Papan tulis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Papan tulis berwarna hijau
Kapur tulis
Papan tulis berwarna hitam

Papan tulis adalah papan dari kayu dengan permukaan yang bisa ditulis ulang dengan menggunakan kapur tulis. Papan tulis zaman dulu dibuat dari lembaran tipis batu tulis berwarna hitam atau abu-abu.


Whiteboard merupakan papan yang terbuat dari kayu biasanya digunakan sebagai sarana informasi yang bisa ditulis dengan spidol marker atau non permanen. Papan Tulis ini memiliki warna putih bersih dengan pinggiran terdapat lapisan melamin ataupun formika. Sehingga tampilannya semakin unik, elegan dan rapih. Dahulu kala papan tulis hanyalah papan kayu yang diberik car berwarna hitam ataupun hijau dengan menggunakan kapur tulis sebagai media penulisannya. Namun seiring pekembangan zaman papan tulis mengalami modifikasi baik dari bahan material ataupun media yang digunakan dalam penulisanya. Whiteboard memiliki fungsi yang sangat berguna dalam aktivitas manusia, terutama sebagai media pembelajaran pada instansi pendidikan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Selain itu whiteboard juga dapat digunanan untuk mengumumkan informasi penting. Bukan hanya untuk sekolah, namun juga di lingkungan masyarakat dan lingkungan perkantoran.


Papan tulis sekarang dibuat dari lembaran papan yang dicat dengan cat yang tidak mengkilat, biasanya berwarna hitam atau hijau. Papan tulis biasanya digunakan di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan atau pelatihan. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan di sepotong kayu. Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur tulis yang dibasahkan biasanya lebih sulit dihapus. Produsen papan tulis biasanya menganjurkan permukaan papan tulis yang baru dibeli supaya dipenuhi dulu dengan coretan-coretan lebar kapur tulis. Setelah coretan-coretan dihapus, papan tulis siap untuk digunakan.

Kapur tulis yang digunakan sewaktu menulis di papan tulis umumnya berwarna putih, dengan variasi berbagai macam warna. Papan tulis sering tidak disenangi orang dengan alasan kapur tulis yang dibuat dari gipsum menghasilkan banyak debu.

Walaupun produsen kapur tulis sudah menyatakan produknya bebas debu, sebagian orang tetap saja tidak suka dengan papan tulis. Pada sebagian orang, debu kapur tulis bisa menyebabkan alergi atau membuat sakit penderita asma. Papan tulis sudah banyak digantikan whiteboard yang menggunakan spidol.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]