Seán Brady

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seán Brady.
Coat of arms of Sean Baptist Brady.svg

Seán Baptist Brady (bahasa Irlandia: Seán Ó Brádaigh; lahir di Drumcalpin, County Cavan, Irlandia , 16 Agustus 1939; umur 74 tahun) adalah seorang Kardinal Irlandia Gereja Katolik Roma. Dia adalah Uskup Agung Armagh yang sedang bertugas dan Primata Seluruh Irlandia, dan diangkat menjadi Kardinal pada 2007.

Awal hidup dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Seán Brady dilahirkan di Drumcalpin, dekat Laragh, Kabupaten Cavan, orang tuanya adalah Andrew dan Annie Brady. Dia memiliki saudara bernama Con dan Kitty. Dia bersekolah di Sekolah Nasional Caulfield di Laragh dan Kolese St Patrick di Cavan.

Pada 1957, dia memasuki Kolese St. Patrick, di mana dia mendapat gelar Bachelor of Arts dalam jurusan Klasik pada 1960. Dia kemudian melanjutkan sekolahnya di Roma di Kolese Irlandia Pontifisial dan Universitas Lateran Pontifisial, di mana dia mendapatkan lisensi dalam teologi pada 1964.

Kepasturan[sunting | sunting sumber]

Brady ditasbihkan menjadi Pastur Gereja Katolik oleh Luigi Traglia pada 22 Februari 1964. Menyelesaikan sekolahnya di Lateran, dia mendapatkan gelar Doktor Hukum Kanon pada 1967. Pada tahun itu juga dia kembali ke Irlandia dan menjadi profesor di St. Patrick di Cavan sampai 1980. Di St. Patrick dia mengajar banyak subjek seperti Latin, Perdagangan, Agama, dan Bahasa Prancis, dan juga melatih sepak bola Gaelic.

Brady kemudian kembali ke Roma, di mana dia menjadi wakil-rektor (1980-1987) dan kemudian menjadi rektor (1987-1993) Kolese Irlandia Pontifisial. Pada saat dia kembali ke Irlandia, dia menjadi Pastur di Castletara (Ballyhaise) pada 1993.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]