Scientia potentia est

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Segel Information Awareness Office (DARPA) dengan mottonya scientia est potentia

Ungkapan "scientia potentia est" (atau "scientia est potentia", dan "scientia potestas est") adalah pepatah dari bahasa Latin yang artinya "pengetahuan adalah kekuatan". Pepatah ini umumnya dikaitkan dengan Sir Francis Bacon, meskipun tidak ditemukan frasa yang sama persis seperti ini dalam tulisan-tulisan bahasa Inggris atau Latin karya Bacon. Namun, ungkapan "ipsa scientia potestas est" ('pengetahuan itu sendiri adalah kekuatan') memang muncul dalam Meditationes Sacrae (1597) karya Bacon. Ungkapan yang tepat "scientia potentia est" ditulis untuk pertama kalinya dalam versi tahun 1668 buku Leviathan yang ditulis Thomas Hobbes, yang juga merupakan seorang sekretaris Bacon saat masih muda. Frasa lain yang terkait "sapientia est potentia" sering diterjemahkan sebagai "kebijaksanaan adalah kekuatan".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dario Fo (June 13, 2004). "Knowledge like challenge to every form of powers". repubblica.it (dalam bahasa italian). 

Terry Brooks. First King of Shannara Ballantine. C. 1996

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Thomas Hobbes, Opera philosophica, quae latine scripsit, omnia in unum corpus nunc primum collecta studio et labore Gulielmi Molesworth, Bart. (London: Bohn, 1839–45).
  • Thomas Hobbes, The English Works of Thomas Hobbes of Malmesbury; Now First Collected and Edited by Sir William Molesworth, Bart. (London: Bohn, 1839–45). 11 vols.
  • Ralph Waldo Emerson, Society and Solitude. Twelve Chapters, Boston, The Riverside Press, 1892.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]