SMA Negeri 2 Lumajang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 2 Lumajang
Logo SMA Negeri 2 Lumajang
Informasi
Didirikan 14 Febuari 1977
Jenis Negeri
Akreditasi A (2011) [1]
Nomor Statistik Sekolah 301052101002 [1]
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20520820 [2]
Kepala Sekolah Drs. Suroso, M.Pd
Jumlah kelas 26 Kelas Reguler
2 Kelas Akselerasi
Program/jurusan/
peminatan
IPA
IPS
Akselerasi
Rentang kelas X MIA, X IIS
XI IPA, XI IPS
XII IPA, XII IPS
X/XI Akselerasi, XI/XII Akselerasi
Kurikulum Kurikulum 2013 (kelas X) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(kelas XI dan XII)
Jumlah siswa 870 [2]
Status Sekolah Standar Nasional
Alamat
Lokasi Jalan H.O.S Cokroaminoto 159, Lumajang, Jawa Timur, Bendera Indonesia Indonesia
Koordinat 8°07′37″LS 113°13′07″BT / 8,126977°LS 113,218628°BT / -8.126977; 113.218628
Situs web SMA Negeri 2 Lumajang
Surel info@sman2-lmj.sch.id
Kampus Gedung SUT
Lain-lain
Afiliasi Sekolah Unggulan Terpadu
Lulusan IKA SMADA (Ikatan Alumni SMA Negeri 2 Lumajang)

SMA Negeri 2 Lumajang adalah Sekolah Menengah Atas yang terletak di Jalan H.O.S Cokroaminoto 159, Lumajang. SMA Negeri 2 Lumajang terletak dalam satu kompleks dengan SUT (Sekolah Unggulan Terpadu) bersama–sama dengan SD Negeri Tompokersan 03, SMP Negeri 1 Lumajang, dan SMK Negeri 1 Lumajang. SMA Negeri 2 Lumajang merupakan satu–satunya R-SMA-BI di Kabupaten Lumajang

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 1977 di Kabupaten Lumajang ini tersedia hanya satu sarana pendidikan tingkat SLTA, dirasakan butuh sarana pendidikan yang lebih demi peningkatan kualitas masyarakat Kabupaten Lumajang, maka pada tahun 1977 Pemerintah Kabupaten Lumajang sedikit lega atas dasar mendapatkan fasilitas baru satu lembaga pendidikan SLTA. Dengan menyediakan lahan bengkok Desa Tompokersan sebagai lahan berdirinya lembaga pendidikan baru, maka berdirilah SMPP Negeri Lumajang di Jalan H.O.S Cokroaminoto, 159 saat ini. Lembaga pendidikan SMPP dibawahi oleh seorang kepala sekolah yang merangkap membawahi 2 sekolah sekaligus yaitu SMPP dan SMA Negeri 1 Lumajang. Beliau adalah Drs. Santoso yang memilki gaya kepemimpinan yang mampu mengembangkan pendidikan dengan memadukan 2 sekolah yang saling mendukung. Selanjutnya SMPP berjasa menghantarkan untuk ikut berkiprah mewujudkan niat mulia negara demi peningkatan kualitas bangsa.

Daftar Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Berikut ini merupakan daftar kepala SMA Negeri 2 Lumajang:

1. Drs. Santoso tahun 1977-1980

SMPP berdasar SK Mendikbud No. 0216/01/1997, tertanggal 25 juni 1997. SMPP Lumajang diresmikan pada tanggal 14 Februari 1997 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Syarif Thayeb pada tahun 1985. Latar belakang sosok kepemimpinan-nya sarjana biologi mengutamakan kualitas produk pendidikan di SMPP yang di tekankan pada kualitas berfikir dan etika, dengan prinsip yang kuat beliau mampu merebut kepercayaan masyarakat kualitas pendidikan di SMPP Lumajang.

2. Soetomo, B.A tahun 1980-1987

SMPP berubah menjadi SMA Negeri 2 Lumajang pada tanggal 1985. Beliau sosok pemimpin dengan latar belakang pendidikan sarjana muda PMP memiliki gaya kepemimpinan yang low profil high produk berorientasi pada kualitas pendidikan dengan pendekatan manusiawi yang sempurna sehingga SMA Negeri 2 Lumajang menjadi terkenal kala itu.

