SMP Negeri 1 Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMP Negeri 1 Cilacap
SMP Negeri 1 Cilacap.jpg
Informasi
Didirikan 1944
Jenis Negeri
Kepala Sekolah Marsudiyana S.Pd
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
Alamat
Lokasi Jl. Jenderal Ahmad Yani No.15, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia
Telp./Faks. (0282)-533152 / (0282)-531133
Situs web http://www.smpn1cilacap.com/

SMP Negeri 1 Cilacap adalah sebuah SMP negeri di Cilacap, Jawa Tengah. Sekolah ini menjadi bagian perkembangan kota Cilacap sejak zaman sebelum Indonesia merdeka, hingga saat ini khususnya dalam bidang pendidikan. Sekolah ini juga menjadi bagian sejarah berdirinya SMA Negeri 1 Cilacap


Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 1 Cilacap, dulu hanya bernama SMP Negeri. Hal ini dikarenakan saat itu hanya satu-satunya SMP yang ada pada masa itu (sekitar tahun 1944-an). Sebelum menjadi SMP Negeri, gedung yang sekarang berada di Jl. Jend. A. Yani no 15 ini, dulunya adalah Sekolah Dasar Belanda atau EUROPESE LAGERE SCHOOL / ELS (sekitar tahun 1941-1944-an). Sekitar tahun 1944 hingga tahun 1947, SD Belanda (ELS) sudah beralih menjadi SMP Negeri. Dimasa tersebut, SMP Negeri memiliki 4 (empat) kelas, yakni kelas I, kelas II, kelas III, dan kelas IV (yang sekarang hanya kelas I, II, dan III SMP)..

Pada tahun 1947-an, SMP Negeri Cilacap semakin eksis dan berkembang pada masanya. Eksis dan berkembangnya sekolah ini dibuktikan dengan keberadaan Kepala Sekolah saat itu. Pada masa itu, yang menjadi Kepala Sekolah adalah Bapak Subakir (berasal dari Gombong) dan Wakil Kepala Sekolahnya Ibu Siti Asriyah (asli Cilacap).

Di bawah kepemimpinan Bapak Subakir dan wakilnya Ibu Siti Asriyah, terdapat 5 (lima) orang guru yang membantu di sekolah ini, yakni :

  1. Bapak Djohari (asal Cilacap),
  2. Bapak Mohammad Hamdan (asal Daerah Istimewa Yogyakarta),
  3. Bapak Suwardi (asal Cilacap),
  4. Tan Tian Kwee (keturunan Cina),
  5. Kwiek Djun Bok (keturunan Cina).

Pada saat itu, jumlah kelas ada 3 (tiga) lokal, kelas I, kelas II, dan kelas III. Sedangkan masing-masing kelas siswanya berjumlah sekitar + 20 hingga 25 siswa. Sedang jumlah mata pelajarannya ada sekitar 8 (delapan), diantaranya adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pasti, Ilmu Alam, dan Sejarah (sejarah Dunia dan Sejarah Indonesia).

Pada sekitar tahun 1947 hingga 1950-an, anak-anak untuk bisa masuk dan sekolah di SMP Negeri harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan sekolah dan pemerintah pada masa itu. Bahwa untuk bisa sekolah di SMP Negeri saat itu harus bisa menunjukkan ijazah “tanda lulus” SD Negeri. Karena ijazah swasta pada masa itu tidak berlaku atau belum dihargai oleh pemerintah masa itu. Baru pada sekitar tahun 1960-an ijazah swasta diakui keberadaannya oleh pemerintah.

Sekitar tahun 1950-an, siswa SMP Negeri ditempatkan pada 3 (tiga) sekolah yang berbeda pada tiap-tiap kelasnya. Untuk kelas I, ditempatkan di SD (yang sekarang menjadi SMP Kristen Cilacap) dekat perempatan Komprengan, kelas II ditempatkan di SD (yang sekarang menjadi SMP Pius Cilacap), sedangkan kelas III berada di SMP Negeri (yang sekarang menjadi International School SMP Negeri 1 Cilacap).

