Sekte Pengemis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekte Pengemis
Hanzi tradisional: 丐幫
Hanzi sederhana: 丐帮

Sekte Pengemis adalah sebuah sekte seni bela diri yang biasanya tampil dalam karya-karya fiksi wuxia karya para penulis seperti Jin Yong, Gu Long dan Wolong Sheng. Sekte tersebut juga ditemukan dalam film-film seni bela diri seperti King of Beggars.

Seperti namanya, Sekte Pengemis sebagian besar adalah pengemis, tetapi ada pula anggotanya yang berasal dari kalangan lain. Mereka terlihat menonjol di depan umum karena aturan berpakaian dan perilaku mereka yang bagaikan pemulung. Para anggota mematuhi kode etik yang ketat dan sangat menghormati pangkat dan hierarki. Mereka menjunjung keadilan dan membantu mereka yang membutuhkan melalui tindakan ksatria. Sekte Pengemis juga menjadi salah satu pilar pendukung pertahanan masyarakat Tionghoa Han dari penjajah asing. Sekte ini memiliki jaringan komunikasi yang luas dan para anggotanya terkenal karena keterampilan intelijen mereka. Hal ini disebabkan oleh ukuran sekte yang besar serta sifat anggotanya yang memungkinkan mereka mudah berbaur dengan berbagai lapisan masyarakat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekte tersebut berdiri pada zaman dinasti Han[1] dan berdiri selama berabad-abad. Ini disebutkan dalam novel-novel wuxia seperti Pendekar Negeri Tayli (dinasti Song Utara) dan Trilogi Rajawali (dinasti Song Selatan sampai dinasti Yuan).

Sekte Pengemis adalah salah satu organisasi seni bela diri terbesar dan paling dihormati di jianghu (komunitas seniman bela diri) sampai pada zaman Dinasti Yuan.[2] Ketenaran dan popularitasnya mulai menurun pada zaman Dinasti Yuan dikarenakan buruknya disiplin para anggotanya serta kepemimpinan yang tidak kompeten.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Kaifeng, kota yang sering diceritakan merupakan markas Sekte Pengemis dalam fiksi wuxia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cha, Louis. The Legend of the Condor Heroes (神雕俠侶). Hong Kong Commercial Daily, 1957.
  2. ^ Cha, Louis. Demi-Gods and Semi-Devils (天龍八部). Ming Pao, 1963.