3. Drs. Singgih tahun 1987-1991

Beliau merupakan sarjana PMP yang cool dengan gaya santun mampu menghantarkan SMA Negeri 2 Lumajang ke pentas Lomba bidang penelitian dan promosi tingkat provinsi di media televisi.

4. Drs. Adji Soetisno tahun 1991-1999

Beliau menjadikan SMA Negeri 2 Lumajang menjadi SMU Negeri 2 Lumajang berdasar pada SK Mendikbud No. 035/O/1997 tertanggal 1997. Beliau berlatar belakang pendidikan sarjana geografi yang memiliki gaya kepemimpinan disiplin kalem, dengan menyempatkan keliling sekolah setiap pagi sebelum pelajaran mulai. Pada kepemimpinan beliau peningkatan kesejahteraan guru diperhatikan walau masih jauh dari harapan. Dengan semangat yang tinggi namun santai SMU Negeri 2 Lumajang terus meluncur di atas angin.

5. Rongseng Budi Hermawan, B.A. tahun 1999-2003

Pada tahun 2002 SMU Negeri 2 Lumajang berubah menjadi SMA Negeri 2 Lumajang serentak secara nasional. Beliau adalah sosok pemimpin yang berlatar belakang pendidikan sarjana muda Bahasa Inggris yang memiliki gaya kepemimpinan ceria dengan keberanian yang luar biasa beliau juga mementingkan pengembangan kurikulum dari pada fisik bangunan. Beliau menyukai inovasi, terbukti tercapainya program akselerasi untuk anak berbakat.

6. Drs. H. Wanani, MM tahun 2003 - 2009

Beliau adalah sosok pemimpin yang berlatar belakang sarjana Bimbingan Konseling memiliki gaya kepemimpinan yang cinta damai sesuai dengan imtaq dan iptek yang mapan dan mantap. Pemimpin yang tergolong sangat menyukai inovasi ini telah menjadikan sekolah tercinta ini berkembang pesat di berbagai sektor akademik maupun non akademik sehingga SMA Negeri 2 Lumajang memiliki image yang keren di dunia luar.

7. Drs. Suroso, M.Pd. tahun 2009 - sekarang

Sejak tanggal 1 Mei 2009 SMA Negeri 2 Lumajang dipimpin oleh beliau yang berlatar belakang seorang guru fisika. Beliau mengemban tugas penuh tantangan. Baru satu tahun menyandang gelar Sekolah Standar Nasional sudah menjadi R-SMA-BI SMA N 2 Lumajang.Dengan begitu SMADA harus siap Go Internasional. Sehingga kita lihat saja 5 tahun ke depan apakah SMADA Lumajang bisa menyandang predikat sebagai SMA Bertaraf Internasional.

Kultur Sekolah[sunting | sunting sumber]

Moving Class

Sebelum tergabung dalam Sekolah Unggulan Terpadu, tepatnya pada tahun 2005, SMA Negeri 2 Lumajang sudah menggunakan sistem moving class pada kegiatan belajar mengajar (KBM). Sistem ini diberlakukan menurut surat dari Dirjen Pendidikan SMA dan Sederajat yang menjelaskan bahwa sekolah yang sudah lulus predikat akreditasi yang baik dan menyandang status SBI (Sekolah Bertaraf Internasional) dalam KBM, maka harus melakukan sistem moving class. Namun, untuk kelas akselerasi menggunakan kelas yang tetap.

