimas Djayadiningrat dari rumah produksi Millenium. Selain "Salam Rindu", lalu menyusul single kedua "Sakit Hati" dan single ketiga "Selamat Jalan" yang video klipnya dibuat oleh Eugene Panji.
  • Lagu-lagu Tipe-X di album ini memiliki berbagai macam tema. Ada lagu tentang sosial dalam lagu Selamat Jalan, lagu tentang drugs dalam lagu Keracunan dan lagu nasionalisme dalam lagu Indonesia Sayang. Bahkan aransemen bagian intro lagu Salam Rindu sengaja dibuat semirip mungkin dengan lagu Rambadia yang berasal dari daerah Tapanuli. Sementara itu, lagu Indonesia Sayang, dibuat untuk menyemangati dan memotivasi bangsa Indonesia untuk bangkit dari ketertinggalan.
  • Dalam Anugerah Musik Indonesia 2001, Tipe-X masuk dalam 3 nominasi Bidang Alternatif/Ska. Duo/Grup Terbaik untuk album Mereka Tak Pernah Mengerti, Lagu Terbaik untuk lagu Salam Rindu (cipt. Tresno - Tipe-X) dan Album Terbaik untuk album Mereka Tak Pernah Mengerti (Tipe-X - M.S. Aji & Tipe-X/Pops Musik & Aquarius Musikindo).
  • Terjual hingga 500.000 kopi (3 Platinum).

Referensi[sunting | sunting sumber]