Sakellarios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sakellarios (bahasa Yunani: σακελλάριος) adalah pejabat yang dipercayakan dengan tugas administratif dan finansial (cf. sakellē atau sakellion, "dompet, kas negara""). Gelar ini digunakan di Kekaisaran Romawi Timur untuk berbagai jabatan, dan tetap digunakan di Gereja Ortodoks Timur.

Pada masa Romawi Timur, sakellion juga menyimpan catatan biara kekaisaran dan propertinya. Maka, sakellarios juga merupakan sebuah gelar administratif, yang diberikan semenjak abad ke-7 kepada pengawas umum keuangan negara, atau dalam kata lain menteri keuangan Romawi Timur. Secara etimologis, kata ini berasal dari bahasa Latin sacellus, yang berarti dompet untuk koin. Perlu diingat bahwa kata dalam bahasa Yunani Modern sakoula yang berarti tas memiliki asal yang sama. Kekaisaran Romawi Timur adalah penerus langsung Kekaisaran Romawi. Maka, pejabat yang bertugas mengurus kas negara disebut sacellarius.

Karena biara juga memiliki kas, gelar ini juga dapat ditemui di Gereja Ortodoks Yunani. Namun, gelar tersebut diganti oleh Bendahara Agung (Megas Thysaurophylax); namun, gelar ini masih tidak diganti di Patriarkat Ekumenikal Konstantinopel. Dalam Sinode Ferrara-Florence (1438-9) yang berupaya menyatukan Ortodoks Yunani dengan gereja-gereja Katolik, Patriark Ekumenikal membawa serta Megas Sakellarios (di antara uskup dan pejabat lain).

Sumber[sunting | sunting sumber]