Dan pada sekitar tahun 1949-1950, SMP Negeri yang tadinya hanya memiliki 3 (tiga) kelas, yakni kelas I, kelas II, dan kelas III, bertambah masing-masing 1 (satu) kelas. Sehingga kelas I menjadi 2 (dua) kelas, kelas II menjadi 2 (dua) kelas, dan kelas III menjadi 2 (dua) kelas. Maka, keseluruhan kelas pada tahun ini sudah ada 6 (enam) lokal untuk kelas I hingga kelas III.

Dengan bergulirnya waktu dan berkembangnya zaman, SMP Negeri 1 Cilacap terus mengalami kemajuan demi kemajuan, peningkatan demi peningkatan, seiring mata rantai pendidikan yang berputar dari kepala sekolah ke kepala sekolah sebagai nahkoda pendidikan yang memiliki keunggulan masing-masing dimasanya.


Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Di masa kepemimpinan Drs. Sunardi, MM.Pd. semenjak tahun 2000 hingga sekarang ini SMP Negeri 1 Cilacap menampakkan kemajuannya yang sangat signifikan dan monumental dalam sejarah perkembangan dunia pendidikan dewasa ini. Dan semua ini tidak lepas dari peran-peran historis kepemimpinan kepala-kepala sekolah sebelumnya, dengan “kejayaannya” masing-masing pada zamannya.

Dengan menarik benang merah sejarah berdirinya SMP Negeri pada masa lampau, yang menjadi SMP Negeri 1 Cilacap saat ini, tidak lepas dari gagasan cemerlang beliau Bapak Drs. Sunardi, MM.Pd. yang inspiratif untuk menuliskan sejarah sekolah ini demi kelangsungan informasi historis bagi generasi yang akan datang, dalam meneruskan tongkat estafet kepemimpinan yang sarat dengan tantangan sekaligus peluang dalam memajukan dunia pendidikan.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas No. 543/C3/KEP/2007 tanggal 14 Maret 2007 ditetapkan bahwa SMP Negeri 1 Cilacap sebagai salah satu dari 100 SMP Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) se-Indonesia.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Sarana dan Prasarana Kelas SBI SMP Negeri 1 Cilacap sudah dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang Proses Belajar Mengajar (PBM):

  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium Bahasa
  3. Laboratorium Multimedia
  4. Laboratorium IPA
  5. Laboratorium Matematika
  6. LCD Proyektor
  7. OHP
  8. Internet On Line
  9. Laboratorium pendukung lainnya.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Program SBI SMP Negeri 1 Cilacap menggunakan Kurikulum Nasional Plus, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan mengembangkan Standard Kompetensi dan Kompetensi Dasar beberapa mata pelajaran tertentu (IPA, Bahasa Inggris, Matematika, dan TIK) sebagai ciri-ciri keinternasionalannya.

Proses Belajar Mengajar (PBM)[sunting | sunting sumber]

PBM dikembangkan untuk mencapai Standard Kompetensi Lulusan SBI SMP Negeri 1 Cilacap yang telah ditetapkan. PBM SBI SMP Negeri 1 Cilacap menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang menerapkan prinsip-prinsip Contextual Teaching and Learning, Mastery Learning, Problem Solving, Pembelajaran Bermakna, dan Quantum Teaching and Learning.

Staf Pengajar[sunting | sunting sumber]

Sejak Tahun Pelajaran 2006/2007 SBI SMP Negeri 1 Cilacap telah mempersiapkan tenaga pengajar untuk program SBI, dengan berbagai pelatihan dan kursus diantaranya:

  1. Pelatihan PBM dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
  2. Pelatihan dan Kursus Bahasa Inggris.
  3. Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Komputer dan Internet).
  4. Pendidikan dan Pelatihan Guru Matematika, Biologi dan Fisika di Basic Science Center Institut Teknologi Bandung (ITB).
  5. Pendidikan Pasca Sarjana (S2) jurusan Manajemen Pendidikan.

