Sarah Connor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sarah Connor
Nama lahir Sarah Leve
Lahir 13 Juni 1980
Asal Delmenhorst, Lower Saxony, Jerman
Genre Pop, Soul, R&B
Pekerjaan penyanyi, penulis lagu, pemusik
Tahun aktif 2001-sekarang
Label X-Cell Records / SonyBMG
Situs web Situs resmi

Sarah Terenzi (lahir 13 Juni 1980) atau lebih dikenal sebagai Sarah Connor adalah seorang penyanyi pop Jerman. Sarah Connor menikah dengan penyanyi idola Marc Terenzi, mantan anggota kelompok boyband Natural. Keduanya dikaruniai seorang putra bernama Tyler, dan seorang putri bernama Summer.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Sarrah Connor lahir di Delmenhorst, Lower Saxony, dekat kota Bremen, Jerman. Ayahnya bernama Michael Leve, keturunan Amerika dan ibunya yang bernama Soraya adalah campuran Irlandia-Jerman. Sarah memiliki 4 saudara perempuan, Sophia Luisa, Valentina, Marisa and Anna Maria, dan seorang saudara laki-laki bernama Robin.

Di masa kecil, Sarah terbiasa mendengar musik soul. Kegemarannya akan musik soul dipengaruhi kakek Sarah yang lahir di New Orleans dan menyenangi musik soul. Sejak kecil Sarah ikut bernyanyi lagu-lagu gospel di paduan suara sekolah. Selain itu, ia sering tampil dalam pementasan drama musikal di sekolah. Di usia belasan tahun, Sarah mencoba memasuki sekolah seni dan diterima. Di sana, murid-murid diharuskan memilih instrumen yang akan dipelajari, tapi Sarah diberi kebebasan untuk hanya belajar olah vokal. Pelajaran olah vokal hanya diberikan seminggu sekali, sehingga Sarah memiliki banyak waktu untuk kerja sambilan di hotel sebagai pelayan. Masa bekerja sebagai pelayan memberikan motivasi bagi dirinya untuk tampil bagi orang banyak dan bukan hanya melayani.

2000-2001: Awal karier[sunting | sunting sumber]

Kesempatan emas tampil di atas panggung tiba di usia 17, ketika itu Sarah dipilih dari sekolahnya untuk bernyanyi bagi konser Michael Jackson yang sedang berlangsung di Jerman. Setelah merasakan gemerlapnya panggung dunia musik, Sarah memutuskan berhenti sekolah di kelas 12, dan mulai mengirimkan kaset berisi contoh suara ke berbagai perusahaan rekaman dan produser. Pada waktu itu, Sarah memakai nama Sarah Grey. Pada tahun 2001, Sarah berhasil dikontrak perusahaan X-Cell Records yang merupakan label rekaman di bawah Sony Music, dan namanya diganti menjadi Sarah Connor.

Setelah dikontrak X Cell, Sarah mulai bekerja sama dengan produser ternama seperti Bülent Aris, Toni Cottura, Diane Warren, dan duo produser Rob Tyger dan Kay Denar (KayRob). Hasilnya berupa album perdana berjudul Green Eyed Soul yang dirilis tanggal 26 November 2001. Pada album ini, Sarah menulis 4 lagu, dua di antaranya diterbitkan sebagai singel. Lagu "Let's Get Back to Bed - Boy!" adalah hasil kerjasamanya dengan rapper Amerika, TQ. Lagu "French Kissing" dibuatnya berdasarkan lagu BLACKstreet yang berjudul "No Diggity". Singel ke-3 dari album yang sama, "From Sarah with Love" berhasil menjadikan Sarah Connor terkenal ke seluruh Eropa. Lagu ini menduduki puncak tangga lagu di Jerman, Polandia, Portugal, dan Swiss. Selain itu, singel ini menjadi salah satu rekaman tersukses pada tahun 2002. Di Jerman, singel "From Sarah with Love" mendapat penghargaan Comet Award dari stasiun televisi VIVA dan penghargaan ECHO Award dari Deutsche Phono-Akademie (asosiasi perusahaan rekaman Jerman).

2002-2003: Album berikut[sunting | sunting sumber]

Album kedua yang diberi judul Unbelievable dirilis tahun 2002 di Eropa. Singel pertama dari album ini, "One Nite Stand (of Wolves and Sheep)" ditulis, diproduksi, sekaligus dinyanyikan secara rap oleh Wyclef Jean. Singel ini berhasil masuk di top 5 tangga lagu di Jerman. Album ini begitu sukses, dan melahirkan 3 singel berikutnya, "Skin on Skin" hasil kerjasama dengan Diane Warren, "He's Unbelievable", dan "Bounce".

