Seminari Teologi Union

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Menara di Seminari Teologi Union
Pemandangan dari udara di Claremont Ave. & 122nd St.

Seminari Teologi Union di City of New York (STU New York; bahasa Inggris: Union Theological Seminary New York) adalah sebuah sekolah pasca-sarjana yang terkemuka dalam bidang teologi , yang terletak di Manhattan antara Claremont Avenue dan Broadway, 120th St. hingga 122nd Street. Seminari ini didirikan pada 1836 di bawah Gereja Presbyterian, dan saat ini berafiliasi dengan Universitas Columbia.

Bangunan arsitektur Gothik Inggris yang terbuat dari batu bata dan batu kapur oleh Francis R. Allen (1844-1931) dan Collins, diselesaikan pada 1910, termasuk menaranya (lihat gambar), yang mengadaptasi ciri-ciri dari menara silang Katedral Durham. Seminari ini juga terletak berdekatan dengan Sekolah Pendidikan Guru, Barnard College, Seminari Teologi Yahudi Amerika dan Sekolah Musik Manhattan dan mempunyai perjanjian pendaftaran silang bagi mahasiswa-mahasiswa serta akses perpustakaan bagi para anggota dari beberapa sekolah ini. Bangunan ini dimasukkan ke dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional pada 23 April 1980.

Pada akhir abad ke-19, Seminari Teologi Union menjadi salah satu pusat terkemuka dari kekristenan liberal di Amerika Serikat. Di antara para lulusannya adalah ahli sejarah agama Kristen Arthur McGiffert, pakar Alkitab James Moffett, Harry Emerson Fosdick, pendeta Gereja Riverside, yang menjabat sebagai profesor selama di sana, dan pemimpin sosialis Norman Thomas. Seminari ini memiliki Perpustakaan Teologi Burke, yang menempati tempat kedua setelah Perpustakaan Vatikan dalam cakupan koleksinya.

Di STU saat saat ini mengajar sejumlah teolog terkemuka. Dr. Joseph Hough, Presidennya yang sekarang, adalah seorang tokoh sosialis demokrat Kristen. Henry Sloane Coffin pernah menjadi presidennya pada masa lampau. Dr. James Hal Cone adalah salah seorang pendiri teologi pembebasan dan secara khusus memainkan peranan penting dalam pengembangan Teologi Hitam (teologi Afrika-Amerika). Dr. Gary Dorrien adalah seorang sejarahwan Gereja terkemuka dan pakar etika sosial. Dr. James Forbes, pendeta senior dari Gereja Riverside yang ada di dekat bangunan STU, adalah seorang profesor luar biasa di seminari ini dan pernah menjadi professor penuh di situ sebelum menerima posisi di Riverside.

Reinhold Niebuhr dan Paul Tillich menjadikan STU pusat Kekristenan liberal pada masa pasca-Perang Dunia II. Intelektual publik terkemuka Dr. Cornel West memulai karier akademisnya yang kemudian berkembang cemerlang di STU pada 1977. Setelah tahun 1960-an liberalisme kehilangan popularitasnya dibandingkan dengan konservatisme dan STU mengalami berbagai kesulitan keuangan. STU terpaksa harus menciutkan anggarannya. Akhirnya sekolah ini setuju untuk menyewakan sebagian dari gedungnya kepada some Universitas Columbia dan mengalihkan kepemilikan dan tanggung jawabnya atas Perpustakaan Burke kepada Columbia. Kesepakatan-kesepakatan ini membantu keuangan seminari ini, yang telah dilanda oleh biaya perpustakaan yang kian meningkat dan ongkos-ongkos perbaikan kampus yang cukup besar jumlahnya.

Seminari ini mempunyai program-program dengan gelar Master of Arts, Master of Divinity, S.T.M, Th.D dan Ph.D.. Sekolah ini telah lama diasosiasikan dengan ekumenisme.

Daftar pendiri[sunting | sunting sumber]

Teolog dan dosen lainnya[sunting | sunting sumber]

Alumnus terkemuka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]