Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia
Data-data
Visi Reflektif, Integratif, Aplikatif
Tahun didirikan 18 Agustus 1991
Tempat Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia)
Tipe Sekolah Tinggi Teologi
Program Studi 2
Ketua Pdt. Yuzo Adhinarta, S.T., Ph.D.
Alamat STT Reformed Indonesia (STTRI, dulu STTRII)

Jl. Kemang Utara 9 no. 10 Jakarta Selatan 12760

Situs resmi http://www.reformedindonesia.ac.id/

Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia (STT Reformed Indonesia) adalah perguruan tinggi atau sekolah tinggi teologi Kristen yang terletak di Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia. STT Reformed Indonesia (STTRI) berdiri pada tahun 1991 di Jakarta Selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1984, dalam percakapan di Jl. Arief Margono 18 Malang (Kampus Seminari Alkitab Asia Tenggara atau SAAT), Pdt. Dr. Stephen Tong, Pdt. Dr. Caleb Tong, dan Pdt. Yakub Susabda, Ph.D. telah bersepakat bersama untuk mendirikan sebuah yayasan yang kemudian disebut Lembaga Reformed Injili Indonesia (LRII).

Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1991 LRII mendirikan Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STTRII) di Jakarta. Gedung Kampus STTRI terletak di jalan Kemang Utara IX/10, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Pada tahun 2010 LRII berubah menjadi Lembaga Reformed Indonesia (LRI) yang secara penuh diserahkan kepada kepemimpinan Pdt. Yakub B. Susabda. Dan mulai bulan Agustus 2013, STTRII kemudian secara resmi berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teologi Reformed Indonesia (STTRI).

Ketua-ketua STTRI[sunting | sunting sumber]

- Pdt. Dr. Stephen Tong (1991-2006)

- Pdt. Yakub B. Susabda, Ph.D. (2006-2016)

- Pdt Yuzo Adhinarta, S.T., Ph.D. (2016-sekarang)

Status akademik[sunting | sunting sumber]

STTRI dan prodi-prodinya telah terakreditasi oleh BAN-PT RI.

Dalam hubungannya dengan sekolah-sekolah Teologia yang ada di seluruh Indonesia ini, STTRI juga merupakan anggota dari PASTI yaitu Persekutuan Antar Sekolah Teologia Injili dan PERSETIA (Perhimpunan Sekolah Teologi di Indonesia). Selain itu STTRI juga tergabung dalam persekutuan sekolah-sekolah teologi di Asia, yaitu ATESEA.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Untuk menjawab tantangan zaman dengan segala kompleksitasnya, STTRI menyediakan beberapa program studi yang sudah terakreditasi, baik secara nasional oleh BAN-PT dengan nilai B maupun secara internasional oleh ATESEA (The Association for Theological Education in South East Asia), dan sebuah program sertifikat pelayanan, yaitu:

Sarjana Teologi (S.Th.)[sunting | sunting sumber]

Program studi S.Th. secara khusus dirancang bagi individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk menjadi Hamba Tuhan yang dapat melayani dan menggembalakan jemaat di gereja dengan baik. Pengetahuan dasar teologi yang sehat sebagai dasar dalam menafsir Alkitab secara bertanggung jawab akan menjadi tekanan utama dalam program studi ini. Di samping itu, tiap mahasiswa akan dibekali dengan perpaduan antara keterampilan pelayanan dan kehidupan rohani yang integratif.

Status:

Terakreditasi oleh ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia)

Terakreditasi oleh BAN-PT dengan nilai B (051/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013)

Magister Teologi (M.Th.)[sunting | sunting sumber]

Status:

Terakreditasi oleh ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia)

Terakreditasi oleh BAN-PT dengan nilai B (484/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2014)

Program Magister Teologi di bagi menjadi beberapa konsentrasi, yaitu:

Magister Teologi (M.Th.) Praktika (dalam Pemuridan)[sunting | sunting sumber]

Program studi M.Th. Praktika (dalam Pemuridan) ini dirancang secara khusus bagi individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk mengembangkan strategi implementasi pemuridan dalam menggembalakan jemaat di gereja atau melayani di tengah masyarakat dengan pola pikir yang analitis dan integratif. Program studi ini disediakan untuk memperlengkapi mahasiswa dengan pengetahuan teologi dan Alkitab yang diperlukan dalam pelayanan di gereja dan masyarakat.

Magister Teologi (M.Th.) Konseling[sunting | sunting sumber]

Program studi M.Th. Konseling (dulu dikenal dengan Magister Konseling atau M.K.) secara khusus dirancang bagi individu-individu yang peka terhadap kompleksnya kehidupan dan pergumulan hidup manusia serta terbeban untuk menolong sesama melalui pelayanan konseling sebagai konselor profesional, yang diperlengkapi dengan kemampuan untuk melakukan riset lapangan dan studi lanjut.

Magister Teologi (M.Th.) Teologi Integratif[sunting | sunting sumber]

Program studi M.Th. Teologi Integratif ini adalah program studi yang secara khusus dirancang bagi individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk menggembalakan jemaat di gereja atau melayani di tengah masyarakat melalui pola pemikiran yang analitis dan integratif. Pada dasarnya, program studi ini diperkuat untuk memperlengkapi mahasiswa dengan pengetahuan teologi dan Alkitab khususnya aspek integratif antara teologi dengan disiplin ilmu lain yang diperlukan dalam pelayanan di gereja dan masyarakat.

Magister Teologi (M.Th.) Ibadah & Pelayanan Gerejawi[sunting | sunting sumber]

Program studi M.Th. Ibadah-Pelayanan Gerejawi ini adalah program studi dengan konsentrasi baru di STTRI. Konsentrasi ini secara khusus dirancang bagi para pemimpin gereja atau individu-individu yang ingin diperlengkapi untuk memimpin pembaharuan ibadah di gereja atau di tengah masyarakat melalui pola pemikiran yang biblis, teologis, historis dan praktis. Konsentrasi baru ini tidak terpisah dengan dinamika penggembalaan jemaat sehingga semangat integrasi juga diwujudkan ke dalam beberapa mata kuliah integratif.

Sertifikat Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Program Sertifikat Pelayanan adalah sebuah program studi nongelar yang dirancang untuk memperlengkapi para mahasiswa, pemimpin atau pekerja gereja, dan profesional Kristen untuk pelayanan kristiani baik di gereja, kampus, maupun masyarakat. Melalui program ini, tiap peserta akan diperlengkapi dengan pengetahuan dasar yang fundamental dan solid tentang Alkitab, teologi, serta aplikasi praktis kebenaran dalam konteks pelayanan. Kurikulum dan penjurusan dirancang sedemikian rupa untuk mempersiapkan tiap peserta menjadi pemimpin-pemimpin Kristen yang berintegritas, kompeten, dan profesional dalam pelayanan kristiani yang digelutinya. Selain itu, program ini memberi fleksibilitas waktu penyelesaian studi yang dibutuhkan bagi tiap peserta karena bisa ditempuh secara paruh waktu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]