Secara berkala SBI SMP Negeri 1 Cilacap juga mendatangkan Native Speaker untuk PBM Bahasa Inggris.

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sudah ada 12 (dua belas) kepala sekolah yang menjadi nahkoda pendidikan di SMP Negeri 1 Cilacap, yakni :

  1. Subakir (1947 – 1950)
  2. R. Saridi (1950 – 1956)
  3. Wardojo (1956 – 1966)
  4. KS. Djoewari (1966 – 1970)
  5. Drs. Satimin (1970 – 1983)
  6. S. Tejosiswoyo (1983 – 1989)
  7. Marsudi, BA. (1989 – 1995)
  8. Drs. Sutrasno (1995 - ..... )
  9. Drs. Sudarno ( ......... )
  10. Drs. Sunardi, MM.Pd. (2000 – 2011)
  11. Dimyathi Amir Zahroh (2011 - 2012)
  12. Marsudiyana, S.Pd. (2012 - sekarang)

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sudah begitu banyak prestasi yang bisa dan biasa diraih oleh International School SMP Negeri 1 Cilacap, baik dari tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Sehingga prestasi yang diraih oleh SMP Negeri 1 Cilacap seperti sebuah prestasi yang rutin senantiasa mewarnai perjalanan dan perkembangan sekolah ini. Beberapa prestasi terbaru SMP Negeri 1 Cilacap adalah :

  1. Juara I Enduro dalam Lomba Drum Band Tingkat Kabupaten dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-154 (14/03/10).
  2. Juara III Mayoret dalam Lomba Drum Band Tingkat Kabupaten dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-154 (14/03/10).


Kegiatan Ekstra Kurikuler[sunting | sunting sumber]

Di RSBI SMP Negeri 1 Cilacap ada sederet daftar kegiatan tambahan ekstrakuriluler atau yang disingkat dengan sebutan ekskul yang diizinkan sekolah dengan siswa tersebut sebagai anggotanya.Manfaat, fungsi dan tujuan diadakannya kegiatan ekskul baik di RSBI SMP Negeri 1 Cilacap adalah sebagai wadah penyaluran hobi, minat dan bakat para siswa secara positif yang dapat mengasah kemampuan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya.

Ragam jenis kegiatan ekskul RSBI SMP Negeri 1 Cilacap yang selama telah mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah kita. Walaupun secara akademis nilai dari ekstrakurikuler tidak masuk secara langsung ke nilai rapot, namun kegunaannya jauh lebih bermanfaat daripada tidak melakukan banyak hal di luar jam belajar.

Berikut ini adalah nama-nama ekskul yang ada di RSBI SMP Negeri 1 Cilacap :

  • Ekstrakurikuler / Ekskul Olahraga :
  1. Sepak Bola
  2. Bola Basket
  3. Bola Voli
  4. Tenis Meja
  5. Bulu tangkis
  • Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Beladiri :
  1. Karate
  2. Silat
  3. Tae Kwon Do
  • Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Musik
  1. Band
  2. Paduan Suara
  3. Drum band / Marching band
  • Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Tari Dan Peran
  1. Tari Modern
  2. Tarian Tradisional
  3. Teater
  • Ekstrakurikuler / Ekskul Seni Media
  1. Jurnalistik
  2. Majalah Dinding / Mading
  • Ekstrakurikuler / Ekskul Lainnya
  1. Komputer
  2. Palang Merah Remaja / (PMR)
  3. Pramuka
  4. Karya Ilmiah Remaja / Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  5. Kerohanian Islam (Rohis)
  6. Koperasi Siswa / Kopsis
  7. Patroli Keamanan Sekolah (PKS)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]