Sagitta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SAGITTA

Peta Sagitta
Singkatan Sge
Genitif Sagittae
Simbolisme Panah
Asensio rekta  19j 39m 03d
Deklinasi  18° 51′ 41″
Luas area 80 derajat persegi (ke-86)
Bintang Bayer/Flamsteed 0
Bintang berplanet 0
Bintang terang 0
Bintang dekat 0
Bintang paling terang Gamma Sge (3.47m)
Bintang terdekat - (- ly,  pc)
Obyek Messier 0
Hujan meteor -
Rasi yang berbatasan Vulpecula
Hercules
Aquila
Delphinus
Dapat dilihat antara 90° LU dan 70° LS.
Tampak paling jelas pada pukul 21.00 selama bulan September.

Sagitta, panah, adalah rasi bintang terkecil ketiga (hanya Equuleus dan Crux yang lebih kecil). Rasi ini juga dimasukkan oleh Ptolemy. Pada waktu itu, luas rasi ini malah lebih kecil, dan hanya sekitar 4 derajat persegi. Rasi ini juga merupakan satu dari 88 rasi bintang yang diakui oleh IAU.

Terletak tidak begitu jauh di sebelah utara ekuator, rasi bintang ini dapat dilihat dari manapun kecuali belahan paling selatan dari bumi.

Sagitta dikelilingi oleh rasi-rasi bintang berikut ini (mulai dari utara searah jarum jam): si rubah kecil Vulpecula, sang pahlawan mitos Hercules, sang elang Aquila dan si lumba-lumba Delphinus.

Karakteristik utama[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah beberapa bintang cerah pada rasi Sagitta:

  • Alpha (α) Sge: juga dikenal sebagai Sham, bintang raksasa kuning terang ini memiliki kelas spektral G1 II (dengan 4.37m) terletak pada jarak 610 tahun cahaya dan bersama dengan β Sge (juga 4.37m) membentuk bulu-bulu panah atau panah berujung dua yang dahulu pernah dipakai oleh tentara Romawi.
  • Gamma Sge (γ) : Bintang raksasa dingin ini (M0 III, 3.47m) bersama dengan δ Sge dan ε Sge melambangkan batang panah. Bintang ini berada pada jarak sekitar 170 tahun cahaya.
  • Delta Sge (δ): M2 II+A0 V (diperkirakan merupakan visual ganda; mungkin satu citra, spektrum komposit), 3.82m
  • Epsilon (ε) Sge: G8 III, 5.66m, bintang jamak (4 komponen; komponen B merupakan komponen optik)
  • Eta (η) Sge: Bintang dengan kelas speltral K2 III dengan 5.1m ini dimiliki oleh gugus bergerak Hyades.

Objek langit jauh utama[sunting | sunting sumber]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dahulu nama Sham menunjuk pada keseluruhan rasi, dan bukan hanya α Sge saja. Rasi bintang ini adalah satu dari beberapa kasus di mana Johann Bayer gagal menamai bintangnya dalam urutan yang benar. Dalam hal ini, bintang tercerahnya justru memperoleh status γ. Contoh rasi lain yang juga mengalami kekeliruan semacam ini adalah Orion.

Mitologi[sunting | sunting sumber]

Sekalipun Sagitta tidak mempunyai bintang yang cukup cerah, banyak kebudayaan telah melihatnya sebagai panah, misalnya orang Persia, Ibrani, Yunani dan Romawi. Oleh karena itu, cerita yang menjelaskan arti dari Sagitta amatlah beranekaragam. Dua cerita yang paling penting mengikutsertakan rasi bintang di sekitarnya seperti Hercules (di sebelah barat) dan Aquila (di sebelah timur).

Menurut cerita yang pertama, Prometheus dari Titan mencuri api dari Tuhan dan membawanya pada manusia. Hal ini membuat Zeus marah dan dia pun dirantai pada suatu batu besar di mana seekor elang (Aquila) memakan hatinya setiap hari; dan karena Prometheus tidak bisa mati maka hatinya tumbuh kembali setiap hari, dan sang elang dapat kembali memakan hatinya lagi. Herakles (sama dengan Hercules dari Romawi) menyelamatkannya dari hukuman tiada akhir ini saat satu dari dua belas pekerjanya membunuh burung itu dengan suatu bidikan panah dan kemudian membebaskannya.

Cerita lainnya berkaitan dengan bagaimana Herakles membunuh burung-burung Stymphalian, yang meneror Arcadia, dengan menggunakan suara. Burung-burung Stymphalian itu adalah Aquila, Cygnus dan Lyra.

Sagitta pernah juga dianggap sebagai panah Cupid atau sebagai panah yang ditembakkan oleh Sagittarius ke arah Scorpius. Interpretasi lain menganggapnya sebagai panah yang ditembakkan oleh Centaurus ke arah Aquila, karena Centaurus menghadap ke arah yang benar dan pada sudut yang cukup sesuai dengan arah panah, sedangkan Sagittarius langsung berada di bawahnya menghadap arah yang berlawanan (ke arah Centaurus).

Sebagai hasil dari interpretasi di mana Centaurus menembakkan panah, terdapat pula mitos di mana Chiron (yang biasanya dikenali sebagai Centaurus), telah terluka parah oleh Herakles, menyerahkan kemampuannya untuk tidak dapat mati, dan menggantikan tempat Prometheus, Herakles/Chiron kemudian membunuh Aquila sehingga Chiron tidak menderita seperti Prometheus. Kemudian bersama dengan Lupus, cerita ini mungkin dijadikan dasar cerita Erymanthian Boar (yang merupakan satu dari pekerja Herakles).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koordinat: Peta langit 19j 39m 03d, +18° 51′ 41″Koordinat: Peta langit 19j 39m 03d, +18° 51′ 41″