Pertunjukan di bulan Januari 2003 dirilis sebagai album DVD yang diberi judul Sarah Connor Live - A Night to Remember: Pop Meets Classic. Album DVD ini dirilis bulan Oktober 2003, berisi lagu-lagu yang dinyanyikan Sarah Connor dengan iringan orkestra.

Album ketiga berjudul Key To My Soul dirilis bulan November 2003. Pada saat itu, Sarah Connor sedang hamil besar mengandung anaknya yang pertama. Single pertama dari album ini, "Music Is the Key" menampilkan kelompok kumpulan penyanyi a capella Naturally 7 asal New York. Singel ini berhasil menjadi singel kedua Sarah yang menjadi nomor satu di Jerman. Singel kedua "Just One Last Dance" merupakan singel terakhir dari album Key To My Soul karena Sarah Connor beristirahat setelah melahirkan Tyler, anak pertamanya. Singel "Just One Last Dance" merupakan rekaman ulang dari versi asli yang terdapat pada album Key To My Soul, tapi kali ini secara berduet dengan Marc Terenzi. Lagu ini sukses menduduki puncak tangga lagu di Jerman, Swiss, dan Austria.

2003: Debut di Amerika[sunting | sunting sumber]

Di musim gugur 2003, beberapa stasiun radio di Amerika memutar lagu hit Sarah sebelumnya, "Bounce". Lagu ini ternyata disukai publik dan pemutarannya diikuti banyak stasiun radio yang lain. Perusahaan rekaman Sony Records memutuskan untuk menjual CD lagu-lagu Sarah Connor di Amerika Serikat. Walaupun berhasil masuk top 40 tangga lagu di Amerika, lagu ini tidak sempat jadi lagu nomor satu, karena Sarah Connor saat itu sedang hamil 6 bulan dan tidak bisa melakukan tur promosi. Album kompilasi berjudul Sarah Connor dirilis di musim dingin tahun 2004 beberapa minggu sebelum Tyler lahir. Album ini sempat masuk tangga album hingga urutan ke-106.

2004 hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Di musim gugur 2004, Sarah kembali ke dunia musik dan merekam lagu "Living To Love You" yang menduduki puncak tangga lagu Jerman dan Swiss. Bulan Maret 2005, Sarah menyumbang lagu tema untuk film animasi Robots yang diambil dari singelnya yang berjudul "From Zero To Hero". Singel ini merupakan singel ke-5 Sarah Connor yang menjadi nomor satu di Jerman, sekaligus menandai prestasinya menduduki puncak tangga lagu Jerman dengan 4 buah singel secara berturut-turut.

Di musim panas 2005, Sarah membintangi acara televisi Sarah and Marc in Love, semacam reality show bersama suaminya, Marc. Film seri ini ternyata disukai penggemar, dan melambungkan kembali nama Sarah sebagai penyanyi wanita kelas top. Marc Terenzi juga ikut terkenal dengan berkat acara ini. Di akhir bulan Juli 2005, pernikahan ulang Sarah dan Marc di Spanyol ikut direkam dan disiarkan dalam acara Sarah and Marc in Love. Lagu "Love to be Loved by You" yang direkam Marc untuk Sarah juga ikut jadi hit dalam sekejap. Semua episode acara ini dikumpulkan dalam DVD, dan dirilis 25 November 2005 sebagai bagian dari promosi tur Sarah Connor.

Sarah Connor melakukan tur di bulan Desember 2005 untuk mempromosikan album Naughty but Nice. Sewaktu melakukan tur, Sarah mengumumkan dirinya sedang mengandung anak kedua dan perlu beristirahat untuk sementara. Singel Natal berjudul "The Best Side of Life" yang dirilis 24 November 2005 dijadikan lagu iklan Coca Cola untuk menyambut Natal di Jerman. Secara bersamaan, Sarah juga mengeluarkan album Natal berjudul Christmas in my heart. Lagu "Christmas in my heart" dari album ini diterbitkan sebagai singel dan berhasil mencapai anak tangga lagu nomor 4 di Jerman.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Singles[sunting | sunting sumber]

Jahr Titel Chartplatzierungen[1] Auszeichnungen[2] Album
DE AT CH UK US
2001 Let’s Get Back to Bed – Boy! (featuring TQ) 2 5 9 16 Gold (DE), Gold (AT) Green Eyed Soul

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama charts
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama ausz