Selusur papan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dua pemain selusur papan mempersiapkan permainan di geladak kapal dengan tongkat biliar

Selusur papan adalah permainan di mana pemain menggunakan tongkat untuk mendorong cakram berbobot, mengirimnya meluncur ke lapangan sempit, dengan tujuan agar mereka berhenti di area penilaian yang ditandai.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain menggunakan tongkat ( cue-stick ), untuk mendorong cakram berwarna mereka, ke lapangan (lantai datar dari beton, kayu atau bahan keras lainnya, ditandai dengan garis yang menunjukkan zona penilaian), mencoba menempatkan cakram mereka di dalam area penilaian yang ditandai di ujung lapangan. Cakramnya sendiri memiliki dua warna yang kontras (biasanya kuning dan hitam), masing-masing warna milik pemain atau tim. Diagram penilaian dibagi berdasarkan garis, menjadi enam zona penilaian, dengan nilai sebagai berikut: 10, 8, 8, 7, 7, 10-off (minus sepuluh).

Setelah delapan cakram (empat per tim, mengambil pukulan bergantian) dimainkan dari salah satu ujung lapangan (sebuah bingkai ), nilai skor akhir dari cakram untuk setiap pemain (atau tim) di zona penilaian dinilai: Jika sebuah cakram adalah sepenuhnya berada dalam zona penilaian tanpa menyentuh (tumpang tindih) bagian mana pun dari garis batas zona, itu bagus dan nilai zona itu ditambahkan ke skor pemain yang benar untuk bingkai tersebut, dan kemudian ke total poin pemain. Cakram bagus kedua pemain ditambahkan ke skor masing-masing. Para pemain (atau tim yang terdiri dari dua pemain, satu di setiap ujung) bergiliran menjadi yang pertama selama permainan, sehingga tembakan terakhir yang menguntungkan dari suatu bingkai ( palu ) juga bergantian antar pemain.

Pemenang permainan mungkin yang pertama mencapai total yang ditentukan, atau mungkin skor tertinggi setelah memainkan sejumlah frame tertentu (misalnya 8, 12, atau 16). Ada juga permainan 'pertama hingga 75 poin'. Ikatan diputus dengan memainkan frame tambahan (dua untuk tunggal, empat untuk ganda).[1]

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Cakram papan selusur hitam

Selusur papan lantai modern dimainkan dengan delapan putaran, keras, dan tahan lama berukuran 6-inci (150 mm) diameter cakram plastik. Cakram baru berukuran sekitar 1 inci (25 mm) dengan ketebalan, berat 15 ons (430 g) . Dalam satu set cakram terdapat empat cakram berwarna terang dan empat cakram berwarna gelap. Satu warna digunakan oleh satu tim. Warna yang paling umum adalah kuning dan hitam, tetapi warna lain kadang-kadang digunakan.

Setiap pemain menggunakan tongkat (atau tongkat isyarat ) untuk mendorong cakramnya ke ujung lapangan. Panjang isyarat adalah 6 kaki 3 inci (1,91 m) atau kurang, dengan kaki plastik keras di ujungnya (karena logam akan merusak permukaan lapangan).

Ada dua tipe dasar papan skor :

  • Tipe resor menggunakan dua penggeser yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah dalam skala bernomor, seperti termometer, dengan nilai mulai dari nol di bawah hingga 75 di atas. Setiap tim menggunakan penggesernya sendiri untuk mencatat skor total mereka. Papan skor tipe resor sederhana dan tahan lama, namun tidak menyediakan cara untuk mendeteksi kesalahan penilaian dari satu frame ke frame berikutnya.
  • Jenis papan tulis (atau papan tulis) diatur dengan empat atau delapan garis horizontal dan skor total setiap tim ditulis setelah setiap bingkai, kuning di kiri dan hitam di kanan. Ketika semua baris telah terisi skor, baris teratas dihapus dan skor ditulis lagi dari atas. Kelebihan jenis papan tulis adalah kesalahan penjumlahan dan pencatatan skor lebih mudah diketahui, karena skor sebelumnya harus selalu terlihat. Selain itu, mudah untuk melacak frame yang dimainkan menggunakan angka-angka kecil yang tertulis di papan skor. Di Amerika Serikat bagian barat dan Kanada bagian barat, papan skor jenis papan tulis dijalankan dari sisi ke sisi, tetapi prinsipnya sama.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Official Playing Rules". www.world-shuffleboard.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2011. Diakses tanggal 17 January 2022. 
  2. ^ "American Sailing Association (ASA)". American Sailing Association.