Lompat ke isi

Saurolophus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Saurolophus
Periode Kapur Akhir,
~70–66 jtyl

Kerangka S. angustirostris yang dipajang di Museum Sains Kota Nagoya
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
FamiliHadrosauridae
GenusSaurolophus
Brown, 1912
Spesies lainnya

Saurolophus (/sɔːˈrɒləfəs/; berarti "lizard jambul kadal") adalah sebuha genus dinosaurus hadrosaurid dari Asia dan Amerika Utara pada periode Kapur Akhir. Mereka ditemukan di Formasi Ngarai Tapal Kuda dan Nemegt, sekitar 70 sampai 66 juta tahun lalu. Genus ini menjadi salah satu dari beberapa genera dinosaurus yang diketahui dari lebih dari satu benua. Spesies tipenya, S. osborni, dideskripsikan oleh Barnum Brown pada 1912 bedasarkan fosil-fosil dari Kanada. Spesies valid lainnya, S. anguistirostris, diwakili dari setidaknya 15 spesimen dari Mongolia,[1] dan dideskripsikan oleh Anatoly Konstantinovich Rozhdestvensky.[2]

Genus ini dicirikan dengan jambul mirip duri yang mencuat keatas dan kebelakang dari tengkorak. Saurolophus adalah sebuah dinosaurus herbivor yang dapat berjalan secara bipedal maupun kuadrupedal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Horner, John R.; Weishampel, David B.; Forster, Catherine A (2004). "Hadrosauridae". Dalam Weishampel, David B.; Dodson, Peter; Osmólska, Halszka. The DinosauriaAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan (edisi ke-2nd). Berkeley: University of California Press. hlm. 438–463. ISBN 0-520-24209-2. 
  2. ^ Rozhdestvensky, Anatoly K. (1952). Новый представитель утконосых динозавров из верхнемеловых отложений Монголии [A new representative of the duck-billed dinosaurs from the Upper Cretaceous deposits of Mongolia]. Doklady Akademii Nauk SSSR (dalam bahasa Rusia). 86 (2): 405–408.