SMA Negeri 1 Maospati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Maospati
Informasi
Didirikan1 April 1978
AkreditasiA[1]
Nomor Statistik Sekolah20509317
Kepala SekolahDra. Siti Rupi'ah M.Pd
Jumlah kelas10 kelas setiap tingkat
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX, XI, XII,
KurikulumKurikulum 2013 (Kelas X dan XI) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Alamat
LokasiJl. Raya Maospati Magetan No 999, Maospati, Magetan, Jawa Timur, Indonesia
Situs web[1]
Lain-lain
LulusanJAS (Jaringan Alumni Smanti)
Moto
Moto"Smanti Jaya Luar Biasa"

SMA Negeri (SMAN) 1 Maospati adalah salah satu sekolah menengah atas negeri yang di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, oleh banyak kalangan lebih dikenal dengan nama SMANTI, merupakan sekolah menengah atas Negeri kedua tertua di Kabupaten Magetan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Maospati berdiri secara resmi pada tanggal 1 April 1978, Namun sejarah SMA Negeri 1 Maospati dimulai lebih tua dari itu tepatnya pada tanggal 19 Januari 1967 tokoh Masyarakat Kecamatan Maospati mendirikan Sekolah Menengah Atas dengan nama SMA Persiapan Negeri Maospati dengan status swasta penuh. Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan di gedung SDN Maospati 1 (VORPOLK SCHOOL) pada waktu sore hari.

Empat tahun kemudian atau tepatnya tanggal 29 Desember 1971 SMA Persiapan Negeri Maospati digabungkan dengan SMA Nasional Bersubsidi Madiun sehingga Nama SMA tersebut menjadi SMA Nasional Bersubsidi Maospati.

Seiring berjalannya waktu keinginan Masyarakat Maospati untuk memiliki SMA Negeri kian besar ditambah dengan usaha tak kenal lelah dari tokoh Masyarakat Maospati sehingga menghasilkan buah yang manis akhirnya tepat pada tanggal 1 April 1978 SMA Nasional Bersubsidi Maospati berubah status dari Swasta menjadi Negeri dengan nama SMA Negeri 1 Maospati dengan SK Penegerian No. 02990/0/1978

Beragam Prestasi telah diraih SMA Negeri 1 Maospati mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional dibuktikan dengan deretan Piala pada lorong Piala Smanti yang menjadikan SMA Negeri 1 Maospati sebagai sekolah bermutu baik di Kabupaten Magetan maupun Jawa Timur

Atas Prestasi yang diraihnya hingga kini tidak berlebihan pada tahun 2010 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Nomor 4100,a/C..C4/KP/2010 SMA Negeri 1 Maospati ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

Lokasi[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Maospati terletak di lokasi strategis di Kabupaten Magetan yaitu tepat di sebelah Barat Terminal terbesar di Kabupaten Magetan Terminal Maospati, Pasar Terminal Maospati (Pasar Maospati 2) dan Pasar Produk Unggulan Kabupaten Magetan serta beberapa ratus meter dari Pangkalan Udara Iswahyudi. Menghadap ke arah barat dengan Pemandangan Gunung Lawu menjadikan SMANTI jauh dari kesan bising dan panas meskipun dekat Terminal, Pasar, dan Pangkalan Udara.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

  1. Kelas
  2. Perpustakaan
  3. Laboratorium Kimia
  4. Laboratorium Biologi
  5. Laboratorium Fisika
  6. Laboratorium IPS
  7. Ruang Multimedia
  8. Aula Pertemuan
  9. Laboratorium Komputer
  10. Laboratorium Internet
  11. Kolam dan Taman SMANTI
  12. Ruang Kesenian
  13. Ruang Konsultasi Konseling
  14. Masjid Al Furqon SMANTI
  15. Lapangan Basket
  16. Lapangan Upacara
  17. Laboratorium Bahasa
  18. UKS
  19. Kantin
  20. Toilet di 3 sudut sekolah

Alumni[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

[2]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama akre