Acara televisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Serial TV)

Acara televisi, program televisi, secara sederhana disebut acara TV, adalah referensi umum untuk konten apa pun yang diproduksi untuk ditonton di televisi yang disiarkan melalui udara, satelit, atau kabel. Hal ini mencakup konten yang dibuat oleh lembaga penyiaran televisi dan konten yang dibuat untuk disiarkan oleh perusahaan produksi film. Ini tidak termasuk berita terkini, iklan, atau cuplikan yang biasanya ditempatkan di antara acara. Acara televisi paling sering dijadwalkan untuk disiarkan jauh sebelumnya dan muncul di panduan elektronik atau daftar TV lainnya, namun layanan streaming sering kali menyediakannya untuk ditonton kapan saja. Konten dalam acara televisi diproduksi dengan salah satu dari dua metodologi produksi: acara yang direkam secara langsung seperti acara variety dan majalah berita yang direkam di panggung studio televisi atau acara olahraga (semua dianggap sebagai produksi linier).

Satu set acara televisi langsung dengan kamera.

Model produksi lainnya mencakup animasi dan berbagai produksi film mulai dari film hingga serial. Acara yang tidak diproduksi di panggung studio televisi biasanya dikontrak atau dilisensikan untuk dibuat oleh perusahaan produksi yang sesuai.

Acara televisi dapat disaksikan secara langsung (secara linear/real time), direkam pada video rumahan, perekam video digital untuk dilihat nanti, dilihat sesuai permintaan melalui dekoder, atau streaming melalui internet. Acara televisi disebut juga program televisi (British English: programme), terutama jika tidak memiliki struktur naratif. Di Amerika Serikat dan Kanada, serial televisi biasanya dirilis dalam episode-episode yang mengikuti narasi dan biasanya dibagi menjadi beberapa musim. Di Inggris, serial televisi adalah rangkaian episode baru tahunan atau setengah tahunan. Berlaku, sebuah "serial" di Inggris, Irlandia dan Australia sama dengan “musim” di Amerika Serikat dan Kanada.

Kumpulan episode dapat disebut "serial terbatas", acara TV spesial, atau miniseri. Sebuah film televisi atau telefilm adalah film yang dibuat untuk disiarkan di televisi.

Format dan genre[sunting | sunting sumber]

Acara televisi lebih bervariasi dibandingkan kebanyakan bentuk media lainnya karena beragamnya format dan genre yang dapat disajikan. Sebuah pertunjukan mungkin bersifat fiksi (seperti dalam komedi dan drama), atau non-fiksi (seperti dalam film dokumenter, berita, dan televisi realitas). Ini mungkin bersifat topikal (seperti dalam kasus siaran berita lokal dan beberapa film yang dibuat untuk televisi), atau historis (seperti halnya banyak film dokumenter dan serial fiksi). Tujuan utamanya bisa bersifat instruksional atau mendidik, atau menghibur seperti halnya dalam komedi situasi dan pertunjukan permainan.

Musim atau seri[sunting | sunting sumber]

Terminologi yang digunakan untuk mendefinisikan serangkaian episode yang diproduksi oleh serial televisi berbeda-beda di setiap negara.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, serial televisi dikenal sebagai sinetron dan untuk kelanjutannya disebut sebagai "musim/season".

Sinetron dan miniseri[sunting | sunting sumber]

  • Sinetron: film yang dibuat secara khusus untuk penayangan di media elektronik, seperti televisi. Biasanya berbentuk serial dengan jumlah episode yang belum diketahui.
  • Miniseri: sebuah acara TV atau serial yang menceritakan sebuah cerita dalam jumlah episode yang telah ditentukan dan terbatas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]