Sekretariat Presiden Filipina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekretariat Presiden Filipina
Tanggapan ng Pangulo ng Pilipinas
Seal
Informasi
DidirikanDe jure : 22 Maret 1897; 125 tahun yang lalu

Tanggal pengesahan yang dikeluarkan oleh pemerintah  :

1997; 26 years ago
Pemimpin
Ditetapkan olehPresiden Filipina
Bagian badanKabinet
Bertanggung jawab
untuk
Presiden Filipina
Kantor pusatIstana Malacañang, San Miguel, Manila
Situs webop-proper.gov.ph


Sekretariat Presiden Filipina (Filipina: Tanggapan ng Pangulo ng Pilipinas) adalah sebuah satuan organisasi[1] yang bersifat administratif dan konsultatif yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada Presiden Filipina dalam menjalan tugasnya sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan di Republik Filipina.

Sekretariat Presiden Filipina berkantor di Istana Malacañang, Manila

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekretariat Presiden Filipina dibentuk berdasarkan Perintah Administratif No. 322 Tahun 1997. Perintah tersebut dikeluarkan mengikuti penyerahan draf jabatan yang diserahkan oleh Bidang Sejarah Universitas Filipina dan Badan Institut Sejarah Nasional yang melakukan musyawarah dan konsultasi dalam empat kali pertemuan yang diselenggarakan di Istana Malacañang pada tanggal 5 Mei sampai 25 Juni 1997[2].

Perintah Administratif tersebut menyatakan pembentukan Sekretariat yang secara efektif berlaku sejak Pelaksanaan Konvensi Tejeros.[3]

Sekretariat Presiden sempat dihapus setelah penangkapan Emilio Aguinaldo pada tahun 1901 oleh tentara Amerika dan kembali dipulihkan pada saat proklamasi Persemakmuran Filipina pada tahun 1935[4].

Peran dan fungsi[sunting | sunting sumber]

Sekretariat Presiden Filipina berperan dalam memberikan pelayanan yang bersifat administratif, konsultif, dan dukungan lainnya kepada Presiden Filipina dalam menjalan tugas dan wewenang sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan di Filipina.[5]

Kewenangan eksekutif Presiden dibawah Konstitusi 1987 dari mana mandat Sekretariat Presiden berasal, termasuk antara lain kekuasaan Presiden untuk mengendalikan semua departemen eksekutif, biro dan kantor, dan kepala departemen eksekutif, biro dan kantor, dan tugas Konstitusional Kepala Eksekutif untuk memastikan bahwa undang-undang setia dieksekusi. Berdasarkan kekuasaan eksekutif Presiden tersebut, Sekretariat Presiden melaksanakan fungsi inti berikut:

  1. Memberikan respon terhadap apa yang dibutuhkan dan diminta oleh Presiden untuk mencapai tujuan dan misi dari Sekretariat dan badan-badan lain yang berada di bawah Sekretariat termasuk badan yang diketuai langsung oleh presiden, badan yang berada dibawah pengawasan dan kendali langsung Presiden, badan yang beraada dibawah pengawasan dan kendali administratif dari Sekretariat, badan yang melekat dengan kebijakan dan koordinasi program dan badan yang ditempatkan oleh Undang Undang atau peraturan/keputusan untuk menjadikan badan tersebut di bawah bidang/departemen khusus.
  2. Memberikan nasihat atau konsultasi kepada Presiden dalam perkara atau kondisi tertentu yang hanya Presiden yang bisa memutuskan.
  3. Memberikan dukungan teknis dan administratif atas permasalahan yang berkaitan dengan pengembangan dan manajemen, administrasi pemerintahan umum dan administrasi internal
  4. Memberikan dukungan langsung untuk Presiden dan tujuannya, mengisi fungsi dan permasalahan pribadi dan keluarga kepresidenan

Stuktur Utama[sunting | sunting sumber]

Struktur Sekretariat Presiden Filipina
Lucas Bersamin
Sekretaris Eksekutif
Cheloy Garafil

Sekretaris Pers

Zenaida Angping

Ketua Staff Manajemen Kepresidenan

Juan Ponce Enrille

Penasihat Hukum Utama Presiden

Antonio Lagdameo Jr.

Asisten Khusus Presiden

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mga Pangalan ng Tanggapan ng Pamahalaan sa Filipino [Names of Government Offices in Filipino] (PDF) (edisi ke-2013). Commission on the Filipino Language. 2013. hlm. 2. ISBN 978-971-0197-22-4. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal September 23, 2021. Diakses tanggal September 23, 2021. 
  2. ^ "CREATION OF THE OFFICE OF THE PRESIDENT". Office of the President of Republic of the Philippines. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-25. Diakses tanggal 2023-01-22. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ophistory
  4. ^ "The Executive Branch". Official Gazette of the Republic of the Philippines. Diakses tanggal November 9, 2017. 
  5. ^ "Mandate and Functions". Office of the President (Philippines). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-25. Diakses tanggal November 9, 2017.