Sepatu seluncur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Orang berseluncur di Danau Neusiedl.

Sepatu seluncur (sepatu skating) adalah sepatu bot berpisau pada bagian sol yang dipakai untuk meluncur di atas es. Sepatu seluncur terdiri dari beberapa jenis berdasarkan kegunaan yang khusus, antara lain untuk skating indah dan bermain hoki es.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Menurut penelitian oleh Federico Formenti dari Universitas Oxford dan Alberto Minetti dari Universitas Milan, orang Finlandia adalah bangsa pertama yang menciptakan sepatu seluncur dari tulang hewan, sekitar 5.000 tahun yang lalu.[1] Sepatu seluncur yang pertama dibuat dari tulang kaki kuda, sapi, atau rusa. Tulang dilubangi dan diikat ke kaki dengan memakai tali kulit. Sebatang tongkat yang memiliki ujung runcing dipakai untuk mendorong peseluncur maju ke depan.[2]

Sepatu seluncur sangat penting bagi orang Finlandia yang perlu menghemat energi sewaktu berburu di danau-danau Finlandia selama musim dingin yang kejam.[3][4] Sepatu seluncur pertama berpisau logam dari tahun 200 Masehi ditemukan di Skandinavia. Pisau tersebut diikat memakai sehelai tembaga tipis yang dilipat dan dipasang pada sol sepatu kulit.

Desain[sunting | sunting sumber]

Diagram pisau sepatu skating indah (L: kiri, R: kanan). F: depan, B: belakang, 1: gerigi toe pick, 2: mata pisau luar, 3: mata pisau dalam.

Berbeda dari mata pisau, mata pisau sepatu seluncur berbentuk cekung, dan memiliki dua mata yang tajam pada setiap pisau seluncur. Idealnya, kedua mata pisau ini sejajar, namun pemeliharaan yang buruk, seperti pengasahan yang tidak benar dapat mengakibatkan mata pisau menjadi miring. Mata pisau yang sudah "buruk" dapat memengaruhi kemampuan orang berseluncur.

Dalamnya cekungan mata pisau seluncur disebut radius of hollow (RoH, arti: radius lembah) yang nilainya berkisar antara 1/4" dan 1" bergantung kegunaan dan pemakai (berat badan, kemahiran, kekuatan fisik, dan gaya berseluncur). Meskipun demikian, sepatu seluncur untuk atlet skating cepat dan tour skating memiliki mata pisau yang rata dan tidak cekung.

Sepatu dengan harga murah untuk bermain skating es biasanya menyerupai sepatu untuk skating indah atau hoki es. Sepatu skating untuk rekreasi biasanya dapat disewa dari gelanggang seluncur.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Mata pisau sepatu hoki es sedang diasah dengan batu gerinda.

Sepatu skating indah[sunting | sunting sumber]

Sepatu skating indah dipakai oleh atlet skating indah. Sepatu seluncur jenis ini memiliki gerigi pada bagian depan pisau yang disebut toe pick. Pisau untuk alas luncur dibuat dari baja tahan karat atau aluminum. Bagian toe pick memiliki berbagai kegunaan, terutama sewaktu melakukan lompatan seperti lutz jump dan toe loop. Sepatu seluncur untuk skating indah biasanya dibuat dari beberapa lapis kulit. Kulit sepatu sangat kaku untuk memberikan dukungan bagi pergelangan kaki.

Sepatu hoki es[sunting | sunting sumber]

Sepatu hoki es biasanya dikenakan pemain hoki es mengenakan sepatu seluncur khusus untuk hoki es dan ringette. Sepatu ini umumnya dapat dibuat dari bahan plastik cetakan, kulit (sintetis), atau nilon balistik.

Sepatu skating cepat[sunting | sunting sumber]

Sepatu atlet skating cepat memiliki pisau yang lurus dan panjang. Model lain dari sepatu skating cepat disebut clap skate atau clapper skate. Sepatu model clap skate dilengkapi engsel untuk memasang pisau.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]