Program Kelas Akselerasi

Sejak tahun 2003 SMA Negeri 2 Lumajang memiliki program Akselerasi (Program Percepatan). Program ini dimaksudkan untuk percepatan belajar khusus yang merupakan layanan pendidikan bagi siswa yang memiliki bakat istimewa dan kecerdasan yang istimewa pula. Untuk memberikan layanan pendidikan Akselerasi ini kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dengan masa belajar yang dimampatkan menjadi 2 tahun. Siswa yang mendaftar akselerasi adalah siswa yang sudah diterima secara formal sebagai siswa baru kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang dan harus menjalani serangkaian tes sebagai syarat mutlak untuk dapat mengikuti program Akselerasi ini. Saat ini, SMA Negeri 2 Lumajang telah meluluskan 7 Generasi Siswa/Siswi Akselerasi.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Logo SMA Negeri 2 Lumajang
  • Busur Panah Pena dengan Ujung Api adalah gambaran semangat berkobar untuk angkasa luas yang tak bertepi.
  • Buku Sebagai perlambang sumber ilmu pengetahuan yang terus berkembang.
  • Gelombang Letak geografis Lumajang yang berbatasan dengan laut penuh gelombang.
  • Sayap Melambangkan sayap yang menerbangkan siswa siswi SMAN 2 Lumajang
  • Tulisan Satria Pinandhita Nama ini adalah julukan bagi siswa siswi SMAN 2 Lumajang yang mempunyai watak dan perilaku yang cerdas, trengginas dan pemberani seperti seorang kesatria namun berjiwa suci seperti seorang pendeta.

Lambang SMADA ini diciptakan oleh Bapak Jaya Syahran lewat lomba “Cipta Lambang SMAN 2 Lumajang antar guru dan antar alumni"

Partitur Mars SMA Negeri 2 Lumajang

Mars SMADA[sunting | sunting sumber]

Mars SMA Negeri 2 Lumajang atau Mars SMADA adalah Lagu Resmi SMA Negeri 2 Lumajang yang digubah oleh V. Wresky S. dan Endang WN. sebagai pencipta aransemen dan Endang WN. serta Tjind sebagai pencipta lirik pada perlombaan cipta lagu "Mars SMA Negeri 2 Lumajang" yang diselenggarakan pada tahun 2007. Lagu ini sering dimainkan dalam acara Jingle SMADA untuk memeriahkan HUT SMA Negeri 2 Lumajang setiap tahunnya.

Lirik lagu :

SMA Negeri 2 Lumajang
Galang Cita Rasa Karsa
Ciptakan Siswa Bermutu Tinggi
Meraih Masa Depan

SMA Negeri 2 Lumajang
Unggul Dalam Prestasi
Berpribadi Luhur Serta Anggun
Dalam Penampilannya

Perangi Kebodohan
Dan Keterbelakangan
Bangkitkan Semangat Giat Belajar

Bernuansa Imtaq dan Iptek
Demi Bangsa dan Negara
Itulah Tujuan Kita Bersama
Harumkanlah Namanya

Majulah dan Sukseslah SMA Negeri 2 Lumajang

Kegiatan Unggulan[sunting | sunting sumber]

  • Jingle SMADA
Adalah sebuah kegiatan tahunan di mana para siswa melakukan aransemen ulang terhadap Mars SMADA dan Lagu lagu daerah. Jingle SMADA dilakukan untuk memeriahkan setiap HUT.
  • SRFM
Singkatan dari SMADA Red Force Mania. Merupakan pendukung setia atau suporter tim olahraga Satria Pinandhita. Dimanapun tim SMADA bermain, pasti ada SRFM. Sehingga SRFM menjadi hal yang tak terpisahkan dari tim SMADA.

Berikut ini salah satu dari lagu SRFM


SMADA Satria Pinandhita…..
Oeoeoeo…..
Pinandhita Arek SMADA……..
Lalalalala…..
Sekarang…..
SMADA Menang……
Pinandhita Jadi
 

  • SAMANTHA
Merupakan singkatan dari Sinema Mandiri Pinandhita. Samantha merupakan kegiatan Sinematografi yang dilakukan oleh murid–murid SMADA. Jadi murid–murid yang tergabung dalam Samantha memiliki kemampuan untuk membuat sinema / film. Judul film yang telah diproduksi Samantha antara lain Everyday is Holiday, Aku Pengen Pipis, Night to Remember, dll.
  • GADA
Merupakan singkatan dari Gawe Ajang Band Arek SMADA. Event ini diadakan tiap semester dimana dalam kegiatan tersebut semua masyarakat SMADA baik siswa dan siswi serta bapak ibu guru dapat mengisi waktu senggang setelah menjalani ujian semester melalui ajang band.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]