Sayako Kuroda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sayako
黒田清子
Putri Nori
Kuroda di Expo 2005
Kuroda di Expo 2005
Pasangan Yoshiki Kuroda
Ayah Akihito
Ibu Michiko
Lahir 18 April 1969 (umur 45)
Tokyo, Jepang
Pekerjaan Mantan Putri Jepang

Sayako Kuroda (bahasa Jepang: 黒田清子, Kuroda Sayako) (lahir 18 April 1969; umur 45 tahun), sebelumnya dikenal sebagai Yang Mulia Putri Sayako (紀宮清子内親王殿下, Nori-no-miya Sayako naishinnō denka), adalah anak ketiga dan putri satu-satunya dari Kaisar Akihito and Maharani Michiko dari Jepang. Ia menanggalkan gelar kekaisarannya dan meninggalkan Keluarga Kekaisaran Jepang setelah menikah dengan orang biasa, Yoshiki Kuroda, pada 15 November 2005.

Gelarnya pada masa kanak-kanak adalah "Putri Nori". Ia biasa disebut sebagai "Putri Nori" atau "Putri Sayako" sebelum ia menikah pada tahun 2005.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sayako belajar dan lulus dari Departemen Bahasa dan Sastra Jepang dari Fakultas Sastra Universitas Gakushuin pada 1992. Pada tahun yang sama, ia menerima jabatan sebagai peneliti madya di Institut Yamashina bidang ornitologi. Pada 1998 ia diangkat menjadi peneliti senior pada lembaga yang sama. Ia banyak menulis artikel mengenai burung dalam berbagai penerbitan akademik.

Selain karena penelitiannya, ia banyak bepergian ke luar negeri maupun di dalam negara Jepang sendiri sebagai wakil dari keluarga kekaisaran.

Pertunangan dan pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada 30 Desember 2004, Kantor Rumahtangga Istana mengumumkan pertunangan Putri Sayako dengan Yoshiki Kuroda, seorang perancang kota yang bekerja untuk pemerintah metropolitan Tokyo, kawan lama Pangeran Akishino. Setelah pernikahannya yang dirayakan di sebuah hotel di Tokyo pada 15 November 2005, Putri Sayako meninggalkan Keluarga Kekaisaran Jepang, menggunakan nama keluarga suaminya, seorang biasa pertama yang tidak berlatar belakang bangsawan yang menikahi seorang putri kerajaan. Perubahan statusnya ini adalah tuntutan undang-undang tahun 1947 yang mewajibkan anggota Kekaisaran Jepang menanggalkan status kelahirannya, keanggotaan resmi di keluarga kekaisaran dan tunjangan-tunjangannya pada saat pernikahannya. Selain kedua orangtuanya, Kaisar dan Ratu Jepang, hadir pula pada pernikahan mereka Putra Mahkota Naruhito, Putri Mahkota Masako dan para anggota Keluarga Kekaisaran lainnya.

Ny. Kuroda berhenti dari pekerjaannya sebagai seorang ornitologis untuk memusatkan perhatiannya pada kehidupan keluarga dan kemungkinan menjadi ibu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Kunaicho — Yang Mulia Putri Sayako
  • Kunaicho — Menjawab pertanyaan-pertanyaan pada hari ulang tahun Yang Mulia Putri Sayako (2005)
  • Hello! magazine — Artikel mengenai pernikahan Sayako dan Yoshiki Kuroda
  • BBC News — Pesta pernikahan