Saut Situmorang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saut Situmorang
Lahir29 Juni 1966 (umur 57)
Tebing Tinggi, Sumatera Utara
Pekerjaanpenyair, kritikus, aktivis, Esais, Penulis
Penghargaan
  • Poetry Award, Victoria University of Wellington (1992) dan University of Auckland (1997). [note 1]
  • International Poetry Competition, New Zealand Poetry Society (1992). [note 2]

Saut Situmorang (lahir 29 Juni 1966) adalah seorang penulis puisi, cerita pendek, dan esai asal Indonesia. Selain dikenal sebagai penyair, Saut adalah seorang editor dan kurator sastra.[butuh rujukan]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada 2015, ia mengkritik penerbitan buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh karya Fatin Hamama yang memasukkan nama Denny J.A., konsultan politik pendiri Lingkaran Survei Indonesia, sebagai sastrawan. Lewat postingan di Facebook, ia menyebut Fatin Hamama sebagai "lonte tua yang tak laku", "bajingan", dan menyebutnya "si jilbab".[1][2] Saut Situmorang divonis hukuman percobaan lima bulan penjara atas kasus pencemaran nama baik.[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Untuk puisi-puisi bahasa Inggrisnya dari Victoria University of Wellington (1992) dan University of Auckland (1997) di Selandia Baru.
  2. ^ Sebuah Haiku-nya dalam bahasa Inggris, Such boredom, pemenang pertama Lomba Haiku “International Poetry Competition” yang diselenggarakan oleh New Zealand Poetry Society pada tahun 1992, dikoleksi oleh sebuah museum Haiku di Kyoto, Jepang.
  3. ^ Pendidikan menengah sempat ditempuhnya di SMA Negeri 1 Medan, sebelum pindah akibat masalah dengan kepala sekolah. Saut Situmorang pernah menjadi mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Sumatera Utara (tidak diselesaikan). Pendidikan terakhir S1 (Sastra Inggris, Film, dan Creative Writing) di Victoria University of Wellington dan S2 (Sastra Indonesia, tidak diselesaikan) ditempuh di Auckland University, Selandia Baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]