Sekolah Kedokteran Amerika Latin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Kedokteran Amerika Latin (dalam bahasa Spanyol: La Escuela Latinoamericana de Medicina) diresmikan pada bulan Maret tahun 1999 di kota Havana, Kuba. Didirikan atas inisiatif dari presiden Kuba Fidel Castro dan menjadi bagian dari Program Kesehatan Integral yang telah dikembangkan sejak 1998 atas terjadinya bencana alam yang disebabkan oleh taufan Match dan George.

Sekolah ini menghasilkan dokter-dokter umum yang akan bekerja dan berorientasi pada kesehatan dasar. Proses pendidikan kedokterannya bukan hanya termasuk persiapan mereka dalam di bidang ilmiah tetapi juga solidaritas, kemanusiaan dan etika dengan pelayanan yang lebih mengutamakan kepuasan masyarakat yang membutuhkan mereka dan tidak untuk harta benda yang akan mereka peroleh.

Proses perkuliahan dan tempat tinggal bagi para mahasiswa samasekali gratis oleh pemerintah Kuba. Di kampus dosen-dosen membimbing para mahasiswa yang menjamin tercapainya masa depan mereka seperti: bergabung dalam pertunjukan-pertunjukan budaya masing-masing negara, praktik berbagai macam olah raga, kursus berbagai bidang yang diminati dan berbagai kegiatan lainnya. Setiap tahun perguruan tinggi ini memberikan beasiswa untuk calon-calon dokter sekitar 1500an, tergantung jumlah yang diminta setiap negara. Para mahasiswa memilih masing-masing ketua mereka berdasarkan negara masing-masing untuk mengorganisir dan mengorientasi anggota-anggotanya.