SMA Wachid Hasyim 2 Taman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sekolah Menengah Atas Wachid Hasyim 2
SMA Wachid Hasyim 2 Taman
Informasi
Didirikan1970
JenisSekolah Menengah Atas
AkreditasiA
Kepala SekolahDra. NUR DJANNAH
Jumlah kelas37
Jurusan atau peminatanMIPA, IPS, Bahasa
Rentang kelasX, XI, XII - MIPA, IPS, BAHASA
KurikulumKurikulum 2013
Jumlah siswa1661
StatusAkreditasi A
Alamat
LokasiJl. Raya Ngelom No. 86 Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Tel./Faks.(031) 7881734
Situs websmawh2.sch.id
Moto

Sekolah Menengah Atas Wachid Hasyim 2 Taman (SMA WH 2 / SMASYIMDUTA) adalah sekolah menengah atas swasta berbasis Islam yang berkedudukan di Taman, Kabupaten Sidoarjo. Sekolah ini didirikan pada tahun 1970 oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma'arif (YPM) Sepanjang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Wachid Hasyim 2 adalah suatu lembaga pendi­dikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan dan Sosial Ma’arif Sepanjang. Yayasan ini berdiri pada tahun 1964. Motivasi berdirinya yayasan ini diilhami oleh sebuah keadaan, di mana masyarakat nahdliyin, khusunya di daerah Sepanjang serta Kabupaten Sidoarjo merupakan ma­syarakat yang mayoritas, namun dari segi kualitas sumberdaya manusianya masih relatif kurang. Kenyataan ini menggugah ha­ti seorang tokoh NU bernama K.H. M. Hasyim Latief untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan sebagai sarana memajukan kualitas masyarakat NU di daerah tersebut.

Dari pemikiran ini, maka maka K.H. M. Hasyim Latief mengundang para sesepuh, NU baik dari daerah Sepanjang maupun dari Sidoarjo, untuk bersama-sama mendirikan sebuah pendi­dikan yang bernaungan di bawah Ma’arif NU. Maka berdirilah Yayasan pendidikan Ma’arif Sepanjang. Yayasan ini, sejak berdirinya mengalami perkem­bangan yang membanggakan. Hal ini terbukti dari tahun ke tahun, sekolah yang di kelola oleh YPM mengalami peningkatan baik dari kualitas dari kualitas maupun kuan­titas, termasuk di dalamnya SMA Wachid Hasyim 2. Dalam pendirian SMA Wachid Hasyim memang memiliki sedikit perbedaan dengan nama yayasannya. Hal itu bermula ketika yayasan menemui hambatan-hambatan yang sangat sulit ketika akan mendirikan sekolah menengah atas, sampai akhirnya pengurus YPM memutuskan dalam SMA harus bergabung dengan yayasan Wachid Hasyim di Surabaya, maka sejak awal berdirinya SMA ini pada tahun 1970, resmi menjadi filial dari SMA Wachid Hasyim yang ada di Surabaya. Namun dalam perjalanan­nya, SMA yang dikelola oleh YPM mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga pada tahun tahun 1976, Yayasan Wachid Hasyim Surabaya menyerahkan sepenuhnya pengelolaan SMA filial itu kepada YPM dengan diberi nama SMA Wachid Hasyim 2. Sebagai pengingat jasa baik Yayasan Wachid Hasyim, maka nama Wachid Hasyim diabadikan sebagai nama SMA pertama di YPM. Pada tahun 1977, status SMA Wachid Hasyim 2 mendapat status disamakan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]